Contoh Perhitungan Modal Bisnis Swalayan Untuk Pertimbangan Usaha

Sebarkan artikel ini

Tidak dimungkiri memang bahwa swalayan adalah salah satu ide bisnis yang sangat menarik untuk dijalankan. Meskipun saat ini sudah banyak swalayan yang berdiri, namun dikarenakan swalayan adalah tempat pemenuhan kebutuhan harian, tetap saja bisnis yang satu ini diburu oleh masyarakat. Artinya, pangsa pasar dari bisnis ini bisa dikatakan cukup luas dan terpelihara.

Dengan fakta yang disebutkan di atas, swalayan tetap menjadi ide bisnis yang relevan untuk dijalankan, bahkan saat ini. Hanya saja, ketika Anda ingin memulai bisnis ini, maka ada cukup banyak persiapan yang harus Anda lakukan, salah satunya adalah perhitungan modal bisnis swalayan.

Tentu saja, menghitung modal adalah hal yang begitu urgen untuk dilakukan pertama kali. Ya, perhitungan modal bisnis swalayan ini termasuk langkah persiapan dan tentu nantinya akan berpengaruh pada bagaimana Anda akan menjalankan bisnis ini. Nah, ada beberapa hal yang harus diketahui perihal perhitungan modal untuk bisnis swalayan ini.

Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Persiapan Awal Bisnis Swalayan

Sebelum membahas lebih lanjut tentang perhitungan modal bisnis swalayan, ada beberapa persiapan awal bisnis swalayan yang harus Anda pikirkan terlebih dahulu. Tentu saja, persiapan awal bisnis ini menjadi penting agar swalayan yang nantinya Anda jalankan bisa sukses dan profit yang Anda dapatkan cenderung sesuai dengan perkiraan.

Nah, adapun beberapa persiapan awal bisnis swalayan yang harus dipahami adalah sebagai berikut:

  • Lokasi Usaha

Lokasi menjadi salah satu faktor pertama yang harus Anda pertimbangkan saat memutuskan ingin membuat usaha swalayan. Lokasi akan sangat berpengaruh pada bagaimana bisnis ini nantinya akan berjalan. Nah, Anda bisa memilih untuk menggunakan bangunan pribadi atau menyewa tempat untuk memulai bisnis ini.

Namun, salah satu hal yang pasti terkait tempat adalah pastikan jika tempat yang Anda pilih untuk bisnis ini merupakan lokasi yang strategis. Ya, dengan lokasi yang strategis, swalayan Anda akan cenderung lebih mudah untuk ditemukan.

  • Desain Swalayan

Swalayan tentu berbeda dengan toko kelontong atau jenis toko lainnya. Oleh karenanya, desain swalayan ini perlu dipikirkan dengan baik. Ada kesan menarik yang harus Anda sajikan kepada para pelanggan. Oleh karenanya, cari referensi terkait desain swalayan ini dan terapkan pada swalayan yang akan Anda buka.

  • Supplier

Persiapan lain yang sangat penting selain perhitungan modal bisnis swalayan adalah supplier. Ya, bisa dikatakan jika peran supplier adalah sangat penting karena supplier akan memasok barang yang Anda jual di dalam swalayan Anda. Dengan adanya supplier, tentu saja Anda tidak perlu repot untuk mencari barang tersebut.

Seiring dengan pentingnya peran supplier, maka akan lebih baik jika Anda berhati-hati dalam memilih supplier. Pastikan jika supplier yang Anda pilih adalah mereka yang terpercaya dan memiliki track record yang baik dan bisa diandalkan.

  • Izin Usaha

Izin usaha merupakan kebutuhan penting untuk sebuah swalayan. Izin yang satu ini akan membuat bisnis yang Anda jalankan menjadi legal dan tentu hal-hal yang berkaitan dengan hukum akan cenderung lebih mudah. Cari tahu bagaimana Anda bisa mendapatkan izin usaha ini dengan mudah.

  • Komputer

Komputer adalah kebutuhan pokok untuk swalayan. Alat ini digunakan pada bagian kasir dan gudang untuk mempermudah penjualan dan juga track stok barang yang Anda miliki.

Beberapa poin di atas menjadi persiapan awal yang bisa dikatakan cukup penting. Nah, penuhi persiapan tersebut untuk memastikan bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar.

Contoh Perhitungan Modal Bisnis Swalayan

Untuk perhitungan modal bisnis swalayan, ada beberapa hal yang menjadi poin dari perhitungan. Beberapa poin tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Modal Peralatan dan Perlengkapan
  2. Rak dagangan : Rp 25.000.000
  3. Etalase : Rp 15.000.000
  4. Komputer kasir : Rp 5.000.000
  5. Stok barang awal : Rp 50.000.000
  6. Listrik : Rp 10.000.000
  7. Izin usaha : Rp 5.000.000.
  8. Biaya Operasional
  9. Gaji karyawan 2 orang : Rp 3.000.000
  10. Biaya listrik : Rp 1.500.000
  11. Lain-lain : Rp 500.000.

Dari perhitungan di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa total modal awal yang dibutuhkan adalah Rp 115.000.000. Tentu saja, perhitungan di atas adalah perhitungan kasar yang sangat bisa berbeda dengan keperluan Anda. Terutama jika Anda menginginkan stok barang awal yang cenderung lebih banyak.

Terkait stok awal barang, sebenarnya ada metode konsinyasi yang bisa diterapkan. Metode ini adalah perjanjian dengan supplier di mana mereka menitipkan barang pada swalayan Anda. Artinya, Anda tidak membeli barang tersebut di awal. Ide ini bisa dijadikan solusi untuk penghematan modal.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang perhitungan modal bisnis swalayan yang bisa menjadi inspirasi persiapan untuk memulai bisnis swalayan. Perbanyak informasi terkait persiapan ini demi bisnis yang lancar dan bisa menguntungkan. Semoga bermanfaat.


Segera cek official Toko Modern Fastpay di :
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Contoh Perhitungan Modal Bisnis Swalayan Untuk Pertimbangan Usaha

Tim SBF