BPJS Kesehatan : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Sebarkan artikel ini

Bagi masyarakat kelas menengah ke bawah, mungkin mengikuti asuransi kesehatan adalah sebuah hal yang tak selalu bisa terjangkau. Padahal sebenarnya fasilitas ini sangat dibutuhkan sebagai backing-an ketika Anda tertimpa musibah sakit.

Melihat kondisi ini, Pemerintah Indonesia membentuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang bisa menjadi solusi untuk masalah kesehatan masyarakat Indonesia. BPJS Kesehatan adalah asuransi kesehatan wajib diikuti oleh seluruh warga Indonesia dan warga Negara asing yang sudah menetap di Indonesia selama kurun waktu minimal 6 bulan.

Layanan yang sudah hadir sejak 1 Januari 2014 ini memberikan banyak keuntungan bagi anggotanya, terutama dalam kemudahan claim dan murahnya iuran yang harus dibayar setiap bulan. Berbanding terbalik dengan lembaga asuransi swasta yang biasanya menetapkan premi tinggi untuk bisa mendapatkan fasilitas atau claim dalam jumlah besar.

Kelebihan BPJS Kesehatan

Mengapa sistem ini diwajibkan bagi seluruh masyarakat Indonesia? Sebab Pemerintah sendiri sudah menjanjikan banyak kelebihan atau keuntungan untuk para peserta BPJS Kesehatan. Berikut adalah beberapa diantaranya;

  • Murah

Kelebihan utama dari BPJS Kesehatan adalah premi atau iuran bulanannya yang murah. Menariknya, meski dengan premi murah namun layanan yang bisa didapatkan para peserta dianggap tidak murahan.

Bagaimana tidak, dengan premi hanya Rp. 60.000 untuk kelas 1, Rp. 51.000 untuk kelas 2 dan Rp. 25.000 untuk kelas 3, peserta BPJS Kesehatan sudah bisa mendapatkan fasilitas layanan maupun perlindungan kesehatan dari pemeriksaan, pembedahan, rawat inap, obat dan lain-lain.

Bahkan beberapa informasi juga menyatakan jika layanan BPJS Kesehatan sudah bisa dimanfaatkan untuk cuci darah dan biaya bersalin.

  • Tanpa Medical Check Up

Jika Anda ingin daftar asuransi kesehatan di lembaga asuransi swasta, maka Anda harus melakukan medical check up terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menentukan premi yang harus Anda bayarkan. Jika Anda menderita penyakit kritis dan sudah berumur di atas 40 tahun, maka premi yang wajib dibayar lebih mahal.

Bahkan kemungkinan terburuknya, pengajuan polis Anda bisa ditolak. Namun ketika Anda mendaftar BPJS Kesehatan, Anda tak harus melakukan medical check up terlebih dahulu dan tak ada ketentuan minimal umur. Bayi yang masih di dalam kandungan pun bahkan sudah bisa didaftarkan.

  • Jaminan Seumur Hidup

Tampaknya hanya BPJS Kesehatan yang berani mengambil tanggung jawab proteksi peserta hingga seumur hidup. Dari pengamatan hingga saat ini, diketahui jika asuransi swasta kebanyakan hanya bisa memberikan perlindungan pada peserta maksimal usia 100 tahun.

Namun jika dilihat usia rata-rata masyarakat Indonesia saat ini, usia tersebut cukup langka.

  • Tak Ada Pengecualian

Kelebihan lain dari BPJS Kesehatan adalah tidak ada pengecualian. Ketika melakukan pendaftaran anggota BPJS Kesehatan, calon peserta yang sudah terserang penyakit kronis pun tak akan mengalami penolakan bahkan akan langsung diproses dengan cepat.

Menariknya lagi, premi yang harus dibayarkan sama dengan mereka yang mendaftarkan diri ketika masih dalam kondisi sehat dan usia muda. Tentunya hal ini terlihat jauh berbeda dengan asuransi swasta yang banyak menolak calon peserta dengan riwayat penyakit kronis.

Jikapun diterima, umumnya pihak asuransi swasta akan memberikan premi atau tanggungan iuran yang jauh lebih tinggi.

  • Perubahan Data Bisa Dilakukan Secara Online

Saat ini BPJS Kesehatan pun sudah memberikan banyak kemudahan layanan, salah satunya yakni perubahan data yang dapat dilakukan secara online. Hanya dengan mengakses website resmi BPJS Kesehatan, Anda bisa melakukan perubahan data secara cepat dan tak harus datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Bagi Anda yang sedang tidak terhubung dengan internet pun bisa memanfaatkan layanan call center BPJS Kesehatan di 1500 400. Melalui jaringan telepon Anda dapat melakukan perubahan data secara cepat dan pastinya bisa dilakukan 24 jam.

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, tentu masyarakat tidak akan keberatan jika asuransi BPJS Kesehatan diwajibkan bagi seluruh masyarakat.

Kekurangan BPJS Kesehatan

Di samping berbagai kelebihan yang ditawarkan, ternyata BPJS Kesehatan juga masih memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa diantaranya;

  • Metode Berjenjang

Kekurangan BPJS Kesehatan yang hingga saat ini masih jadi perhatian utama peserta adalah metodenya yang berjenjang ketika melakukan klaim. Di luar keadaan darurat, peserta BPJS memang harus melakukan pemeriksaan penyakit di Faskes 1 terlebih dahulu, seperti Puskesmas atau klinik.

Setelah itu baru peserta bisa melakukan pemeriksaan ke rumah sakit yang dianjurkan Faskes 1. Jika Anda langsung menuju rumah sakit, maka BPJS tidak bisa digunakan.

  • Antri

Wajar saja jika Anda ingin berobat menggunakan BPJS Kesehatan harus mengantri lama. Hal ini berkaitan dengan banyaknya masyarakat yang terdaftar menjadi anggota BPJS dan memanfaatkan layanan dari Pemerintah ini. Ditambah lagi tidak semua lembaga kesehatan termasuk mitra BPJS Kesehatan, jadi di beberapa lembaga kesehatan pasti antrian akan lebih panjang.

Meskipun masih memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan, namun hal tersebut bukanlah alasan yang tepat untuk Anda tak mendaftarkan diri sebagai anggota BPJS Kesehatan.


Nah itulah sekilas informasi mengenai BPJS Kesehatan : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan. Jika Anda ingin memiliki bisnis layanan pembayaran terlengkap, gunakan Fastpay. Karena hanya Fastpay yang menyediakan segala kebutuhan transaksaksi yang dibutuhkan masyarakat seperti pembayaran BPJS, PPOB, Internet, Pulsa, Tour & Tiket hingga fitur-fitur menguntungkan untuk berbisnis.

Follow media sosial Fastpay di :
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF