Hari Ikan Nasional, Ini Daftar Ikan Lokal dan Referensi Olahannya

Sebarkan artikel ini

Hari Ikan Nasional diperingati setiap 21 November. Ini fakta, jenis ikan lokal, dan olahannya untuk keluarga! Ada juga tips tambah penghasilan untuk beli ikan.

Setiap tanggal 21 November sejak ditetapkannya Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2014, tanggal tersebut menjadi peringatan Hari Ikan Nasional. Peringatan ini jadi tanda bahwa Indonesia punya potensi perikanan yang harus dimaksimalkan sebagai negara kepulauan. Selain itu, konsumsi ikan juga harus ditingkatkan untuk mendukung peningkatan kualitas hidup dan perbaikan gizi bagi Sumber Daya Manusianya (SDM).

Berikut pembahasan singkat tentang Hari Ikan Nasional 2023 sampai ke olahan ikan untuk referensi makanan keluarga:

Hari Ikan Nasional 2023

Tahun 2023 ini tema yang diangkat adalah “Ikan untuk generasi Emas”. Tema tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan pentingnya kebutuhan gizi bagi generasi emas bangsa Indonesia. Salah satu sumber gizi yang paling lengkap ada di ikan-ikan yang ada di Indonesia. Baik itu ikan air tawar maupun ikan air laut.

Beberapa waktu lalu mungkin pernah dengar slogan dari mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti bahwa “Yang Tidak Makan Ikan, Saya Tenggelamkan”. Slogan tersebut jadi salah satu slogan yang ikonik. Dari slogan itu juga secara tidak langsung menunjukkan pentingnya konsumsi ikan bagi masyarakat Indonesia. Terutama tentunya untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Baca juga : Bisnis PPOB dan Lainnya untuk Ibu Rumah Tangga

Ikan Lokal Asli Indonesia yang Tidak Kalah Bergizi

Seringkali anggapan bahwa ikan impor lebih bergizi dibandingkan ikan lokal. Misal saja ikan shisamo atau ikan yang sering dimakan Rayyanza/Cipung, putra Raffi Ahmad. Padahal ternyata ada ikan-ikan lokal yang tidak kalah bergizinya. Ini rekomendasi beberapa ikan lokal asli Indonesia:

  1. Ikan lele
    Dilansir dari healthline, dalam 100 g ikan lele ada banyak kandungan gizi mulai dari kalori, lemak, protein, vitamin B12, omega 3, dan omega 6. Kandungan gizi di ikan lele mampu untuk memperbaiki jaringan dan otot yang rusak hingga melawan penyakit jantung bahkan mendukung kesehatan mental yang stabil.
  2. Ikan kembung
    Ikan kembung juga mengandung kandungan gizi yang baik termasuk salah satunya adalah omega 3 di setiap 100 gramnya. Omega 3 akan berfungsi untuk menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan otak, sampai membunuh sel kanker.
  3. Ikan bandeng
    Dilansir dari Livestrong bahwa Ikan bandeng dalam setiap 85 gramnya mengandung banyak kadar protein, lemak, vitamin, dan fosfor.
  4. Ikan mujair
    Ikan mujair yang banyak ditemui di pasar ataupun swalayan juga punya kandungan gizi tinggi dalam setiap 100 gramnya. Dikutip dari cnnindonesia.com, kandungannya antara lain protein, lemak, vitamin, fosfor, selenium, dan kalium yang membantu mencukupi angka rekomendasi harian seseorang. Kandungan selenium dapat meningkatkan imun tubuh dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.
  5. Ikan gabus
    Dikutip dari cnnindonesia.com, dalam 100 gram ikan gabus terdapat kandungan protein, lemak, dan karbohidrat tetapi juga rendah kalori. Kandungan protein dalam ikan gabus bisa mempercepat penyembuhan luka seseorang karena adanya asam arakidonat.

Rekomendasi Olahan Ikan Indonesia

Ilustrasi Olahan Berbahan Ikan
Ilustrasi Olahan Berbahan Ikan

Berikut ada beberapa olahan ikan yang bisa dicoba di rumah memanfaatkan ikan-ikan lokal

  1. Nila Toba Tauco
    Makanan ini merupakan makanan khas dari daerah Toba, Sumatera Utara yang berbahan dasar ikan nila. Makanan ini menawarkan cita rasa pedas karena ada banyak cabai rawit dan keriting merah di atas ikannya. Tidak hanya ikan nila, olahan ini juga bisa dicoba dengan ikan lele ataupun bawal.
  2. Arsik Ikan Mas
    Olahan ikan mas ini merupakan olahan khas masyarakat Batak. Dengan menggunakan ikan mas yang disiram dengan bumbu kuning, olahan ini kaya akan rempah khas dari tanah Batak.
  3. Gabus Pucung
    Olahan makanan berupa gabus pucung punya kuah hitam dari kluwek atau pucung yang disajikan bersama ikan gabus. Makanan ini punya cita rasa yang gurih tapi sedikit asam karena adanya pucung atau kluwek. Makanan ini merupakan makanan khas masyarakat Betawi sejak jaman kolonial Belanda.

Baca juga : 10+ Ide Bisnis Zaman Sekarang yang Kekinian dan Menguntungkan di 2023

Ikut Bisnis Fastpay untuk Tambah Penghasilan

Memenuhi kebutuhan keluarga tentu perlu dana yang tidak sedikit. Nah, untuk membantu pemenuhan kebutuhan tersebut, Anda bisa memulai bisnis kecil-kecilan. Bingung mau mulai bisnis apa? Tenang karena Anda bisa mencoba jadi Juragan Fastpay.

Dengan Anda memulai bisnis bersama Fastpay, Anda bisa menjadi agen pembayaran berbagai hal. Mulai dari tagihan dasar rumah tangga sampai ke hal-hal yang bersifat hiburan seperti layanan OTT dan streaming musik pun ada. Ditambah lagi jadi Juragan Fastpay juga bisa daftar sekaligus jadi agen berbagai ekspedisi.
Setiap transaksi di Fastpay akan ada komisinya. Komisi pun bisa diatur sesuai dengan keinginan Juragan. Jadi tunggu apalagi? Segera mulai bisnis PPOB bersama Fastpay. Karena Fastpay, Bukan PPOB Biasa!

Daftar Jadi Mitra Fastpay
Daftar Jadi Mitra Fastpay
Unduh Fastpay di Playstore
Unduh Fastpay di Playstore

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari