Perbandingan Kecepatan Internet Indonesia dan Negara Lain

Sebarkan artikel ini

Kecepatan akses internet yang cepat dan handal tentu dibutuhkan oleh para penggunanya. Banyak aspek kehidupan yang saat ini erat kaitannya dengan akses internet seperti pendidikan, bisnis, komunikasi, hingga hiburan. Jadi tidak dapat dipungkiri bahwa kecepatan internet jadi hal yang penting untuk diperhatikan utamanya oleh pihak penyedia internet. Tentunya agar konsumen bisa merasakan kepuasan dalam menggunakan internet.

Seperti Apa Pengembangan Infrastruktur untuk Dukung Kecepatan Internet di Indonesia?

Sebelum kita membandingkan kecepatan internet Indonesia dengan negara-negara lain, mari kita lihat bagaimana perkembangan infrastruktur internet telah berlangsung di Indonesia.

Sejak awal tahun 2000-an, Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan konektivitas internetnya. Investasi dalam kabel bawah laut dan pengembangan infrastruktur telekomunikasi telah meningkatkan akses internet di berbagai wilayah di Indonesia.

Selain itu, penetrasi smartphone yang tinggi juga telah berdampak positif terhadap akses internet di Indonesia. Masyarakat Indonesia semakin mudah mengakses internet melalui perangkat seluler, yang mendorong pertumbuhan pengguna internet di negara ini.

Namun, meskipun ada perkembangan positif dalam infrastruktur dan akses internet di Indonesia, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi. Tantangan tersebut di antaranya seperti ketidaksetaraan akses di daerah pedesaan dan perkotaan serta kualitas layanan yang belum konsisten di seluruh wilayah.

Jadi melihat hal di atas, tentu perlu untuk segera meningkatkan infrastruktur pendukung internet di berbagai daerah. Utamanya untuk mereka yang ada di luar pulau Jawa agar tidak ada stigma Jawa Sentris di Indonesia. Karena seharusnya setiap warga negara berhak untuk punya hak menikmati layanan apapun termasuk internet yang punya kecepatan mumpuni.

Perbandingan Kecepatan Internet Indonesia dengan Negara Lain

week-4-artikel-8-pic-1 Perbandingan Kecepatan Internet Indonesia dan Negara Lain
Kecepatan Internet di Berbagai Negara

Dikutip dari databoks.katadata.co.id, berikut 10 negara dengan kecepatan internet tertinggi pada kuartal 2 tahun 2023 yang diukur oleh Speedtest:

  1. Uni Emirat Arab (UEA): 200,24 Mbps
  2. Qatar: 182,98 Mbps
  3. Kuwait: 152,98 Mbps
  4. Norwegia:143,83 Mbps
  5. Brunei Darussalam: 129,04 Mbps
  6. Korea Selatan: 125,28 Mbps
  7. Denmark: 122,30 Mbps
  8. Uruguay:116,36 Mbps
  9. Belanda:108,06 Mbps
  10. Tiongkok: 105,17 Mbps

Nah, lantas menurut kamu berapa kecepatan internet Indonesia dan ada di posisi berapa dunia kah kira-kira? Ternyata Indonesia punya kecepatan internet sekitar 22,99 Mbps dan ada di peringkat 99 secara dunia. Tentunya kecepatan tersebut tidak berlaku di semua wilayah karena ada perbedaan akses infrastruktur yang masih jadi pekerjaan rumah bagi penyedia jasa internet.

Upaya yang Bisa Dilakukan dalam Meningkatkan Kecepatan Internet Indonesia

Untuk meningkatkan kecepatan internet di Indonesia, perlu dilakukan investasi lebih lanjut dalam infrastruktur telekomunikasi, termasuk pengembangan jaringan 5G. Selain itu, pemerintah juga perlu berfokus pada mengatasi ketidaksetaraan akses internet di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam upaya meningkatkan kecepatan internet, kompetisi antara penyedia layanan internet juga sangat penting. Semakin banyak pilihan bagi masyarakat, semakin besar tekanan pada penyedia layanan untuk meningkatkan kualitas layanan mereka.

Belanja Paket Internet Bisa di Fastpay

Kendati dari segi kecepatan internet Indonesia memang belum terlalu unggul tetapi kebutuhan internet saat ini jadi salah satu kebutuhan utama. Oleh karena itu, kamu bisa belanja paket internet favorit kamu di Fastpay. Fastpay menyediakan berbagai paket internet dari beragam provider seluler.

Baca juga : Cara Menjadi Agen Pulsa dan Data Internet Murah Sukses Bersama Fastpay

Penasaran caranya? kamu bisa unduh aplikasinya di Google Play Store atau datangi mitra Fastpay di dekat rumah kamu. Menariknya bersama Fastpay kamu bisa membuka usaha dari rumah loh! Ada beragam layanan keuangan dan pembayaran digital yang disediakan oleh Fastpay. Karena Fastpay Apa Aja Ada!

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.

– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.

– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari