Strategi Mengatur Keuangan untuk Bisnis

Sebarkan artikel ini

Dewasa ini semakin banyak orang-orang yang menggeluti dunia bisnis untuk menambah penghasilan mulai dari usaha kecil hingga bisnis yang besar. Namun sangat disayangkan masih banyak pula para pelaku usaha yang belum begitu menyadari betapa pentingnya mengatur keuangan dalam berbisnis.

Kadang kala, mereka masih mencampur aduk antara uang pribadi dengan uang hasil usaha. Kesalahan fatal seperti inilah yang sering terjadi dan bisa menyebabkan sebuah usaha akan menjadi sulit berkembang.

Untuk itu, Anda harus benar-benar paham mengenai strategi jitu mengatur keuangan untuk bisnis agar Anda tidak kebingungan dalam mengelola usaha. Serta keuangan hasil dari usaha Anda tersebut bisa dikelola dengan baik dan tersusun secara rapi.

Berikut beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk mengatur keuangan usaha Anda. Agar upaya untuk menjaga kestabilan serta pengembangan usaha bisa dilakukan dengan baik. Berikut beberapa  strategi yang sebaiknya Anda lakukan:

1. Lakukan Perencanaan General

Bagi Anda yang baru saja masuk ke dalam dunia bisnis terlebih masih memulai dari usaha kecil, awalilah usaha tersebut dengan perencanaan general yang matang. Buat daftar apa saja program serta rencana usaha yang akan Anda lakukan dalam satu periode yang panjang.

Kemudian, perencanaan tersebut dibagi lagi menjadi beberapa periode yang lebih pendek seperti 6 bulanan, triwulan, bulanan atau bahkan mingguan. Lakukanlah perhitungan mengenai dana untuk biaya operasional tersebut secara detail. Dan jangan lupakan pula kapan program tersebut akan mulai Anda jalankan.

2. Buat Perencanaan Pendapatan

Strategi jitu mengatur keuangan untuk bisnis yang kedua yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat rencana pendapatan. Sebisa mungkin Anda memperkirakan bahwa pendapatan ini harus mampu memenuhi atau menutup kebutuhan modal yang sudah direncanakan pada poin sebelumnya.

Atur cara bagaimana agar rencana usaha yang akan Anda bangun bisa mendatangkan pendapatan. Hal ini bisa dimulai dengan memikirkan produk apa yang akan Anda jual, berapa target penjualan yang Anda kehendaki untuk jangka waktu tertentu. Bahkan Anda juga perlu memperhatikan setiap penjualan yang dilakukan apakan menghasilkan keuntungan atau tidak.

3. Buat Budget Rutin

Membuat budgeting secara rutin merupakan strategi jitu mengatur keuangan untuk bisnis yang paling penting. Fungsi dari budgeting itu sendiri adalah akan bekerja sebagai batasan untuk menilai kinerja serta efisiensi dari sebuah usaha.

Dengan menyusun budgeting secara detail dan rapi, maka Anda bisa membuat pembatas yang berguna untuk menekan pengeluaran sesuai dengan batas yang sudah ditentukan pada saat estimasi sebelumnya.

Setelah Anda berhasil untuk menyusun anggaran pada periode ini, maka segera lakukan budgeting secara berkesinambungan. Pastikan Anda menyesuaikan setiap budget dengan kondisi yang terjadi pada periode yang bersangkutan.

Bisa juga Anda menggunakan review dari budgeting untuk usaha kecil dari periode sebelumnya, agar bisa memiliki gambaran yang lebih baik untuk periode yang selanjutnya.

4. Awasi Arus Kas Keuangan

Ketika menjalankan sebuah bisnis atau usaha, penting juga untuk Anda melakukan pengawasan terhadap arus kas keuangan secara berkala. Strategi jitu mengatur keuangan untuk bisnis ini merupakan poin yang cukup sulit dilakukan oleh para pelaku usaha karena cukup rumit dan memerlukan ketelitian yang cukup tinggi.

Apabila Anda kesulitan dalam mengawasi arus kas keuangan, maka Anda bisa menyewa jasa administrator untuk mengontrol arus kas pada usaha Anda serta menetapkan prosedur keuangan yang lebih baik.

Namun jika dirasa dengan menyewa jasa administrator akan menambah pengeluaran biaya usaha, maka Anda bisa menggunakan cara lain yakni dengan menggunakan software akuntansi.

