Memperingati Hari Pangan Sedunia : Berikut Sejarah, Tujuan, hingga Rekomendasi Makanan di Berbagai Benua

Sebarkan artikel ini

Hari Pangan Sedunia yang ditetapkan setiap tanggal 16 Oktober oleh PBB menjadi salah satu momentum untuk menunjukkan pentingnya kesadaran terhadap kebutuhan pangan.Tentunya hal ini tidak terlepas dari masih banyaknya orang yang merasa kelaparan hingga tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya.

Bersama 150 negara di seluruh dunia, PBB melalui Food and Agriculture Organization (FAO) menyelenggarakan rangkaian acara untuk merayakan Hari Pangan Sedunia di 2023. Simak di artikel ini untuk tahu lebih dalam seputar Hari Pangan Sedunia serta rekomendasi makanan dari berbagai benua.

Sejarah Peringatan Hari Pangan Sedunia

Peringatan Hari Pangan Sedunia dimulai dari adanya konferensi FAO ke 20 di Roma pada November tahun 1976. Sejak konferensi tersebut, muncul adanya resolusi tentang World Food Day atau Hari Pangan Seluruh Dunia setiap 16 Oktober.

Tanggal 16 Oktober terpilih karena bertepatan juga dengan berdirinya FAO. Indonesia sebagai salah satu anggota PBB dan FAO pun menyetujui adanya Hari Pangan Sedunia. Jadi setiap tahunnya akan ada tema-tema tertentu untuk peringatan Hari Pangan Sedunia.

Untuk tahun 2023 tema yang diambil adalah Water is Life, Water is Food. Tema ini diambil untuk menyoroti bahwa air berperan sangat penting untuk bisa menghadirkan makanan-makanan di seluruh dunia.

Akhir-akhir ini banyak tempat sering dilanda oleh bencana kekeringan, termasuk di Indonesia yang tengah dilingkupi kemarau panjang. Akibatnya banyak sumber-sumber air bersih yang mengering. Kebutuhan air pun tidak tercukupi hingga harus ada bantuan air keliling ataupun warga yang membeli air dari pemasok.

Adanya peringatan World Food Day atau Hari Pangan Sedunia membuat masyarakat harus mengingat akan pentingnya pengelolaan dan pendistribusian air secara merata. Pengelolaan air untuk berbagai kebutuhan mulai dari memasak, mandi, hingga kegiatan industri juga harus tepat agar pasokan air tetap terjaga.

Baca juga : Ada 7 Kegiatan Produktif di Rumah yang Bantu Hasilkan Uang

Tujuan dari Peringatan Hari Pangan Sedunia

oktober-week-3-artikel-1-pic-1 Memperingati Hari Pangan Sedunia : Berikut Sejarah, Tujuan, hingga Rekomendasi Makanan di Berbagai BenuaTujuan Diperingatinya Hari Pangan Sedunia

Dilansir dari dinaspangan.sumbarprov.go.id,, Hari Pangan Sedunia dibuat untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran hingga perhatian masyarakat di berbagai penjuru dunia untuk menangani masalah pangan. Mulai dari krisis pangan yang menimpa masyarakat dengan ekonomi yang kurang baik ataupun masalah lain.

Hari Pangan Sedunia ini juga menandakan bahwa FAO akan banyak berkoordinasi dengan kebijakan pemerintahan di berbagai negara melalui kementerian pertanian. Tentunya untuk menjamin adanya ketersediaan pangan untuk semua orang. Tidak hanya sekedar makan apa yang bisa dimakan, tapi juga makan makanan dengan gizi seimbang.

Baca juga : Bisnis Sampingan Untuk Anak Sekolah yang Belajar Daring atau Orang Dewasa

2 Memperingati Hari Pangan Sedunia : Berikut Sejarah, Tujuan, hingga Rekomendasi Makanan di Berbagai Benua

Rekomendasi Makanan dari Berbagai Benua

oktober-week-3-artikel-1-pic-2 Memperingati Hari Pangan Sedunia : Berikut Sejarah, Tujuan, hingga Rekomendasi Makanan di Berbagai Benua

Rekomendasi makanan dari benua Asia

1. Rendang dari Indonesia

Makanan dari Indonesia yang tepatnya dari Minangkabau, Sumatera Barat ini dikenal dengan cita rasa kuat dari berbagai rempah dan santan kelapa. Dimasak dalam waktu berjam-jam membuat cita rasa daging rendang akan semakin kuat.

2. Bebek Peking dari China

Merupakan makanan dari daging bebek yang dibaluri oleh bumbu khas kemudian dibakar. Bebek tersebut akan disajikan dalam potongan-potongan tipis sehingga tetap memberikan sensasi daging yang gurih tetapi lembut.
3. Ema Datshi dari Bhutan
Diartikan secara harfiah sebagai keju cabai, Ema datshi merupakan hidangan yang menghadirkan cabai dalam nuansa yang berbeda. Cabai dalam makanan ini disajikan bersamaan dengan keju susu yang mengental bagai sup.

Rekomendasi makanan dari benua Eropa

1. Beef Bourguignon dari Prancis

Dalam memasak makanan ini, daging akan dimasak dengan red wine bersama dengan bawang putih, bawang bombay, dan bouquet garni. Makanan ini dimasak hingga airnya habis dan kemudian disajikan bersama dengan mash potato.

2. Pickle Herring dari Denmark

Kekayaan laut dari laut Baltik memiliki ikan herring yang bisa dimasak menjadi pickle herring. makanan ini dimasak dengan cara diasamkan untuk kemudian disajikan dengan kentang, telur rebus, dan roti.

Rekomendasi makanan dari benua Afrika

1. Potjiekos dari Afrika Selatan

Penyajian makanan ini menghadirkan campuran dari berbagai daging dan sayuran yang dimasak dengan bumbu khas dari Afrika Selatan

2. Piri Piri Chicken dari Mozambik

Ayam yang dimasak dengan berbagai rempah kemudian disajikan dengan saus kelapa, kacang mete, dan kacang tanah. Jadi ada banyak sensasi yang bisa dirasakan ketika makan makanan ini.

Rekomendasi makanan dari benua Amerika

1. Fajitas dari Texas, Amerika Serikat

Makanan yang terdiri dari potongan steak dan campuran paprika serta bawang bombay yang dimasak dengan api besar kemudian disajikan di atas tortilla.

2. Burrito dari Mexico dan Amerika Serikat

Hampir mirip dengan taco, burrito yang merupakan makanan kombinasi dari Mexico dan Amerika Serikat menggulung isiannya dengan tortila yang kemudian dibungkus menyerupai tabung. Isian burrito diantaranya adalah ada daging-dagingan seperti daging sapi, ayami, hingga babi serta ada pasta kacang di dalamnya.

Rekomendasi makanan dari benua Australia

1. Vanilla Slice

Jenis makanan yang tergolong sebagai desert dengan custard tebal bercita rasa vanila. Custard tersebut jadi isian di antara lembar puff pastry untuk kemudian diberi icing di atasnya.

2. Lamington

Menjadi ikon kuliner bagi Australia, Lamington adalah kue bolu atau sponge cake yang dipotong dalam beberapa bagian lalu dicelupkan dalam coklat cair untuk kemudian ditaruh taburan parutan kelapa kering. Jadi ada perpaduan gurih dan manis saat mencoba makanan ini.

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari