Cara Cek Riwayat Kredit dengan Mudah

Sebarkan artikel ini

Cara cek riwayat kredit seseorang dengan mudah – Untuk pengajuan kredit ke bank, setiap orang pasti punya riwayat kredit. Riwayat kredit itu bisa jadi salah satu penilaian bank untuk bisa memberikan kredit.

Di artikel ini akan dibahas hal-hal tentang riwayat kredit dan cara ceknya yang bisa dilakukan dengan mudah. Pengecekan sekarang bisa dilakukan secara online dari website lembaga yang bersangkutan.

Penasaran caranya? Baca hingga akhir dan dapatkan juga informasi menarik terkait peluang bisnis.

Apa itu Cek Riwayat Kredit?

Pernah dengan istilah BI Checking? Jadi BI Checking adalah salah satu cara untuk melakukan pengecekan riwayat kredit seseorang di sistem informasi debitur Bank Indonesia. Namun, sejak 1 Januari 2018 sistem BI Checking sudah berganti nama jadi Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK. SLIK sendiri dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cek riwayat kredit sendiri adalah proses yang dilakukan lembaga keuangan di Indonesia untuk memeriksa dan melakukan evaluasi terhadap catatan kredit seseorang. Pastinya akan ada kemungkinan seseorang melakukan pinjaman ke bank atau lembaga keuangan lainnya. Jadi penting untuk dilakukan pengecekan untuk melihat bagaimana cara seseorang membayar kredit atau pinjaman yang mereka ajukan.

Adapun yang termasuk riwayat kredit seseorang meliputi catatan pembayaran, total kredit, riwayat kredit yang diajukan, keterlambatan pembayaran, dan permintaan kredit.

Jenis Pinjaman yang Masuk Riwayat Kredit

Dikutip dari ecatalog.sinarmasland, ada beberapa jenis pinjaman yang masuk dalam catatan riwayat kredit seseorang yakni:

1. Kredit Tanpa Agunan (pinjaman online)
2. Kredit Pemilikan Rumah
3. Kartu Kredit
4. Kredit Kendaraan Bermotor
5. Pinjaman Koperasi
6. Paylater (Kredit Konsumsi)

Jadi sebagai orang yang akan mengajukan kredit nantinya harus bisa memastikan dapat mengelola kredit dan membayar sebelum atau sesuai tanggal jatuh tempo agar tidak mempengaruhi kredit skor.

Baca juga : Penting! Baca Tips Berikut Sebelum Memutuskan untuk Menggunakan Kartu Kredit

Kategori Skor Kredit Bank Seseorang

week-3-artikel-10-pic-1-1-300x154 Cara Cek Riwayat Kredit dengan Mudah
Ilustrasi Skor Kredit Debitur
  • Skor 1 berarti kredit berjalan dengan lancar karena debitur membayar tagihan cicilan setiap bulan dengan bunganya sekaligus hingga lunas tanpa pernah ada tunggakan.
  • Skor 2 berarti kredit dalam perhatian khusus oleh OJK karena adanya tunggakan pembayaran kredit atau pinjaman selama 1-90 hari
  • Skor 3 berarti kredit dianggap tidak lancar karena adanya tunggakan yang dilakukan debitur dalam kurun waktu 91-120 hari
  • Skor 4 berarti kredit Anda sedang diragukan karena telah memiliki tunggakan cicilan tagihan utang atau kredit dalam kurun waktu 121-180 hari
  • Skor 5 berarti dianggap kredit macet karena telah menunggak selama lebih dari 180 hari dan tidak ada niatan untuk melakukan pelunasan.

Skor kredit di atas dapat memberikan pengaruh bagi debitur yang akan mengajukan pinjaman lagi. Karena dikhawatirkan tidak bisa melakukan pelunasan tagihan. Tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pemblokiran.

Cara Cek Riwayat Kredit Secara Online

Pengecekan riwayat kredit melalui SLIK OJK bisa dilakukan secara online dari rumah. Caranya adalah dengan mengunjungi laman https://idebku.ojk.go.id/Public/HomePage. Setelah laman terbuka barulah Anda bisa mengisi data diri yang diminta dengan benar dan lengkap. Pengajuan di laman idebku bisa untuk debitur perseorangan, badan usaha, hingga debitur yang telah meninggal dunia untuk diteruskan oleh ahli waris nantinya.

Pentingnya pembayaran angsuran atau kredit yang akan berpengaruh pada skor kredit perlu Anda perhatikan. Jadi pastikan tagihan Anda terbayarkan secara tepat waktu.

Baca juga : Cara Berlangganan Netflix Tanpa Kartu Kredit

Pembayaran berbagai tagihan kredit bisa dilakukan di aplikasi atau mitra Fastpay. Fastpay adalah awal Anda untuk mencapai kemerdekaan finansial. Anda bisa memulai bisnis digital keuangan di sana dan melayani berbagai kebutuhan masyarakat tentang pembayaran tagihan dan pembelian produk digital.

Penasaran dan ingin mencoba? Daftarkan diri Anda segera dengan klik link pendaftaran di bawah ini:

ic_daftarfastpay Cara Cek Riwayat Kredit dengan Mudah
Daftar Jadi Mitra Fastpay

 

ic_temukan-di-googleplay Cara Cek Riwayat Kredit dengan Mudah
Unduh Fastpay di Playstore

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari