Tips Memilih Kursi Bus AKAP

Bus AKAP kini menjadi alat transportasi publik darat favorit dari peralihan penumpang kereta api dan pesawat. Memilih kursi bus AKAP yang tepat akan menambah kenyamanan perjalanan kamu.

Bepergian dengan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) menjadi pilihan ekonomis untuk bepergian. Penumpang tidak perlu capek menyetir, lalu memikirkan uang bensin dan tol jika naik bus AKAP ke luar kota.

Contohnya, perjalanan dari Jakarta ke Surabaya melalui tol Trans Jawa. Bisa menghabiskan bahan bakar dan biaya tol yang tidak sedikit. Tarif tol Jakarta-Surabaya bisa mencapai Rp718.500,00 sekali jalan. Belum biaya bahan bakar. Waktu tempuh pun juga tergolong cepat, untuk Jakarta-Surabaya melalui tol Trans Jawa bisa ditempuh dalam waktu 9-10 jam.

Naik bus AKAP bisa menjadi pilihan utama perjalanan darat. Selain adanya tol Trans Jawa, juga jangkauan bus AKAP sudah ke kota-kota besar di Jawa sebagai titik naik dan turun. Sehingga memudahkan mobilitas bagi masyarakat yang belum terjangkau adanya stasiun dan rel kereta api.

Selain itu, jadwal keberangkatan bus AKAP juga fleksibel, ada banyak pilihan jam berangkat dari banyak PO (perusahaan otobus) yang tersedia.

Persaingan provider bus AKAP dalam memberikan pelayanan terbaik membuat penumpang seolah dimanjakan. Berbagai jenis dan tipe bus AKAP membuat pilihan bagi para busmania semakin beragam.

Kamu bisa naik bus eksekutif, double decker, sleeper bus, royal class dan lain-lain dari PO bus AKAP seperti Sinar Jaya, Agra Mas, DAMRI, Harapan Jaya, Putera Mulya, Haryanto, Pahala Kencana, Lorena, KARINA, Gunung Harta, dll.

Baca juga: 6 Bus AKAP Double Decker Lewat Tol Trans Jawa di Fastpay

Konfigurasi tempat duduk juga bervariasi sesuai kapasitas, seperti 2-2 eksekutif dengan jumlah kapasitas 32 tempat duduk, atau sleeper 1-1 dengan kapasitas hanya 22 penumpang. Atau double decker atau bus tingkat dengan kapasitas hingga 50 tempat duduk dengan konfigurasi 12 tempat duduk di deck bawah dan 38 penumpang di deck atas.

Baca juga: 5 Bus AKAP Mewah dari Jakarta ke Surabaya

Untuk mendapatkan kenyamanan ketika naik bus AKAP, ada baiknya kamu mengikuti tips memilih kursi bus AKAP berikut.

7 Tips Memilih Kursi Bus AKAP

Secara umum, posisi duduk di kabin bus bisa dibagi jadi tiga bagian, depan, tengah, dan belakang. Dari tiga bagian tadi, mana yang lebih nyaman untuk istirahat?

Memilih posisi kursi menjadi pilihan awal sebelum berangkat naik bus. Kamu bisa beli tiket bus AKAP di Agen Fastpay dan memilih kursi yang tersedia dari bus AKAP yang kamu inginkan.

Terkadang banyak juga yang tidak memilih posisi kursi alias yang penting duduk dan nyaman. Padahal kenyamanan tempat duduk apalagi di bus AKAP adalah kunci kamu menikmati perjalanan.

1. Hindari Kursi Paling Depan dan Paling Belakang

Memilih kursi bus AKAP punya manfaat buat kamu yang mabuk darat, baiknya jangan duduk di belakang atau di bagian depan karena goncangan bus paling terasa. Hal ini justru akan membuat kamu bertambah mual.

Hot seat bus AKAP

Bila kamu ingin duduk di kursi deretan depan demi bisa melihat pemandangan jalan di depan, ada baiknya minum obat anti mabuk Antimo. Urutan terdepan yang bisa kamu pilih nomor 1 hingga 4.

Bila kamu bepergian sendiri, hindari kursi bagian belakang dengan alasan keamanan. Kemungkinan untuk menjadi korban pencopetan atau kejahatan akan semakin besar. Namun, bus AKAP sekarang dilengkapi dengan kamera CCTV dan tempat duduk belakang biasanya digunakan oleh awak bus cadangan, sehingga keamanan terjaga.

Hal yang tidak mengenakkan bila mendapatkan kursi belakang adalah guncangan dan getaran mesin bus yang paling terasa. Namun, kamu tidak akan terganggu dengan penumpang yang keluar masuk ke kabin.

Tentunya semua penumpang tidak berharap bakal terjadi kecelakaan selama bepergian dengan bus AKAP. Namun apa salahnya berhati-hati? Sebaiknya hindari kursi paling depan dan belakang. Sebab biasanya, tabrakan terjadi di bagian tersebut. Penumpang yang duduk di sana pun lebih rawan menjadi korban.

2. Pilih Kursi Dekat Lorong

Memilih kursi bus AKAP yang nyaman bisa di dekat lorong. Kamu bisa duduk sambil merenggangkan kaki, dan lebih leluasa saat hendak keluar.

Kursi dekat lorong

Posisi ini juga membuat risiko terkena pecahan kaca ketika terjadi kecelakaan jadi lebih kecil. Juga risiko terkena benturan dari kendaraan lain, jauh lebih kecil daripada yang duduk di tepi jendela.

Dengan duduk di dekat lorong, kamu bisa memiringkan kaki sehingga lebih leluasa. Posisi ini cocok untuk orang-orang yang bertubuh tinggi. Sebab biasanya, jarak antara suatu kursi dengan kursi di depannya tidak terlalu jauh, jadi kaki seolah tertekan.

3. Kursi Deretan Tengah adalah Posisi Nyaman

Tiga lajur dari depan sampai tiga lajur dari belakang adalah posisi yang paling nyaman untuk perjalanan dengan bus. Inilah kursi deretan tengah yang nyaman.

Kursi tengah bus AKAP terbaik

Jika ingin perjalanan tidak terganggu saat memakai bus AKAP, kamu bisa memilih duduk di bagian tengah. Posisi tengah yang anteng ini disebabkan letak bangku yang ada di antara roda depan dan belakang. Hal ini membuat duduk di posisi tengah ini minim getaran, jadi cocok buat yang mau beristirahat selama perjalanan.

4. Naik Bus Double Decker, Pilih Deck Atas

Deck atas double decker

Bila kamu naik bus double decker, pilihlah deck atas, khususnya bila kamu ingin melihat pemandangan dari arah jalan, baiknya pilih kursi paling depan.

Bila ingin nyaman dan tidak merasakan goncangan, kamu bisa pilih kursi bagian tengah, minimal 3-4 lajur dari depan di deck atas. Posisi paling sedikit guncangan ada di bagian deck atas, deretan belakang.

Deck bawah juga cocok bagi kamu yang ingin beristirahat karena jauh dari tangga menuju deck atas dan posisinya ditengah bus tepat di belakang sopir dan kandang macan.

5. Pilih Kursi Bawah bila Naik Sleeper Bus

Sleeper bus memberikan kenyamanan dalam bepergian karena bentuknya yang menyerupai kapsul. Kursi sleeper bus bisa di-reclining hingga 135 derajat untuk sandaran tidur dan kaki bisa selonjoran dengan luas.

Pilihan kursi di bawah tidak membuat kamu harus naik tangga dibagian atas, tentunya membutuhkan effort yang besar untuk naik di kursi bagian atas. Keuntungan kursi dibagian atas adalah sedikitnya guncangan yang dirasakan.

Kursi sleeper bus AKAP

6. Kursi Pinggir Jendela Bagi Penikmat Pemandangan

Khususnya perjalanan pagi atau siang hari, memilih kursi dipinggir jendela adalah yang terbaik. Kamu bisa melihat pemandangan sepanjang perjalanan. Namun perlu diwaspadai, resiko terkena pecahan kaca ketika terjadi kecelakaan atau benturan dengan kendaraan lain.

Kursi dekat jendela bagi penikmat perjalanan bus AKAP

Berada dipinggir jendela cocok buat penikmat perjalanan yang sering mengabadikan foto selama perjalanan.

7. Kursi Single untuk Konfigurasi 2-1

Beberapa bus AKAP menyedikan bus premium dengan konfigurasi 2-1, seperti Royal Class DAMRI. Pilihkan kursi tunggal/single (sebelah kiri) agar kamu bebas dan nyaman selama perjalanan.

Kursi DAMRI Royal Class didesain seperti sofa dengan jarak antar kursi yang lega. Kursi single nya berada didekat lorong sehingga membuat leluasa ketika kamu ingin selonjor dan mempercepat akses keluar karena tidak ada penumpang disamping kamu (konfigurasi 2 kursi disebelah kanan).

Kursi Royal Class DAMRI

Beli tiket bus AKAP di Agen Fastpay atau melalui aplikasi Fastpay, kamu bisa memilih operator dan tempat duduk yang cocok buat kamu.

Nah, sudah tahukan posisi kursi yang cocok buat kamu bila bepergian menggunakan bus AKAP. Tentunya, keamanan dan kenyamanan juga menjadi pertimbangan selain dari bus AKAP juga dari awak bus dan pengemudi.

Semoga bermanfaat.

Terbuka Peluang Bisnis Agen Tiket dan PPOB

Bisnis tiket dan agen PPOB menjadi bisnis yang menguntungkan. Meski di masa pandemi, namun kebutuhan digital masyarakat Indonesia menjadi hal yang utama, seperti bayar tagihan, beli pulsa data internet, voucher game, top up saldo emoney atau kebutuhan beli tiket pesawat, kereta, bus AKAP, atau pengiriman barang.

Bus AKAP semakin banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia terutama di Jawa untuk kota-kota yang tidak dilalui kereta api atau tidak ada stasiun. Tiket bus AKAP bisa diperoleh dengan mudah di Agen Fastpay.

Bisnis Fastpay bisa dikelola oleh siapa saja dengan modal kecil. Kesempatan masih terbuka lebar untuk membuka bisnis PPON dan agen tiket bersama Fastpay.

__________

Tentang Bisnis PPOB dan Tiket Fastpay

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan modal kecil untuk bisnis PPOB dan bisnis pulsa Fastpay. Menjadi Loket Toko Modern Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB dan Agen Tiket Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/