Waspada Penipuan Berkedok Fastpay dengan Beragam Modus

Marak terjadi kasus penipuan online dengan berbagai modus atau cara yang membuat kerugian pengguna layanan berbasis online di Indonesia. Hendaknya masyarakat waspada penipuan berkedok apapun.

Berbagai jenis penipuan yang biasa terjadi di era digital ini menggunakan rekayasa sosial atau social engineering dengan memanfaatkan manipulasi dan sisi psikologi orang.

Kriminal cyber selalu mencari metode baru dan selangkah lebih maju untuk menipu pengguna dengan tujuan untuk mencuri dana dan informasi sensitif seperti data akun. Jadi, sangatlah penting untuk mengajarkan diri kamu dan mereka yang di sekitarmu.

Waspada selalu dari berbagai jenis penipuan yang kamu terima secara online seperti SMS, WhatsApp, email, dll. Jaga dan lindungi akun Fastpay dari orang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana Cara Kerja Penipuan Rekayasa Sosial

Semua jenis dan teknik rekayasa sosial bergantung pada kelemahan psikologis manusia. Penipu memanfaatkan emosi manusia untuk memanipulasi dan menipu korban. Rasa takut, ketamakan, keingintahuan, dan juga keinginan mereka untuk membantu sesamanya digunakan melawan mereka dengan berbagai cara.

Jenis-jenis Penipuan Rekaya Sosial

Mendapatkan hadiah undian atau uang tunai jutaan, penipu melakukan kontak ke calon korban dengan menginformasikan mendapatkan hadiah undian atau uang tunai. Calon korban harus mengisi data kepada penipu atau mentransfer sejumlah dana sebagai biaya pajak undian, ketika pajak undian ditransfer dijanjikan hadiah akan diberikan.

Mendapatkan PIN/password aku, penipu dengan alasan keamanan meminta calon korban untuk memberikan kode OTP yang diterima melalui telepon selulernya

Menginformasikan salah satu keluarga mengalami kecelakaan dan keluarga korban (dipaksa) untuk melakukan transfer dana untuk biaya penanganan medis darurat.

Phising, menggunakan sebuah website yang dimanipulasi seolah-olah merupakan website resmi sebuah institusi tertentu yang bertujuan mendapatkan data identitas penting, antara lain nomor telepon seluler, email, melakukan login akun ke alamat tertentu, dll. Ketika korban memberikan data-data tersebut penipu akan menggunakannya untuk kejahatannya.

Waspada dan Kenali Modus Penipuan Berkedok Fastpay

Berikut himbauan dan perlu tahu modus penipuan yang kerap terjadi mengatasnamakan Fastpay.

  1. Amankan data usaha & data pribadi, seperti kode OTP, 16 digit nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV, kode PIN, dll. Jangan infokan data akun kamu ke orang lain siapapun, tanggungjawabmu melindunginya.
  2. Jangan berikan kode OTP dan PIN Fastpay kamu kepada orang lain, termasuk kepada Fastpay sekalipun. 2 hal itu harus kamu jaga dengan baik.
  3. Jangan tergiur iming-iming hadiah, promo, undian, dll dari oknum penipu. Informasi promo resmi Fastpay hanya disampaikan melalui blog resmi dan media sosial resmi Fastpay (lihat dibawah).
  4. Waspada terhadap pesan langsung (DM – direct message) dari media sosial seperti Instagram atau Messenger yang menginformasikan hadiah dari Fastpay. Lakukan cek ricek terhadap kebenaran informasi, jangan langsung telan mentah-mentah informasi yang didapat.
  5. Jangan percaya oknum yang mengatasnamakan Fastpay yang infokan bahwa kamu mendapatkan hadiah saldo, uang tunai, pulsa, dll dan akan mentransfer hadiah ke akun Fastpay kamu.
  6. Informasi promo, hadiah atau undian resmi dari Fastpay bisa di lihat Blog Fastpay atau media sosial resmi Fastpay.
  7. Informasi pemenang promo dan undian dari Fastpay secara resmi hanya disampaikan melalui Blog Fastpay dan media sosial resmi Fastpay Instagram fastpay_official dan Facebook Page Fastpay Official.
  8. Jangan transfer uang ke siapapun, terutama oknum yang memberikan iming-iming hadiah karena Fastpay tidak pernah meminta uang kepada anggotanya yang mendapatkan hadiah.
  9. Segala hadiah yang berbentuk saldo dari promo resmi Fastpay akan ditransfer langsung ke akun Fastpay pemenang dan Fastpay tidak meminta PIN pemenang.
  10. Waspada modus penipuan berkedok EDC Fastpay, bahwa EDC Fastpay hanya dirilis melalui website resmi Fastpay dan media sosial Fastpay dengan sistem pembelian melalui sistem yang ada di Fastpay dan tidak melalui pembelian langsung.
  11. Jangan akses website yang menyerupai Fastpay, kamu wajib tahu website resmi dan media sosial resmi Fastpay di bawah.
  12. Admin media sosial Fastpay tidak pernah meminta data nomor HP, PIN atau kode OTP. Jangan berikan bila ada yang meminta data akun kamu.
  13. Ketahui kontak resmi Fastpay yang ada di website www.fastpay.co.id atau tertera di aplikasi Fastpay, abaikan bila kamu dihubungi kontak selain kontak resmi Fastpay yang tertera di website.
  14. Baca selalu info resmi hanya di Blog Fastpay dan media sosial resmi Fastpay (seperti tertera di bawah).
  15. Tetap tenang dan berpikir jernih agar kamu bisa memilah informasi yang didapat atas kebenarannya.

“Modus penipuan bisa mengintai siapapun, waspadalah selalu”

Perlu Tahu dan Wajib Tahu Media Resmi Fastpay

“Selain media resmi diatas, bukan milik Fastpay dan Fastpay tidak bertanggung jawab atas penipuan yang terjadi”

Lakukan Ini Bila Ada Aksi Penipuan Berkedok Fastpay

  • Jangan percaya 100% terhadap oknum penipu yang mengatasnamakan Fastpay atau tim marketing Fastpay yang tidak kamu kenal.
  • Berhati-hatilah dengan lampiran tautan dan tautan email. Hindari mengklik pada tautan dan website dengan sumber yang tidak diketahui atau alamatnya tidak jelas, karena modus penipuan yang digunakan berupa phising.
  • Kenali nomor kontak resmi Fastpay yang ada di aplikasi.
  • Hubungi customer service melalui nomor telepon 0318535799, HP 081385785799 atau livechat untuk meminta info lebih rinci tentang modus penipuan yang dialami.

Waspadalah selalu untuk menjaga akun Fastpay kamu, dan jangan mudah tergiur iming-iming bonus dan hadiah yang belum valid kebenarannya dari sumber apapun.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/