Perbedaan BI Fast dan Real-time Online dalam Transaksi Keuangan

Sebarkan artikel ini

Perbedaan BI Fast dan Real-time online ada di beberapa aspek mulai dari waktu transaksi, nominal, dan masih banyak lagi. Simak selengkapnya disini!

BI Fast dan Real-time online penting untuk diketahui perbedaanya. Hal ini karena walaupun keduanya sama-sama untuk menunjang transaksi baik itu transfer non tunai, tarik tunai, hingga bayar tagihan di marketplace/e-commerce tapi tetap ada perbedaan. Perbedaan tersebut yang membuat para pengguna transaksi keuangan digital via aplikasi maupun yang lainnya bisa memilih menggunakan BI Fast atau real-time online. 

Tentang Transaksi Keuangan di Bank

Transaksi perbankan berupa transfer uang ke rekening lain maupun ke rekber saat belanja online di marketplace tentu jadi hal biasa saat ini. Meningkatnya transaksi online tentu membuat infrastruktur keuangan harus siap dan sigap. 

Di Indonesia, ada dua metode yang paling sering digunakan saat transaksi online berlangsung baik via mobile maupun internet banking yakni BI Fast dan Real-time online. Kedua metode tersebut jadi penunjang transaksi untuk memberikan kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi. 

Lantas apa yang menjadi perbedaan keduanya? Manakah yang lebih menguntungkan?

Layanan Transfer Uang via BI Fast vs Real-time Online di Indonesia

Layanan-Transfer-Uang-via-BI-Fast-vs-Real-time-Online Perbedaan BI Fast dan Real-time Online dalam Transaksi Keuangan

Meluncurnya Layanan BI Fast di Indonesia

BI Fast merupakan infrastruktur atau metode pembayaran yang dapat memungkinkan transaksi terjadi saat itu juga bahkan tersedia setiap waktu selama 24/7. BI Fast ini sendiri termasuk dalam pengembangan sistem pembayaran nasional yang secara bertahap terus dikembangkan agar lebih mudah digunakan masyarakat berikut kelebihan yang dimiliki. Diluncurkan sejak 21 Desember 2021, transfer kekayaan dengan BI Fast mulai banyak dilirik oleh para nasabah bank. 

Dikutip dari FAQ seputar BI Fast di bi.go.id, kehadiran BI Fast diharapkan bisa mengintegrasikan pembayaran secara nasional di masing-masing perangkat digital secara end-to-end atau langsung ke pemilik rekening bank. Dengan ini para pengguna layanan BI Fast akan makin diberikan kemudahan transaksi tanpa perlu memperhatikan hari dan jam kerja. Perbedaan ini yang menjadi keunggulan tersendiri dibandingkan layanan real-time online

Keunggulan BI Fast : 

  1. Transaksi terjadi saat itu juga tanpa waktu tunggu
  2. Dapat digunakan melalui kanal mobile/internet banking serta kedepannya akan dikembangkan di QRIS, ATM, dan mesin EDC
  3. Lebih aman karena dilengkapi fitur fraud detection dan Anti-Money Laundering/AML, Countering Financing of Terrorism/CFT
  4. Penggunaan proxy address sebagai pengganti nomor rekening jadi lebih efisien

Kendati demikian belum semua bank di Indonesia yang sudah terdaftar dalam sistem BI Fast. Daftar bank yang sudah terdaftar di BI Fast bisa diakses di sini.

Baca juga : 7 Bank Digital Tanpa Biaya Admin, Cocok untuk Investasi

Layanan Real-time Online di Indonesia

Transaksi dengan metode real-time online mungkin sudah lama dilakukan dalam transaksi. Biasanya metode real-time online ini hadir saat transaksi ATM, mobile banking, dan internet banking. Jadi jangkauan layanan di real-time online ini cukup luas.

Dalam bertransaksi dengan metode real-time online, tetap membutuhkan nomor rekening untuk penerima dananya. Hanya saja dengan transaksi melalui real-time online terbatas waktu pelayanannya di jam 06.30-16.30 WIB. 

Cek Perbedaan Di Sini

Perbedaan antara BI Fast dan Real-time online terletak pada beberapa aspek yakni sebagai berikut:

1. Jam Operasional Layanan Transfer Dana

Perbedaan BI Fast dan Real-time online yang paling mencolok terlihat dari jam operasionalnya. Dengan BI Fast, para nasabah bisa lakukan transaksi dan transfer dana kapanpun mereka mau tanpa harus memperhatikan jam-jam tertentu. Berbeda dengan real-time online yang harus menyesuaikan jam dengan durasi yang terbatas pada 06.30-16.30 WIB. 

2. Kanal Transfer Dana

Transfer menggunakan BI Fast bisa menggunakan mobile banking dan internet banking. Bahkan kedepannya BI akan berencana mengoptimalkan kanal transfer dana dengan menggunakan QRIS, ATM, dan mesin EDC. Sementara untuk real-time online bisa menggunakan internet banking, mobile banking, dan agen laku pandai yang terverifikasi ijinnya. 

3. Batasan Nominal Transaksi

Jika transaksi menggunakan BI Fast, para nasabah bisa bertransaksi mulai dari Rp.1.000,- hingga Rp.250 juta setiap transaksinya. Sementara dengan real-time online minimal transaksinya Rp10.000,- hingga Rp25 juta. 

4. Akses Transaksi Dana

Untuk akses transaksi yang terjadi antara BI Fast dan Real-time online dapat dibedakan karena transaksi real-time online masih membutuhkan nomor rekening yang dituju. Sementara BI Fast hanya membutuhkan nomor handphone dan alamat e-mail sebagai pengganti dari nomor rekening.

Perbedaan akses ini menjadi pilihan tersendiri bagi masing-masing pengguna. Jika ingin lebih aman, maka disarankan untuk tetap menggunakan real-time online karena bisa mengecek nomor rekening yang dituju agar tidak salah transfer. Namun, jika memang dirasa butuh dana cepat bisa memilih menggunakan BI Fast. 

Baca juga : Jenis-Jenis Bank di Indonesia Berdasarkan Fungsi, Kepemilikan, dan Lainnya.

Keuntungan Bisnis Transfer Uang di Bank

Keuntungan-Bisnis-Transfer-Uang-di-Bank Perbedaan BI Fast dan Real-time Online dalam Transaksi Keuangan

Di tengah meningkatnya transaksi perbankan secara online, Anda bisa memanfaatkannya sebagai salah satu peluang bisnis. Dengan jadi agen laku pandai, maka berbagai transaksi perbankan keluarga dan orang-orang di sekitar Anda bisa selesai dalam waktu singkat. Anda pun juga bisa dapatkan keuntungan di setiap transaksinya dari komisi sebagai agen laku pandai. 

Ingin daftar jadi agen laku pandai terlengkap di Indonesia? Segera jadi Juragan Fastpay dan mulai bisnis digital perbankan bahkan layanan PPOB lainnya bersama Fastpay. Daftar jadi Juragan Fastpay pun mudah dan terjangkau modalnya tapi Anda tetap bisa dapatkan keuntungan yang kompetitif. Kapan lagi Anda bisa mulai bisnis dari rumah bahkan dimana saja pun bisa selama Anda terkoneksi dengan internet. Yuk daftar sekarang!

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.

– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.

– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari