Naik Bus AKAP, Apa Enaknya Sih? Inilah 7 Alasan dan Kelebihan Naik Bus AKAP

Bus AKAP menjadi primadona untuk perjalanan darat antar kota antar provinsi di Pulau Jawa dan Sumatera. Kelebihan naik bus AKAP dibandingkan transportasi lain bisa kamu rasakan dengan berbagai kenyamanan yang diberikan perusahaan otobus.

Perusahaan otobus antar kota antar provinsi (AKAP) di Pulau Jawa berlomba-lomba menyediakan berbagai jenis bus dan tipenya, terlebih sejak adanya tol Trans Jawa. Perjalanan darat antar kota terutama menggunakan bus AKAP menjadi lebih cepat.

Fasilitas di dalam bus sendiri bisa dikatakan sangat lengkap dan membuat nyaman perjalanan. Bus AKAP masa kini dilengkapi dengan VOD (video on demand), saluran listrik berupa USB untuk charging HP, kursi penumpang yang nyaman seperti kelas eksekutif pada kereta api dengan fitur leg rest, jarak antar kursi yang lega, dan berbagai fasilitas yang lain.

Untuk tipe dan jenis bus sendiri, rata-rata perusahaan bus AKAP menggunakan sasis premium untuk kenyamanan penumpang. Jenis-jenis sasis premium yang banyak digunakan bus AKAP di Indonesia diantaranya Hino (mengusung R260 dan RN285), Mercedes-Benz (OH 1526, OH 1626 dan OC 500 RF 2542, Scania (K410iB) dan Volvo (B11R)

Kelebihan naik bus AKAP dibandingkan transportasi lain untuk perjalanan di Jawa sangat banyak.

7 Alasan Mengapa Naik Bus AKAP dan Kelebihan Naik Bus AKAP

1. Waktu Tempuh Lebih Cepat Karena Tol Trans Jawa

Contohnya waktu tempuh Jakarta – Surabaya dapat dicapai dalam waktu antara 9-12 jam saja bagi bus AKAP dengan harga terjangkau mulai dari rata-rata Rp260.000 hingga Rp400.000an tergantung jenis dan tipe bus.

Untuk Surabaya-Yogyakarta pun bisa ditempuh menggunakan bus AKAP hanya dalam waktu 4-5 jam saja, seperti Rosalia Indah dan Day Trans (travel antar kota antar provinsi). Bahkan ada yang lebih cepat dari kereta api untuk rute yang sama jenis ekonomi dan eksekutif.

Baca juga: 6 Bus AKAP Double Decker Lewat Tol Trans Jawa di Fastpay

2. Tarif Tol Trans Jawa

Tol Trans Jawa

Bagi pengguna kendaraan pribadi yang melewati tol Trans Jawa dari Jakarta ke Surabaya dan sebaliknya, ongkos yang harus dibayar untuk tarif tol nya bisa mencapai Rp720.000 untuk sekali perjalanan, belum lagi untuk kembali. Ongkos lain adalah bahan bakar. Jadi naik bus AKAP lebih ngirit, apalagi rata-rata bus AKAP yang menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur melalui tol Trans Jawa.

Baca juga: Tarif Tol Jakarta-Surabaya Harganya Jadi Segini

3. Menjangkau Kota yang Tidak Dilewati Kereta Api dan Pesawat

Perjalanan menggunakan bus AKAP di Pulau Jawa bisa dikatakan lebih murah dan mudah dibandingkan kereta api untuk menjangkau daerah atau kota besar di Jawa yang tidak atau belum terjangkau rel kereta api.

Jalur kereta api di Pulau Jawa dibagi menjadi 2 jalur, jalur selatan dan jalur utara. Masing-masing punya stasiun pemberhentian dan keberangkatan penumpang yang terbatas sesuai jalur masing-masing. Di luar dua jalur kereta tersebut, sudah dapat dijangka oleh bus AKAP. Sehingga memudahkan mobilitas orang-orang yang tidak dilewati jalur kereta.

Terlebih juga bandara di Jawa hanya ada di kota-kota besar saja, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Banyuwangi. Untuk kota-kota lain yang jauh dari bandara-bandara tersebut, alternatifnya bisa menggunakan bus AKAP.

4. Harga Tiket Lebih Murah

Harga tiket bus AKAP lebih murah, misalkan untuk Surabaya-Jakarta bisa mencapai Rp260.000 saja. Bahkan dari Jakarta-Brebes harga tiketnya dimulai dari Rp180.000 dengan fasilitas eksekutif.

Untuk jenis bus premium seperti double decker, rute Surabaya-Jakarta bisa dibeli murah dengan harga mulai Rp270.000. Bahkan jenis royal class nya DAMRI untuk rute Surabaya-Jakarta hanya Rp337.500 dengan fasilitas melebihi kelas eksekutif dikereta api. Atau kamu ingin mencoba naik suite class atau sleeper bus milik Sinar Jaya untuk rute Surabaya-Jakarta hanya Rp430.000

Untuk harga tiket dari Jakarta menuju kota-kota di Jawa Tengah bisa lebih murah lagi dengan fasilias yang sama.

5. Bisa Naik Bus AKAP Premium dan Mewah

Beberapa jenis bus AKAP mewah disediakan oleh perusahaan otobus untuk memanjakan penumpang. Bus AKAP mewah rata-rata menggunakan sasis premium Eropa yang punya banyak kelebihan untuk kenyamanan penumpang.

Bus AKAP Premium

Beberapa bus AKAP mewah yang bisa kamu naiki seperti jenis double decker milik: Sinar Jaya, Lorena/Karina, Putera Mulya, Harapan Jaya, Agra Mas. Adapula royal class DAMRI dan suite class Sinar Jaya atau sering disebut sleeper bus, dll.

Baca juga: 5 Bus AKAP Mewah dari Jakarta ke Surabaya

6. Fasilitas Bus AKAP Sangat Lengkap

Selain tipe dan jenis bus yang bisa dijadikan pilihan, seperti double decker, sleeper/suite class, eksekutif, royal class, fasilitas yang ada di bus AKAP sudah memanjakan penumpang. Gak usah kuatir tentang colokan untuk charge HP, bus AKAP menyedikan colokan USB atau colokan listrik (seperti yang ditemui di bus AKAP DAMRI). AVOD (audio video on demand) sudah menjadi fitur wajib pada beberapa bus mewah, seperti double decker Sinar Jaya, sleeper bus Sinar Jaya, Lorena, dll.

Kursi yang nyaman selama perjalanan dengan fungsi leg rest dan reclining seat adalah salah satu bentuk fasilitas yang diberikan perusahaan otobus (PO). Bantal dan selimut diberikan pada beberapa PO, selama pandemi ada pula yang ditiadakan.

Untuk bus AKAP mewah seperti DAMRI royal class, konfigurasi seatnya 2-1 dengan jenis kursi yang lega dan nyaman menyerupai sofa dengan jarak antar kursi yang lega, cocok untuk perjalanan jauh dengan bus AKAP yang melayani rute Surabaya-Jakarta.

7. Beli Tiket Bus AKAP Fleksibel

Selain harga tiket bus AKAP terjangkau, beli tiket bus AKAP semakin mudah. Naik bus AKAP lebih fleksible karena tiketnya bisa dibeli langsung di agen yang tersebar dimana-mana. Karena memang jangkauannya luas.

Kamu bisa beli tiket bus AKAP di Agen Fastpay terdekat dengan mudah. Pilihlah posisi kursi yang pas agar perjalanan kamu nyaman.

Baca juga: Tips Memilih Kursi Bus AKAP

Tidak ada salahnya kamu beralih ke transportasi darat bus AKAP ini. Nikmati berbagai jenis dan tipe bus serta fasilitas di dalamnya.

Dengan semakin ramainya penumpang kereta api beralih ke bus AKAP menjadikan bisnis tiket bus AKAP terbuka lebar, karena jangkauan layanannya yang luas.

Terbuka Peluang Bisnis Agen Tiket dan PPOB

Bisnis tiket dan agen PPOB menjadi bisnis yang menguntungkan. Meski di masa pandemi, namun kebutuhan digital masyarakat Indonesia menjadi hal yang utama, seperti bayar tagihan, beli pulsa data internet, voucher game, top up saldo emoney atau kebutuhan beli tiket pesawat, kereta, bus AKAP, atau pengiriman barang.

Bus AKAP semakin banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia terutama di Jawa untuk kota-kota yang tidak dilalui kereta api atau tidak ada stasiun. Tiket bus AKAP bisa diperoleh dengan mudah di Agen Fastpay.

Bisnis Fastpay bisa dikelola oleh siapa saja dengan modal kecil. Kesempatan masih terbuka lebar untuk membuka bisnis PPON dan agen tiket bersama Fastpay.

__________

Tentang Bisnis PPOB dan Tiket Fastpay

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan modal kecil untuk bisnis PPOB dan bisnis pulsa Fastpay. Menjadi Loket Toko Modern Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB dan Agen Tiket Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/