4 Layanan yang Bisa Anda Akses Melalui Call Center BPJS Kesehatan

Sebarkan artikel ini

Perkembangan teknologi masa kini menjadikan masyarakat semakin dipermudah untuk memperoleh berbagai informasi. Sebut saja dengan hadirnya pusat panggilan atau yang lebih sering disebut call center, yang mana layanan tersebut akan mempermudah konsumen dalam memecahkan masalah tanpa harus repot mendatangi instansi atau kantor terkait.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pun termasuk salah satu instansi yang sudah menyediakan fasilitas call center bagi masyarakat, yakni di nomor 1500 400 yang bisa Anda akses selama 24 jam non stop.

BPJS Kesehatan sendiri menyebut layanan fasilitas call center-nya dengan sebutan Care Center 1500 400. Ada banyak layanan yang bisa Anda akses melalui sambungan udara tersebut, mulai dari pendaftaran peserta BPJS Kesehatan, pengaduan hingga konsultasi kesehatan.

Penasaran apa saja layanan lengkap dari call center BPJS Kesehatan? Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda;

  • Daftar Keanggotaan

Saat ini, BPJS Kesehatan menawarkan beberapa metode daftar keanggotaan. Selain datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan atau daftar online melalui situs resminya, masyarakat juga bisa daftar keanggotaan BPJS melalui Care Center 1500 400.

Pendaftaran anggota BPJS Kesehatan melalui Care Center 1500 400 pun sangat mudah dan pastinya tanpa ribet, sehingga sangat memudahkan masyarakat. Bahkan jika dibandingkan dengan dua cara yang sudah disebutkan di atas, cara ini termasuk yang termudah, terutama untuk peserta mandiri atau Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU).

Melalui sambungan telepon petugas BPJS Kesehatan akan meminta Anda menyebutkan data diri secara lengkap. Jadi sebelum menghubungi call center BPJS Kesehatan sebaiknya siapkan beberapa dokumen berikut:

  • Nomor KTP
  • Nomor KK
  • Nomor telepon/handphone (harus aktif)
  • Alamat email
  • Nomor rekening
  • Pilihan Faskes.

Setelah melakukan pendaftaran melalui jaringan telepon, selanjutnya Anda akan diberi virtual account (VA) melalui SMS atau email. Nantinya nomor VA ini yang akan menjadi identitas Anda ketika ingin melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan di bank. Ingat, sebelum 30 hari dari penerbitan VA Anda harus segera melakukan pembayaran iuran.

Jangan lupa juga untuk menyertakan alamat lengkap, karena kartu BPJS Kesehatan Anda akan langsung dikirim ke rumah. Selain bisa untuk daftar keanggotaan mandiri, Anda juga bisa melakukan pendaftaran untuk anggota keluarga melalui layanan ini. tentunya dengan syarat dan ketentuan yang sama.

  • Melakukan Perubahan Data

Jika Anda sudah memiliki kartu BPJS Kesehatan namun ingin melakukan perubahan data, Anda pun tak harus pergi ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dan mengantri lama. Cukup hubungi call center BPJS Kesehatan, karena melalui Care Center ini Anda pun bisa melakukan perubahan data secara akurat.

Beberapa data yang bisa diubah antara lain adalah perubahan Faskes, perubahan identitas dan juga kelas rawat. Untuk melakukan perubahan data melalui Care Center 1500 400, pastikan Anda sudah terdaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan selama minimal 3 bulan di Faskes 1 apabila ingin pindah Faskes.

Kemudian jika Anda ingin melakukan perubahan kelas rawat, syarat yang harus dipenuhi ialah sudah terdaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan selama minimal 1 tahun di kelas rawat sebelumnya.

  • Konsultasi Kesehatan

Selain melakukan pendaftaran anggota dan melakukan perubahan data, Anda juga bisa melakukan konsultasi kesehatan melalui Care Center 1500 400. Layanan ini akan langsung terhubung dengan dokter atau masuk dalam layanan konsultasi kesehatan Tanya dokter.

Anggota aktif BPJS Kesehatan bisa melakukan konsultasi dengan dokter umum terkait penyakit yang dideritanya. Hanya saja khusus layanan konsultasi kesehatan hanya bisa diakses pada hari Senin hingga Jumat mulai dari pukul 7.00 WIB hingga 20.00 WIB.

  • Layanan Informasi dan Pengaduan Terpadu

Layanan lain yang bisa Anda manfaatkan melalui  call center BPJS Kesehatan ialah layanan informasi dan pengaduan terpadu. Melalui Care Center, anggota BPJS Kesehatan bisa mengetahui seluk beluk BPJS, seperti tata cara pembayaran iuran, status keanggotaan, hingga urusan Faskes.

Peserta BPJS Kesehatan juga bisa menanyakan bagaimana memanfaatkan layanan kesehatan di luar daerah domisilinya. Hal ini biasanya ditanyakan oleh peserta BPJS Kesehatan yang sedang bekerja, menempuh pendidikan atau pindah domisili dari tempat awal ia mendaftar sebagai anggota BPJS.

Untuk hal ini, peserta yang sedang berada di luar kota dalam jangka waktu yang tak menentu bisa mengakses layanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Hanya saja fasilitas ini hanya bisa dimanfaatkan untuk 3 kali kunjungan saja dan peserta tidak harus mengurus surat pengantar dari kantor BPJS Kesehatan terlebih dahulu serta tidak dikenai biaya tambahan.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan layanan pengaduan terkait dengan pelayanan BPJS Kesehatan. Anda akan terhubung dengan petugas terkait kemudian menyampaikan persoalan yang ingin Anda adukan.

Beberapa layanan call center BPJS Kesehatan di atas menjadi solusi terbaik bagi Anda yang tak memiliki banyak waktu untuk melakukan pendaftaran, perubahan data, maupun pengaduan langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.


Jangan lupa follow media sosial untuk mendapatkan tips lainnya di :
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner 4 Layanan yang Bisa Anda Akses Melalui Call Center BPJS Kesehatan

Tim SBF