Wajib Tau! Ternyata Inilah Alasan Pentingnya Menyimpan Struk Belanja

Anda tentu pernah berbelanja di sebuah minimarket atau mall dalam kurun waktu tertentu, selain itu mungkin Anda pernah menghabiskan waktu bersama keluarga di sebuah rumah makan atau restoran. Tentunya Anda pernah mendapatkan bukti pembayaran belanja barang atau struk biaya makanan yang harus dibayar. Beberapa diantaranya mungkin membiarkan struk tersebut berada di tempat kasir atau secara diam-diam membuangnya ke tempat sampah. Masih banyak orang yang menganggap struk tersebut tidak berguna dan hanya akan menumpuk sebagai sampah apabila disimpan.

Apakah Anda juga melakukan hal yang sama? Sebaiknya, jangan terburu-buru untuk membuang struk belanjaan tersebut, sebab struk ini ternyata bisa membantu Anda mengecek pengeluaran yang terjadi dan ada banyak keuntungan lain. Di sisi lain, memang cukup ribet jika harus menyelipkan begitu banyak struk di dalam dompet karena memenuhi ruang di dompet dan terlihat berantakan. Tetapi jangan dibuang dulu, ternyata banyak manfaatnya ketika Anda menyimpan struk pembelian atau transaksi yang baru saja dilakukan.

Sebagai solusinya agar tidak memenuhi isi dompet, coba ambil foto struknya atau simpan dalam bentuk digital saja. Saat ini berbelanja online menyediakan struk digital yang bisa disimpan sampai kapan pun. Lalu, sebenarnya apa manfaatnya menyimpan struk setelah berbelanja ya? Seberapa pentingkah selembar kertas kecil tersebut? Yuk simak ulasan berikut.

1. Mengetahui Pengeluaran

Dengan rajin menyimpan struk belanja maupun transaksi lainnya, baik yang berbentuk fisik maupun digital, Anda dapat melacak pengeluaran dengan lebih mudah. Anda bisa melakukan analisis pengeluaran dengan mencari “kebocoran” yang mungkin terjadi saat berbelanja, yang membuat pengeluaran Anda membengkak.

Bukan hanya itu, dengan melihat struk secara langsung juga akan membuat Anda tidak mengira-ngira pengeluaran yang sudah terjadi. Setelah mengecek pengeluaran dan memang ada yang harus dikurangi, cobalah untuk membuat catatan pemasukan dan pengeluaran dengan lebih rinci agar tidak terjadi pembengkakan atau pemborosan pengeluaran.

Struk yang terkumpul atau yang tersimpan di email juga dijamin akan mempermudah untuk memperbarui budget secara keseluruhan. Mulailah mengaturnya dengan membuat anggaran rumah tangga atau bahkan anggaran traveling untuk lain waktu.

2. Perbandingan Harga

Dengan memiliki struk belanja, keuntungan lainnya yaitu kita juga bisa membandingkan harga barang yang dibutuhkan di beberapa toko yang berbeda, sehingga Anda bisa lebih jeli memilih tempat belanja yang benar-benar pas. Anda bisa menemukan bahwa harga produk kebutuhan Anda ternyata lebih murah di tempat yang lain. Dengan demikian, Anda bisa menyisakan uang untuk ditabungkan atau digunakan untuk kebutuhan yang lain. Sangat bermanfaat bukan?

3. Bisa Digunakan untuk Menukar Barang

Dengan memiliki struk belanjaan, Anda juga seperti terjamin bahwa ketika membeli sebuah produk dan setelah dicoba, ada cacat pada produknya, Anda bisa menukar barang tersebut dengan syarat harus ada struknya. Meskipun terkadang ada keterangan barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar, namun untuk kondisi barang yang rusak tetap bisa ditukar dengan yang masih baik kondisinya. Karena itu, jangan buang dulu struk belanjaan ya. Bisa jadi ini akan menolong Anda di saat-saat yang tidak terduga.

4. Menghindari Kekeliruan

Jika Anda masih memiliki struk belanja sebagai bukti sudah melakukan transaksi, seandainya ada kesalahan harga atau salah produk ketika berbelanja, Anda bisa melakukan komplain dengan menunjukkan struknya terlebih dulu. Karena seorang kasir juga bisa melakukan kesalahan input maupun keteledoran lainnya. Apalagi beberapa kasus juga pernah viral karena komplain dari pelanggan ketika berbelanja harganya tidak sesuai di etalase. So, jangan lupa untuk menyimpan struk agar transaksi lebih lancar dan rinciannya jelas.

Contoh kasus lain yaitu misalnya, Anda berbelanja dengan kartu kredit karena sedang ada promo atau diskon yang menggiurkan. Namun, ketika sudah membayarnya dengan kredit malah tidak tercantum di dalam struknya, Anda bisa mengajukan klaim ini ke pihak terkait, sehingga tetap bisa menikmati keuntungan yang ditawarkan.

5. Bukti untuk Meminta Reimbursement

Untuk poin yang satu ini,biasanya diperlukan dalam suatu organisasi, kelompok masyarakat, atau perusahaan. Struk transaksi ini biasanya digunakan sebagai laporan pertanggungjawaban atas pengeluaran dana untuk belanja sesuatu. Keberadaan struk benar-benar sangat diperlukan dan sebisa mungkin tidak dibuang begitu saja. Biasanya ini terjadi dalam perkantoran, misalnya struk atau bukti bayar harus ada untuk penggantian biaya tertentu yang sudah dikeluarkan pegawainya. Dengan adanya struk ini, laporan lebih dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan, serta mengurangi resiko kecurangan dalam mengelola uang.

Nah, itu tadi manfaat menyimpan struk belanja yang ternyata sangat penting dan belum banyak diketahui oleh banyak orang. Dengan berkembangnya teknologi, penggunaan struk dapat diwujudkan dalam bentuk cetak maupun digital dalam bentuk file. Nah, Anda juga bisa memanfaatkan kemudahan ini untuk berbisnis, lho! Jadi, tidak hanya asik membeli barang, tapi juga bisa berbisnis untuk tambahan penghasilan pribadi maupun keluarga. Caranya? Bergabunglah bersama Fastpay. Dapatkan untung jutaan rupiah setiap bulannya dan nikmati 8 layanan bisnis hanya dalam 1 aplikasi. Sangat cocok bagi siapapun yang ingin tambahan penghasilan berlipat. Setiap transaksi, struk pun akan bisa dicetak maupun disimpan bentuk digital, jadi lebih aman dan tak perlu khawatir terjadi kecurangan. Mantap kan?

Tunggu apa lagi? Yuk bergabung dengan Fastpay sekarang juga di sini.

Tim SBF