Peluang Usaha Ekspedisi dan Prospeknya

Sebarkan artikel ini

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, jasa ekspedisi menjadi salah satu peluang bisnis yang begitu menjanjikan. Mengapa bisa dikatakan begitu? Salah satu faktor yang menjadikan usaha ekspedisi begitu menjanjikan yakni meningkatnya transaksi jual beli barang secara online yang otomatis membutuhkan jasa ekspedisi untuk pengirimannya.

Banyaknya orang yang beralih dari belanja offline ke online menjadikan prospek bisnis ini semakin cerah. Ditambah lagi bisnis ekspedisi masa kini juga sudah melayani pengiriman barang melalui darat, laut ataupun udara. Dimana layanan jasa tersebut juga kerap dimanfaatkan oleh perusahaan besar untuk mengirimkan produk dengan jarak tempuh yang relatif jauh.

Peluang Usaha Ekspedisi

Bagi Anda yang tertarik dengan usaha ini, sebelumnya Anda harus paham bagaimana peluang usaha yang dijanjikan. Jika dilihat dari daya saingnya, memang sudah ada beberapa perusahaan ekspedisi raksasa yang mengembangkan layanannya di seluruh pelosok Indonesia.

Namun hal tersebut bukanlah kendala, mengingat transaksi online yang terjadi di Indonesia pun begitu besar sehingga peluang bisnis ekspedisi pun masih sangat menjanjikan.

Sekilas info, berikut ini adalah beberapa perusahaan ekspedisi yang ada di Indonesia:

  • JNE
  • J&T
  • TIKI
  • Pos Indonesia
  • Lion Parcel
  • Wahana Express
  • NSS Express
  • SAP Express
  • IDL
  • REX
  • ESL Express
  • RPX.

Prospek Dalam Menjalankan Bisnis Ekspedisi

Jika Anda mampu menjalankan dan mengembangkan usaha ini dengan baik, prospek keuntungan yang bisa diperoleh sangatlah besar. Prospek keuntungannya pun bersifat jangka panjang, sehingga masa depan perusahaan terjamin.

Tak perlu khawatir jika dari waktu ke waktu pesaing Anda akan semakin bertambah, sebab hal tersebut juga akan berbanding lurus dengan peningkatan transaksi jual beli online. Jadi bisa dipastikan jika semua perusahaan akan memiliki pelanggannya masing-masing.

Tapi yang terpenting adalah, terus kembangkan dan maksimalkan pelayanan jasa yang Anda berikan sehingga pelanggan yang Anda miliki akan bertambah dan tak tergerus oleh perusahaan lain.

Memulai Usaha Ekspedisi

Sebelum memulai usaha ekspedisi, Anda harus melakukan analisa bisnis terlebih dahulu. Setelah itu siapkan beberapa alat yang mungkin dibutuhkan. Langkah selanjutnya ialah melakukan promosi melalui berbagai media, baik media cetak maupun digital.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ekspedisi pun bisa dikatakan cukup kecil, sehingga cocok untuk Anda yang masih pemula. Selain itu kantor atau tempat yang dibutuhkan pun tidak harus luas. Cukup sediakan satu petak ruang untuk bagian kantor depan dan satu petak lain untuk area pengemasan dan lain sebagainya.

Disini Anda juga membutuhkan beberapa alat yang wajib ada seperti timbangan, laptop atau PC, printer dan alat pengemas.

Pelaku dan Konsumen Usaha Ekspedisi

Jenis usaha ini bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki minat tinggi untuk membuka jasa pengiriman barang. Selain mudah dijalankan, usaha ekspedisi juga menawarkan keuntungan yang begitu besar. Dari proses promosi hingga bisnis berjalan lancar pun dibutuhkan waktu yang tidak terlalu lama.

Lalu bagaimana dengan konsumen dari bisnis ekspedisi ini? Sama seperti pelakunya, pengguna atau konsumen bisnis ekspedisi pun sangat fleksibel alias siapa saja. Bahkan menurut beberapa orang yang sudah terjun langsung di bidang usaha ekspedisi ini, untuk mendapatkan konsumen bukanlah perkara yang sulit.

Tips penting yang harus diperhatikan ialah jaminan kepercayaan dan kualitas jasa yang ditawarkan.

Harga Jasa dan Keuntungan

Untuk harga jasa, Anda bisa mematok berdasarkan ukuran barang yang dikirim atau per kilogram. Biasanya harga yang dipatok yakni kisaran Rp. 15.000-Rp. 30.000. Selain menurut ukuran dan berat barang, Anda juga bisa menawarkan beberapa pilihan services yang masing-masing dibandrol dengan tarif pengiriman berbeda.

Tentunya harga juga akan disesuaikan dengan lokasi atau alamat pengiriman, semakin jauh jaraknya semakin mahal pula ongkos kirim yang ditetapkan.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari usaha ekspedisi ini pun sangat besar. Jika Anda mampu mengembangkan bisnis dengan baik, dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun modal yang Anda keluarkan sudah bisa kembali. Selanjutnya Anda hanya akan mendapatkan keuntungan dari bisnis ini.

  1. Asumsi
  2. Waktu pemakaian dari sepeda motor dalam jangka 5 tahun
  3. Waktu pemakaian komputer dilakukan dalam jangka 5 tahun
  4. Waktu pemakaian mesin packing bisa dilakukan dalam jangka 5 tahun
  5. Waktu pemakaian dari tas anti air selama 5 tahun
  6. Waktu pemakaian alat pembersih selama 5 tahun
  7. Dan lain sebagainya.
  8. Investasi
  9. Sewa toko
  10. Dekor ruangan
  11. Komputer
  12. Alat tulis
  13. Sepeda motor
  14. Mobil pengantar barang
  15. Dan sebagainya.
  16. Biaya Operasional Per Bulan
  17. Penyusutan sewa toko 1/12 x Rp. 5.560.000
  18. Penyusutan mesin packing 1/62 x Rp. 1.384.000
  19. Penyusutan alat pembersih 1/44 x Rp. 122.300
  20. Penyusutan alat tulis 1/44 x Rp. 65.000
  21. Penyusutan peralatan tambahan 1/44 x Rp. 94.000
  22. Dan lain sebagainya.
  23. Total Biaya Operasional

Biaya tetap + biaya variabel.

  • Biaya tetap + biaya variabel

Keuntungan per bulan bisa dihitung dengan cara:

Laba = total pendapatan – total biaya operasional.

Tertarik untuk menjalankan usaha ekspedisi? Yuk kenali prospeknya terlebih dahulu dan mulai bisnis Anda dengan baik.


Jangan lupa follow media sosial untuk mendapatkan tips lainnya di :
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF