Berbagai Pembayaran Cashless di Indonesia dan Kelebihannya

Sebarkan artikel ini

Pembayaran cashless atau tanpa uang tunai jadi tren tersendiri saat ini. Ada berbagai pembayaran cashless yang banyak digunakan masyarakat berikut kelebihannya masing-masing. Selengkapnya baca di sini!

Adanya kemajuan teknologi membuat banyak perubahan di berbagai bidang termasuk di bidang pembayaran. Awal mula sebelum dikenalnya uang, pembayaran dilakukan dengan barter barang yang nilainya diperkirakan setara. Namun, setelah keberadaan uang kartal sebagai pembayaran sah, uang tersebut jadi alat tukar barang yang digunakan masyarakat.

Nah, sekarang alat tukar barang mengalami perubahan dengan adanya pembayaran nontunai atau cashless. Saat ini cashless jadi tren tersendiri dan banyak digunakan orang karena kelebihannya. Kira-kira apa itu pembayaran cashless, macam-macam metode pembayaran, hingga kelebihannya? Simak di artikel ini

Apa Arti Pembayaran Cashless?

Ilustrasi-Pembayaran-Cashless-2 Berbagai Pembayaran Cashless di Indonesia dan Kelebihannya
Ilustrasi Pembayaran Cashless

Pembayaran cashless atau pembayaran non tunai adalah metode pembayaran yang tidak membutuhkan uang tunai fisik karena sudah tergantikan dengan sistem digital. Jadi bagi pengguna cashless payment atau pembayaran non tunai sudah pasti akan punya rekening bank sebagai sumber dana. Nantinya uang di rekening tersebut yang akan ditransfer saat melakukan pembayaran. Memang tidak nampak uang fisiknya tapi saat uang sudah beralih rekening, maka sama saja sudah terbayar tagihan belanja ataupun pembayarannya.

6 Pembayaran Cashless Paling Populer

Terdapat 6 pembayaran cashless yang ada di Indonesia yang masing-masing punya keunggulan dan karakteristiknya masing masing. Berikut ulasan singkatnya:

1. Pembayaran dengan Card (Debit & Kredit)

Transaksi dengan kartu debit maupun kartu kredit jadi salah satu metode pembayaran cashless yang banyak digunakan orang. Penggunaan kartu ini membuat pemegang kartu bisa membayar barang yang mereka beli dengan mudah. Cukup serahkan pada kasir dan mereka masukkan pin maka, akan langsung terbayar. Mereka pun hanya tinggal menerima struknya.

2. E-Wallet

Berkembangnya aplikasi e-wallet atau dompet digital jadi salah satu tren tersendiri saat ini. Banyak orang bisa menyimpan uang mereka di satu aplikasi untuk melakukan transaksi. Bahkan mereka juga bisa lakukan tarik tunai dan hal lain seperti investasi, dan pembayaran tagihan. Jadi sistem dari e-wallet ini memang mendigitalisasi dompet dalam handphone sehingga orang tidak perlu repot mengeluarkan dompet. Contoh e-wallet yang ada di Indonesia misalnya DANA, OVO, GoPay, ShopeePay, dan lainnya.

Baca juga : Beda E-Money dan E-Wallet, Sering Dikira Sama

3. E-Money

E-money ini sistemnya hampir sama dengan e-wallet tetapi tidak bisa ditarik tunai. Nominal uang di e-wallet hanya bisa digunakan sebagai alat pembayaran saja sesuai sistem yang ditentukan. E-Moeny seringnya berbasis chip dalam kartu yang kemudian kartu tersebut yang akan disentuhkan di mesin pembayar untuk membayar tagihan. Contoh e-money yang sering ditemui ada di KRL dimana pengguna KRL menggunakan kartu khusus untuk membayar tarif perjalanan.

4. Virtual Account

Metode cashless ini dibuat oleh bank untuk para pemilik rekening dimana bank akan membuat transaksi bisa dilakukan secara virtual. Penerapan pembayaran dengan virtual account akan membuat pemilik rekening menerima kombinasi angka unik sebagai kode pembayaran. Kode tersebut yang akan diteruskan oleh sistem untuk membayarkan tagihan yang ada. Saldonya tentu tetap dari rekening masing-masing pemilik. Contoh kode virtual account misalnya kode 8277+nomor handphone

5. QRIS

QRIS atau Quick Response Code Indonesian System adalah penyatuan berbagai kode QR penyedia jasa pembayaran di Indonesia. Jadi dengan adanya QRIS ini, para penjual atau pemilik usaha tidak perlu membuat banyak kode QR untuk pembayaran cashless. Cukup satu kode QR bisa untuk semua pembayaran mau itu e-wallet maupun mobile banking.

Baca juga : Kelebihan QRIS yang Cocok Dipakai oleh Pemilik Toko Kelontong

6. Pay Later

Terakhir ada pay later yang merupakan metode cashless dimana menyediakan pinjaman bagi penggunanya untuk bertransaksi non tunai. Nantinya pengguna pay later bisa mencairkan limit transaksi mereka dan kemudian digunakan untuk pembayaran. Namun, sebagai gantinya mereka tetap harus melunasi tagihan untuk menggantikan limit uang yang mereka ajukan ke penyedia jasa. Jadi konsep pay later inia dalah mengutamakan beli sekarang untuk bayar nanti dengan konsep cicil berbunga.

Contoh Penggunaan Pembayaran Cashless

Tanpa disadari cashless sekarang sudah banyak digunakan di kehidupan sehari-hari. Berikut contoh penggunaan pembayaran cashless yang akrab terjadi di masyarakat:

  1. Pembayaran transaksi e-commerce
  2. Pembayaran tagihan bulanan dan belanja
  3. Pembayaran parkir kendaraan
  4. Pembayaran tarif kendaraan umum
  5. dan tentunya masih banyak lagi

Kelebihan Pembayaran Cashless

Kelebihan-Pembayaran-Cashless Berbagai Pembayaran Cashless di Indonesia dan Kelebihannya
Kelebihan Pembayaran Cashless

Pembayaran cashless tentu punya kelebihan tersendiri dibanding pembayaran tunai. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Hemat waktu karena bisa selesai dalam beberapa detik
  2. Meminimalisir uang palsu karena transaksi dengan sistem bank dalam beberapa detik
  3. Tidak perlu mencari uang kembalian karena nominal uang yang dikeluarkan bisa sesuai dengan tagihan
  4. Terkadang banyak promo menarik dari penyedia jasa cashless
  5. Memudahkan pencatatan pengeluaran harian

Banyaknya hal yang harus diketahui tentang cashless ini membuat kita semua harus sadar bahwa cashless bisa jadi tren tersendiri. Kemudahan dan berbagai pilihan metode cashless jadi hal yang menarik tentunya. Nah, hal ini bisa jadi peluang bisnis tersendiri.

Peluang bisnis tersebut ada ketika misal Anda memiliki toko kelontong, maka Anda bisa memfasilitasi pelanggan untuk melakukan pembayaran secara cashless. Misal dengan menyediakan kode QRIS ataupun pembayaran e-wallet.

Baca juga : Begini Cara Anda untuk Lengkapi Layanan Toko Kelontong

Nah, Anda bisa memfasilitasi toko kelontong Anda untuk jauh lebih bisa mengikuti perkembangan digital dengan memodernisasi nya bersama Fastpay. Dengan jadi agen Fastpay Anda bisa melakukan banyak transaksi digital serta memfasilitasi pembayaran cashless. Belum lagi adanya komisi dan laba langsung di tiap transaksi produk digitalnya.

Fastpay menyediakan banyak produk digital yang bisa ANda tawarkan ke pelanggan selain produk unggulan sembako di toko kelontong Anda. Tunggu apalagi? Segera daftar sekarang!

ic_daftarfastpay Berbagai Pembayaran Cashless di Indonesia dan Kelebihannya

ic_temukan-di-googleplay Berbagai Pembayaran Cashless di Indonesia dan Kelebihannya

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.
– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari