Cara Menghitung dan Membayar Zakat Fitrah

Sebarkan artikel ini

Cara Menghitung dan Membayar Zakat Fitrah — Umat beragama Islam wajib mengeluarkan Zakat Fitrah menjelang akhir bulan Ramadhan untuk menyempurnakan ibadah puasanya. Memberikan Zakat adalah rukun ketiga yang artinya wajib dilakukan dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin atau bisa dilakukan pada media pengumpulkan & membagikan zakat).

Lantas, bagaimana cara menghitung dan membayar zakat fitrah? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Zakat Fitrah

Dilansir BAZNAS, Zakat fitrah (zakat al-fitr)  adalah zakat utama yang wajib dikeluarkan umat Muslim menjelang Hari Raya Idul Fitri. Zakat fitra dibayar setara dengan 3,5 liter (2,7 kilogram) makanan pokok. Jika dilansir melalui berberapa hadits ada ketetapan makanan untuk zakat fitrah seperti kurma kering, sya’ir, susu kering yang tidak dibuang buihnya, kurma basah, gandum hingga biji-bijian. Namun karena keragaman geografis dan budaya umat muslim tiap negara berbeda-beda maka diputuskan jika Zakat fitrah dapat menyesuaikan dengan makanan pokok daerah masing-masing.

Beberapa ulama, diantaranya Shaikh Yusuf Qardawi memperbolehkan zakat fitrah dibayar dalam bentuk uang yang setara dengan 1 sha’ gandum, kurma, atau beras. Nominal zakat fitrah yang ditunaikan dalam bentuk uang, menyesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi.

Rumus Perhitungan Zakat Fitrah

Zakat Fitrah per orang = 3,5 liter x harga beras di pasaran per liter. Contoh harga beras di pasar rata-rata Rp 10.000,- per liter, maka zakat fitrah yang harus dibayar per orang sebesar Rp 35.000,-. Jika dihitung dari segi berat, maka Zakat Fitrah per orang = 2,5 kg x harga beras di pasaran per kilogram.

Bayar Zakat Fitrah dengan Fastpay

Untuk menunaikan kewajiban mengeluarkan Zakat Fitrah sebelum akhir bulan Ramadhan, anda dapat membayar Zakat Fitrah melalui agen Fastpay. Berikut langkah-langkah membayar Zakat Fitrah di agen Fastpay:

  1. Donasi dilakukan di loket PPOB FASTPAY terdekat;
  2. Sampaikan data diri meliputi nama lengkap, nomor HP dan alamat lengkap;
  3. Pilih jenis donasi;

a. Zakat;

b. Infak/Sedekah;

c. Qurban;

d. Donasi uang kembalian;

4. Sebutkan nominal donasi;

5. Selesai

Setelah mengeluarkan zakat fitrah, selanjutnya donatur akan mendapatkan SMS notifikasi bahwa zakat fitrah anda sudah masuk.

Bagaimana Juragan! Sudah sejauh mana persiapan Zakat tahun ini? Pastikan Anda dapat memberikan Zakat terbaik agar amalannya dapat terbayarkan oleh kelancaran usaha. Untuk mempermudah kebutuhan Anda, Fastpay menyediakan layanan sodakoh dan zakat. Fastpay Apa Aja Ada!

 

Tim SBF