5. Menggunakan Software Akuntansi

Memang tidak bisa dipungkiri jika mengelola keuangan bisa menjadi PR tersendiri dan cukup membuat bingung. Apalagi untuk Anda yang tidak memiliki background mengenai pemahaman akuntansi sama sekali.

Namun sekarang Anda sudah tak perlu khawatir lagi akan hal tersebut, karena sekarang Anda bisa menggunakan perangkat berupa software akuntansi yang berbasis cloud seperti contoh Sleekr Accounting.

Software ini berguna untuk membantu mengelola keuangan tanpa Anda harus memiliki basik pemahaman akuntansi terlebih dahulu. Karena pada basis cloud ini, Anda bisa mengaksesnya kapanpun bahkan dimanapun dengan menggunakan smartphone Anda. Bahkan Anda bisa melakukan kolaborasi dengan para karyawan Anda.

Dari segi keamanannya pun sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena strategi mengatur keuangan untuk bisnis dengan menggunakan software Sleekr Accounting ini sudah menggunakan enkripsi standar perbankan. Bahkan software tersebut bisa selalu mem-back up data tiap harinya secara otomatis.

Dalam software akuntansi online terdapat jurnal yang bisa Anda gunakan untuk mengontrol arus kas. Bahkan software ini bisa membuat laporan arus kas dengan mudah, cepat serta akan menyajikan data secara realtime dan terurut.

6. Gunakan Laba untuk Pengembangan Usaha

Pada dasarnya, untuk bisa membedakan antara pengusaha sukses dengan pengusaha yang kurang sukses cukup mudah. Perbedaan tersebut hanya terletak pada poin bagaimana kemampuan mereka dalam menikmati hasil jerih payahnya dalam berusaha.

Memang bukan sebuah kesalah ketika Anda sudah berhasil menjalani sebuah usaha dan Anda ingin menikmati hasil Anda bekerja keras selama ini. Namun dalam menikmati hasil tersebut ada baiknya juga untuk tetap dibatasi.

Strategi jitu mengatur keuangan untuk bisnis yang tepat salah satunya adalah dengan tidak menghambur-hamburkan uang begitu saja. Alangkah baiknya dalam hal ini adalah dengan menggunakan uang hasil keuntungan tersebut untuk pengembangan usaha.

Baik untuk memperbesar usaha yang sudah ada maupun untuk merintis usaha baru. Anda bisa juga menginvestasikan keuntungan tersebut ke dalam berbagai bidang. Bisa dalam bidang armada dagang atau penambahan produk atau barang dagangan agar bisa dijual kembali dan semakin menambah keuntungan.

Jika Anda menerapkan hal tersebut, maka bukan tidak mungkin Anda akan cepat menjadi pengusaha yang sukses.

7. Perkirakan Biaya Variabel

Apa itu biaya variabel? Biaya variabel merupakan biaya yang harus Anda bayarkan untuk bisa memperoleh produk yang Anda jual. Contohnya bisnis Anda adalah bisnis yang berbasis online dan menjadi reseller dari suatu toko tertentu.

Maka biaya variabel yang harus Anda bayarkan adalah sesuai dengan jumlah barang yang akan Anda ambil dari produsen. Namun apabila usaha Anda adalah usaha yang barang-barangnya memproduksi sendiri, maka biaya variabel yang harus Anda bayarkan adalah mencakup keseluruhan dari biaya yang ada di proses produksi.

8. Hitung Biaya Tetap

Berbeda dengan biaya variabel, biaya tetap mengacu pada seluruh biaya yang sudah pasti Anda keluarkan setiap bulannya. Antara lain gaji karyawan, bayar listrik, bayar PDAM, biaya hosting dan domain serta biaya tetap lainnya.

Dengan menghitung besaran dari biaya tetap, maka Anda bisa memperhitungkan berapa jumlah uang yang harus Anda keluarkan setiap bulannya. Anda juga bisa lebih teliti serta menyesuaikannya dengan kondisi keuangan saat ini. Hal ini agar bisnis Anda tetap memiliki biaya yang cukup untuk bulan-bulan selanjutnya

Demikianlah beberapa strategi jitu mengatur keuangan untuk bisnis baik usaha kecil maupun besar yang bisa Anda terapkan. Pada intinya, kesuksesan suatu bisnis hanya akan tercapai dengan niat yang dibarengi dengan kerja keras yang tinggi.

Dengan menerapkan dua hal tersebut, maka proses mengatur keuangan usaha dan mengelola usaha Anda akan semakin mudah dilakukan. Semoga bermanfaat.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Strategi Mengatur Keuangan untuk Bisnis

Tim SBF