Resmi Jadi Blank Spot, Kampung Suku Baduy Dalam Bebas dari Internet

Sebarkan artikel ini

Blank spot internet telah resmi diberlakukan di wilayah kampung suku Baduy Dalam di Banten. Warga Suku Baduy Dalam meminta adanya penghapusan jaringan internet di wilayah kampung mereka. Permintaan tersebut sudah diajukan sejak 8 Juni 2023 dimana Lembaga Adat Baduy mengirimkan surat pada Pemerintah Kabupaten Lebak untuk menghapus sinyal internet untuk wilayah Ulayat Baduy.

Akhirnya permintaan tersebut sudah direspon bahkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Pemutusan jaringan internet di suku Baduy Dalam dilakukan secara bertahap dan selesai pada pertengahan September 2023.

Berikut beberapa hal menarik tentang adanya blank spot internet di kawasan kampung suku Baduy Dalam:

Apa itu Blank Spot Internet

week-2-artikel-7-pic-1 Resmi Jadi Blank Spot, Kampung Suku Baduy Dalam Bebas dari Internet
Arti dari Blank Spot Internet

Sejak revolusi teknologi, ada banyak perkembangan baru dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah kehadiran internet yang membuat perubahan baru dalam berbagai aktivitas. Mulai dari aktivitas komunikasi hingga ekonomi.

Dengan internet konektivitas tingkat tinggi bisa dilakukan. Semua orang bisa saling terkoneksi untuk mendukung percepatan aktivitas mereka. Misalnya saja aktivitas ekonomi, penjualan barang bisa dilakukan secara online dengan membuat toko digital.

Pemasaran produk pun dilakukan secara online untuk menjangkau target pasar. Dilanjutkan lagi dengan pembayaran yang dilakukan secara digital hingga tracking pengiriman barang dengan jasa kirim barang.

Namun, ternyata tidak semua wilayah bisa mengakses internet. Wilayah tersebut dikenal sebagai blank spot yang didefinisikan sebagai wilayah dengan akses internet yang tidak memadai bahkan tidak ada akses internet di sana.

Karena tidak adanya akses internet, otomatis wilayah tersebut bisa saja terisolasi dari perkembangan teknologi. Mereka tidak bisa mengakses layanan yang terhubung dengan internet seperti kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.

Di Indonesia, warga suku Baduy Dalam meminta pada pemerintah untuk memutus jaringan internet di kawasan kampungnya. Jadi tidak ada warga yang bisa mengakses internet di sana.

Baca juga : Perbandingan Kecepatan Internet Indonesia dan Negara Lain

Alasan Wilayah Baduy Dalam jadi Blank Spot

Menurut keterangan dari Kepala Desa Kanekes di kampung suku Baduy Dalam, ada aturan hukum adat yang ketat terkait pemakaian barang-barang yang berbau teknologi.

Kawasan Baduy Dalam yang memang sejak dulu dikenal tidak memanfaatkan teknologi pun resah akan kehadiran internet. Hal ini karena ditakutkan ada para pengunjung dari luar Baduy Dalam yang mendokumentasikan tempat-tempat suci. Ketika aturan dilanggar di Baduy Dalam, maka berlakulah hukum karma.

Bagi masyarakat Baduy Dalam, ada beberapa hal terkait perkembangan teknologi termasuk adanya internet yang tidak sejalan dengan adat dan tradisi yang masih dilaksanakan. Warga suku Baduy Dalam memang dikenal hidup masih secara tradisional sehingga mereka hanya memanfaatkan apa yang ada di alam dan melanjutkan hidup mereka sesuai adat dan kebiasaan turun temurun.

Dampak Blank Spot terhadap Kegiatan Sosial dan Ekonomi

week-2-artikel-7-pic-2 Resmi Jadi Blank Spot, Kampung Suku Baduy Dalam Bebas dari Internet
Dampak Blank Spot internet bagi Kehidupan

Tidak adanya internet atau blank spot di suatu wilayah memang bisa memberikan dampak yang cukup signifikan di kehidupan masyarakat. Contohnya saja di sektor ekonomi dan pendidikan.

Di sektor ekonomi, alur transaksi hanya terjadi secara tradisional. Tidak akan ada pengembagan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Contoh pengembangannya antara lain pembukaan toko online hingga pengiriman kemana saja. Jadi secara tidak langsung kegiatan perekonomian akan stagnan mengikuti alur sebagaimana biasanya terjadi turun temurun dari generasi ke generasi.

Untuk sektor pendidikan tentunya ada akses yang terbatas untuk mencari sumber-sumber pendidikan. Apalagi saat ini banyak materi bisa diakses via online. Belum lagi program-program pengembangan diri dan persiapan karir juga banyak yang dilakukan dengan memanfaatkan internet.

Namun, kembali lagi melihat bagaimana tindakan suku Baduy Dalam yang begitu menghormati adat dan budaya lokal kita tetap harus menghormatinya. Hal itu tetap tidak jadi alasan untuk memberikan perlakuan yang berbeda untuk kesempatan dalam mengembangkan diri. Selama tentunya program yang diberikan pada mereka selaras dengan nilai-nilai adat.

Jadikan Internet sebagai Salah Satu Peluang Bisnis

Melihat adanya perkembangan teknologi termasuk salah satunya adalah keberadaan internet tentu kita harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Entah untuk kegiatan di bidang sosial, budaya, ekonomi, dan lainnya.

Baca juga : Bayar Langganan Internet MyRepublic dan Biznet Home di Fastpay

Salah satu cara memanfaatkan teknologi adalah dengan memulai bisnis digital. Salah satu bisnis digital yang bisa dimulai adalah dengan menjual paket internet. Anda bisa menjual produk paket internet kepada siapa saja yang sering mengakses internet sehari-harinya.

Penasaran caranya? Gabung di Fastpay jawabannya.

Daftarkan diri Anda di sini atau unduh aplikasinya di Google Play Store.

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari