Selain Budi Pekerti, Ini Daftar Film Bertema Guru di Hari Guru Nasional

Sebarkan artikel ini

Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Beberapa film banyak mengangkat tema guru dan berikut pembahasan singkat dan cara nontonnya!

Apa itu Hari Guru Nasional?

Hari Guru Nasional selalu jadi hari yang istimewa untuk kalangan pendidik dan juga anak didiknya. Peringatan Hari Guru Nasional diadakan sebagai ruang apresiasi bagi para pendidik untuk tetap semangat dalam memberikan pengajaran dan pendidikan di sekolah.

Dikutip dari kemdikbud.go.id, tema Hari Guru Nasional tahun ini adalah Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka belajar. Tentunya tema tersebut diharapkan tidak hanya jadi sekedar kalimat pemanis bersama melainkan memang harus ada gerakan nyata untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Daftar Film Indonesia Bertema Guru

231125-artikel-1 Selain Budi Pekerti, Ini Daftar Film Bertema Guru di Hari Guru Nasional
Ilustrasi Menonton Film Tentang Guru

Karena guru adalah salah satu sosok terpenting dalam perjalanan hidup anak-anak Indonesia dalam menimba ilmu, tidak jarang ada beberapa film yang bertemakan guru ataupun pendidikan. Berikut beberapa film Indonesia yang bertemakan guru yang fokus membahas isu pendidikan hingga tokoh-tokoh penting :

1. Sang Pencerah

Film Sang Pencerah garapan Hanung Bramantyo dirilis pada tahun 2010. Bercerita tentang salah satu tokoh besar Indonesia yakni K.H. Ahmad Dahlan yang diperankan oleh Lukman Sardi. Sosok K.H. Ahmad Dahlan yang lahir pada tahun 1868 sendiri dikenal sebagai tokoh pembaruan dan pendiri organisasi Islam Muhammadiyah di Indonesia. Ada banyak pembelajaran dalam film ini utamanya yang berkaitan dengan upaya untuk mengubah pandangan yang telah mengakar terkait Islam yang telah berbeda karena ada beberapa hal yang melenceng.

Menonton film Sang Pencerah bisa dilakukan di beberapa platform layanan OTT yakni Netflix, Amazon Prime Video, dan Vidio.

2. Sokola Rimba

Tangan dingin sutradara Riri Riza dan arahan Mira Lesmana membuat film tahun 2013 ini menjadi film drama biografi Indonesia yang menyoroti kehidupan masyarakat Suku Anak Dalam atau Orang Rimba di Jambi. Di film ini Butet Manurung (Prisia Nasution) mengajarkan baca dan tulis pada anak-anak di Suku Anak Dalam yang tinggal di hulu sungai Makekal.

Diangkat dari novel berjudul yang sama karangan Butet Manurung. Dibintangi oleh beberapa artis ternama seperti Prisia Nasution, Rukman Rosadi, dan Nadhira Ulya film ini berhasil meraih beberapa penghargaan seperti kategori Film Terbaik di Piala Maya 2013.

Film ini tentu layak mendapatkan penghargaan mengingat konflik yang diangkat masih berkaitan dengan konservatifnya masyarakat adat yang masih belum sadar pentingnya baca tulis bagi kemajuan dan perbaikan hidup di masa depan.

Bagi kamu yang ingin melihat perjuangan Butet dan anak-anak di film Sokola Rimba bisa menontonnya di platform Netflix dan Amazon Prime Video.

Baca juga : Layanan Video Streaming OTT Paling Banyak Digunakan di Indonesia

3. Guru-guru Gokil

Setelah sebelumnya membahas tentang film biografi, sekarang waktunya film komedi bertema guru yang muncul jadi rekomendasi. Film berjudul Guru-Guru Gokil yang rilis pada 17 Agustus 2020 ini merupakan film asli garapan Netflix Indonesia yang bisa disaksikan di berbagai negara dengan belasan subtitle bahasa.

Diperankan oleh Gading Marten, Boris Bokir, Ibnu Jamil, Shakira Jasmine, dan masih banyak lagi, film ini mengambil sudut pandang tentang arti dari profesi guru yang ternyata esensinya lebih dari uang dan kesuksesan tapi juga menyangkut dedikasi.

4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Kembali membahas film biografi tentang tokoh yang berkaitan dengan dunia pendidikan, film Guru Bangsa Tjokroaminoto menceritakan tentang kehidupan Tjokroaminoto sebagai salah satu pahlawan nasional Indonesia.

Film ini menceritakan perjalanan Tjokroaminoto yang melihat adanya ketidakadilan terhadap kaum pribumi yang dilakukan oleh pemerintah Hindia Belanda. Kontribusi Tjokroaminoto paling menonjol ada pada pergerakannya di bidang perekonomian dengan bergabung pada organisasi Sarekat Islam. Banyak tokoh-tokoh besar Indonesia yang punya benang merah dengan beliau sehingga menarik untuk ditonton film berlatarkan masa pergerakan untuk melawan penjajah ini.
Kamu dapat menontonnya di platform Netflix, Amazon Prime Video, dan Vidio

5. Negeri 5 Menara

Dirilisnya film Negeri 5 Menara merupakan visualisasi dari novel berjudul sama karangan Ahmad Fuadi. Berlatarkan di Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo dan beberapa tempat lainnya, film ini menarik untuk ditonton karena membahas tentang perjalanan remaja yang masuk ke pondok agama dan belajar arti kehidupan di sana. Film Negeri 5 Menara bisa ditonton di Netflix dan MAXStream di rumah bersama keluarga.

6. Notebook

FIlm yang bisa ditonton di Disney+ Hotstar ini merupakan film yang rilis pada tahun 2021. Film ini secara garis besar akan lebih membahas tentang kisah cinta dari guru yang jatuh hati saat mengajar di pedalaman Sumba pada pemuda lokal sana. Namun, perasaan keduanya yang tidak diutarakan membuat konflik tersendiri terlebih Rintik (Amanda Rawles) sudah dijodohkan dengan orang tuanya dengan lelaki kota.

Yang menarik selain romansa dalam film ini adalah isu pendidikan di daerah pedalaman yang jelas masih tertinggal. Fasilitas pendidikan di Indonesia yang belum merata juga jadi perhatian dalam film ini. Belum lagi masalah ketersediaan guru di pedalaman yang terus terjadi menunjukkan adanya kritik sosial pada sistem pendidikan di Indonesia.

7. Budi Pekerti

Yang terbaru ada film Budi Pekerti yang baru rilis pada tahun 2023 yang dibintangi pemain-pemain terkenal seperti Ine Febriyanti, Prilly Latuconsina, Dwi Sasono, dan Angga Yunanda. Konflik dalam film ini fokus pada bu Prani yang viral karena tindakannya di pasar yang terekam dalam video singkat dianggap tidak mencerminkan sosok dan tabiat guru yang digugu dan ditiru. Bu Prani pun terancam kehilangan pekerjaannya sebagai guru BK serta keluarganya pun mendapatkan perundungan.

Film Budi Pekerti rilis secara resmi di bioskop Indonesia pada 2 November 2023. Jadi untuk kamu yang ingin menonton film ini bisa segera memesan tiketnya di aplikasi tiket bioskop ataupun datang langsung ke bioskop terdekat.

Cara Bayar Langganan Layanan OTT dan Top Up E-Money untuk Nonton Film

231125-artikel-2 Selain Budi Pekerti, Ini Daftar Film Bertema Guru di Hari Guru Nasional
Cara Bayar Langganan Layanan OTT dan Top Up E-Money untuk Nonton Film

Solusi untuk menonton film-film di atas adalah bisa berlangganana layanan OTT ataupun datang ke bioskop jika filmnya masih tayang. Nah untuk kamu yang ingin berlangganan layanan OTT untuk streaming film bisa melakukannya di Fastpay. Tidak hanya itu, Fastpay juga melayani layanan top up e-money dan e-wallet serta transfer bank. Selengkap itu layanan di Fastpay karena Fastpay memang bukan PPOB Biasa.

Baca juga : Beda E-Money dan E-Wallet, Sering Dikira Sama

Kamu yang hobi nonton film bisa menjadikan ini ladang bisnis. Dengan kamu menawarkan layanan top up dan transfer Fastpay ke teman, kamu bisa mendapatkan komisi hingga laba langsung. Jadi tunggu apalagi. Segera daftar jadi agen Fastpay dan mulai bisnis sekarang juga!

ic_temukan-di-googleplay Selain Budi Pekerti, Ini Daftar Film Bertema Guru di Hari Guru Nasional
Unduh Fastpay di Playstore
ic_daftarfastpay Selain Budi Pekerti, Ini Daftar Film Bertema Guru di Hari Guru Nasional
Daftar Jadi Mitra Fastpay

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay terdiri dari:

  1. layanan pembayaran,
  2. pembelian tiket transportasi,
  3. pulsa dan data,
  4. layanan transfer bank,
  5. pengiriman barang,
  6. top up 8 jenis e money, dan
  7. voucher game online

dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan modal kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari