Tarif Tol Jakarta-Surabaya Naik Jadi Segini

Tarif tol Jakarta-Surabaya naik untuk kendaraan golongan I. Tarif tol Jakarta – Surabaya menjadi Rp718.500. Kenaikan tarif beberapa ruas tol Jakarta-Surabaya berlaku mulai Kamis, 19 Agustus 2021 pukul 00.00 WIB karena adanya penyesuaian tarif di empat ruas Jalan Tol Trans Jawa.

Tiga ruas tol yang mengalami penyesuaian adalah jalan tol Batang-Semarang yang dikelola PT Jasamarga Semarang Batang, jalan tol Solo-Ngawi oleh PT Jasamarga Solo Ngawi, serta jalan tol Pasuruan-Probolinggo oleh PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol.

Dengan adanya tambahan kenaikan tarif pada 3 ruas tol ini, tentu akan mempengaruhi total biaya tarif perjalanan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan jarak jauh, seperti dari Jakarta menuju Surabaya, Malang, atau gerbang tol terakhir Probolinggo Timur.

“Perjalanan menggunakan tol Jakarta-Surabaya menghabiskan saldo e-toll Rp718.500”

Kenaikan tarif tol tol Batang-Semarang menjadi Rp86.000 (dari sebelumnya Rp75.000), tol Solo-Ngawi menjadi Rp100.000 (dari sebelumnya Rp91.000), sedangkan tol Pasuruan-Probolinggo menjadi Rp30.000 (dari sebelumnya Rp26.500)

Dasar penyesuaian tarif tol telah diatur Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan PP Nomor 30 Tahun 2017 tentang Perubahan Ketiga Atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Kenaikan tarif ini, merupakan tindak lanjut dari 3 surat keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR. Berikut 3 surat keputusan tersebut.

  • Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Nomor 777/KPTS/M 2021 yang terbit pada 16 Juni 2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Batang-Semarang;
  • Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Nomor 820/KPTS/M/2021 yang terbit pada 25 Juni 2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Solo-Ngawi;
  • Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Nomor 903/KPTS/M/2021 yang terbit pada 26 Juli 2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Pasuruan Probolinggo.

Tabel Tarif Tol Jakarta-Surabaya 2021 Terbaru

Tarif tol Jakarta-Surabaya ini berlaku untuk kendaraan golongan I yaitu sedan, jip, pick up/truk kecil, dan bus.

Pastikan saldo e-toll kamu cukup bila ingin menjajal Tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Surabaya. Isi saldo e-toll bisa di Loket Fastpay yang banyak tersebar di Indonesia atau menggunakan aplikasi Fastpay.

Rincian tarif tol Jakarta-Surabaya dalam infografik dibawah

Rincian tarif tol Jakarta-Surabaya 2021

Penghitungan tarif dari Jakarta dimulai dari Jakarta IC-Cikampek dengan tarif Rp20.000. Hitungan tarif tersebut juga belum termasuk dengan tarif tol dari tempat kamu berangkat di Jabodetabek.

Tarif tol Jakarta-Cikampek II Elevated untuk golongan I Rp67.500, dengan rincian tarif tol Jakarta-Cikampek Rp20.000 ditambah tarif Jakarta-Cikampek II Elevated Rp47.500

Peta tol Jakarta-Cikampek

Jalan tol Trans Jawa rute Jakarta-Surabaya mencapai 760 km dengan waktu tempuh rata-rata 10 jam saja. Jalur tol trans jawa menjadi salah satu tol terpadat yang pernah dibuat di Indonesia, terutama saat musim mudik tiba, keberadaan tol ini bisa mempersingkat perjalanan pemudik.

Nah, kamu sudah tahu rincian tarif tol Jakarta-Surabaya, siapkan saldo e-toll kamu cukup untuk perjalanan dari Jakarta-Surabaya melalui tol Trans Jawa.

Jangan lupa isi saldo e-toll Mandiri, BRI BRIZZI dan BNI TapCash bisa melalui Loket Fastpay disekitar kamu. Loket Fastpay adalah bisnis keagenan PPOB yang lengkap dan mudah dijalankan oleh siapa saja.

__________

Tentang Bisnis PPOB Fastpay

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis pulsa murah di Fastpay sangat menguntungkan. Tidak ada resiko dan modal kecil untuk bisnis PPOB dan bisnis pulsa Fastpay. Menjadi Loket Toko Modern Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

  1. Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.
  2. Sistem bisnis PPOB mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan
    Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  3. Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.
  4. Dan banyak keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/