Sistem Pembayaran dan Peran Sentral Bank Indonesia

Sebarkan artikel ini

Secara singkat, sistem pembayaran bisa diartikan sebagai cara yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran dari transaksi yang dilakukan. Memang, sistem pembayaran ini merupakan sebuah sistem yang berhubungan erat dengan pemindahan sejumlah uang antar pihak baik secara tunai ataupun secara non-tunai, sebagaimana yang cukup banyak dilakukan saat ini.

Pembayaran yang dilakukan bisa dilakukan untuk beragam jenis transaksi, seperti membayar tagihan air, listrik, internet, kebutuhan pokok, dan lainnya. Sebagaimana disinggung di awal, pembayaran bisa dilakukan baik dengan pembayaran tunai ataupun non-tunai. Sedangkan sistem yang digunakan bisa menggunakan sistem yang sederhana hingga sistem yang cenderung kompleks dengan beberapa pihak yang turut di dalamnya.

Nah, berbincang tentang sistem pembayaran, terutama yang ada di Indonesia, tentu tidak bisa dilepaskan dari peran Bank Indonesia.

Peran Sentral Bank Indonesia dalam Sistem Pembayaran

Di Indonesia, pihak yang memiliki hak untuk mengatur serta menjaga kelancaran dari sistem pembayaran adalah Bank Indonesia. Pengaturan tersebut bertujuan untuk menjaga stabilitas dari rupiah yang nantinya berdampak pada peningkatan ekonomi secara nasional. Dengan dasar tersebut, Bank Indonesia memiliki hak guna memberlakukan kebijakan terkait sistem pembayaran.

Adapun peran sentral Bank Indonesia yang berkaitan dengan sistem pembayaran adalah sebagai berikut:

  • Kebijakan untuk memberikan kewenangan atau izin dan persetujuan kepada penyedia jasa pembayaran guna turut dalam sistem pembayaran
  • Kewenangan melakukan pengawasan pada detail pembayaran
  • Berhak untuk menentukan standartertentu pada alat pembayaran dan juga menentukan alat pembayaran apa saja yang sah dan bisa digunakan dalam pembayaran di Indonesia
  • Mengatur serta mengawasi berbagai lembaga yang memiliki hak untuk menyelenggarakan sistem untuk pembayaran tersebut
  • Membuat kebijakan terkait pengendalian risiko, tata kelola, efisiensi, dan lainnya
  • Kewenangan guna menjalankan berbagai sistem Bank Indonesia untuk melakukan pembayaran yang bersifat non-tunai dalam skala yang besar
  • Kewenangan untuk menyelenggarakan sistem kliring antar bank untuk beragam jenis alat pembayaran tertentu.

Dengan beberapa peran sentral tersebut, Bank Indonesia memiliki peran yang teramat penting dan berpengaruh terkait pembayaran berskala nasional. Oleh karenanya, penyedia jasa pembayaran nantinya harus bersinergi dengan Bank Indonesia dalam penyelenggaraan sistem pembayaran yang dilakukan.

FASTPAY Sebagai Penyedia Sistem Pembayaran

Sebagaimana disinggung di awal, Bank Indonesia mengatur penyelenggaraan jasa pembayaran. Oleh karenanya, ada peluang di mana penyedia jasa pembayaran untuk turut menyediakan layanan pembayaran alternative yang lebih mudah untuk proses transaksi. Saat ini, ada cukup banyak layanan pembayaran yang tersedia dan bisa dimanfaatkan, baik sebagai rujukan pembayaran atau ide bisnis.

Nah, salah satu jasa penyedia pembayaran yang terkenal dan sesuai dengan aturan Bank Indonesia adalah FASTPAY. Bisa dikatakan FASTPAY merupakan pembaruan dari sistem pembayaran dengan memanfaatkan teknologi online untuk memudahkan pembayaran. Ada cukup banyak manfaat dari layanan ini yang bisa didapatkan oleh masyarakat, seperti:

  • Opsi Pembayaran yang Lengkap

Dalam kinerjanya, FASTPAY menawarkan opsi pembayaran yang lengkap guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Ya, hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja, masyarakat bisa melakukan pembayaran untuk tagihan listrik, PDAM, biaya kesehatan, layanan internet, dan lainnya. Tentu saja hal ini akan memudahkan dan mempercepat pembayaran.

  • Menggunakan Layanan Berbasis Mobile

Tidak dimungkiri bahwa saat ini smartphone sudah menjelma menjadi salah satu kebutuhan pokok dari masyarakat. Oleh karenanya tak mengherankan jika hampir setiap waktu masyarakat mengoperasikan smartphone untuk menunjang aktivitas mereka.

Nah, FASTPAY menggunakan layanan dengan basis mobile. Dengan layanan ini, pembayaran beragam jenis tagihan di atas bisa dilakukan dengan hanya menggunakan smartphone saja. Artinya, pembayaran bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan lebih mudah dan lebih cepat.

  • Membuka Peluang Bisnis Masyarakat

Manfaat lain dari FASTPAY adalah adanya peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Dalam hal ini, FASTPAY membuka layanan kemitraan dengan masyarakat. Nantinya, masyarakat bisa bergabung dengan FASTPAY dan memiliki toko online yang bisa melayani beragam jenis tagihan sebagaimana disebutkan di atas.

Tentu, jika Anda memiliki toko kelontong, maka FASTPAY bisa menjadi tambahan bisnis yang cukup menjanjikan. Selain layanan yang mudah, potensi keuntungan yang didapatkan pun cukup besar. Terlebih, pangsa pasar dari bisnis ini pun cukup luas.

  • Sarana Promosi yang Lebih Luas

Promosi menjadi hal yang cukup esensial dalam bisnis apapun. Dengan promosi yang masif, maka usaha tentu saja akan cenderung bisa berjalan dengan lebih optimal. Nah, FASTPAY memberikan layanan promosi yang cukup menjanjikan. Dengan menggunakan layanan ini, masyarakat yang memiliki usaha bisa mempromosikan usaha mereka melalui media sosial dengan lebih dahsyat.

Dengan beragam fitur yang ditawarkan, tentu saja FASTPAY bisa menjadi bagian yang tepat untuk sistem pembayaran. Anda-pun bisa bergabung untuk menjadi mitra  FASTPAY dan mendapatkan beragam manfaat yang menguntungkan!

 

Tim SBF