Penting! Baca Tips Berikut Sebelum Memutuskan untuk Menggunakan Kartu Kredit

Sebarkan artikel ini

Saat Anda sudah bekerja dan menghasilkan uang sendiri tentu akan ada rasa bangga tersendiri yang membuncah dalam dada. Anda bisa merasa lebih bebas untuk menggunakan uang Anda tanpa harus merasa bersalah. Beragam inovasi manajemen keuangan pun kini telah tersedia dan banyak digunakan oleh masyarakat, terutama bagi yang sudah memiliki penghasilan. Salah satu hal yang sering dilakukan adalah dengan membuat kartu kredit .

Kartu kredit ini akan memberikan kemudahan bagi Anda dalam bertransaksi. Misalnya dalam melakukan pembayaran. Namun sayangnya, kenyatan menggunakan kartu kredit tidak semudah dan sesimpel itu.ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan kartu kredit. Tidak hanya sekedar untuk gaya-gayaan semata.

Nah oleh karena itu jangan gegabah menggunakan kartu kredit. Penting! Baca tips berikut sebelum menggunakan kredit. Penasaran apa saja ? simak penjelasan berikut ini!

  1. Pahami Fungsi Kartu Kredit

Sebelum Anda memutuskan untuk memakai kartu kredit ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu apa itu fungsi dari kartu kredit, sehingga Anda tidak hanya memakai kartu kredit tanpa mengetahui esensinya.

Fungsi kartu kredit tidak hanya sebatas untuk menggantikan uang tunai saja. Melainkan kartu kredit merupakan sebuah instrumen pinjaman. Dimana dalam pinjaman tersebut berlaku nominal dengan jumlah tertentu dalam waktu 30 hari. Setelah lewat masa tersebut, Anda wajib mengganti semua transaksi yang sudah Anda lakukan sebelumnya dalam bentuk tagihan.

Jadi, memakai kartu kredit sama saja dengan menggunakan kartu hutang. Dimana Anda diberikan pinjaman yang setelahnya harus Anda kembalikan. Sebaiknya Anda mengontrol perilaku konsumtif Anda saat memakai kartu kredit, jika tidak maka Anda sendiri yang akan bingung bagaimana cara membayar tagihan dari kartu kredit tersebut.

  1. Pahami Mekanisme Pembayaran Kartu Kredit

Selain sangat penting dalam memahami fungsi dari kartu kredit, selanjutnya adalah Anda harus memahami bagaimana mekanisme pembayaran tagihan kartu kredit. Anda hanya bisa melakukan pembayaran tagihan kartu kredit setelah tagihan tersebut telah diterbitkan.

Biasanya Anda akan diberikan jangka waktu tertentu untuk bisa melunasi tagihan tersebut. Anda bisa membayar melalui ATM ataupun langsung datang ke kantor yang bersangkutan.

Terdapat dua metode pembayaran yang bisa Anda gunakan. Pertama, pembayaran minimum. Yaitu, pembayaran dimana Anda bisa membayar tagihan kredit Anda dengan nominal minimum terlebih dahulu. Nominal minimum tersebut biasanya sudah ditetapkan oleh pihak yang bersangkutan (bank).

Sementara metode pembayaran yang kedua adalah dengan membayar full, yaitu Anda memilih melunasi semua tagihan yang sudah ditetapkan. Dari kedua metode ini, sebaiknya Anda memilih metode pembayaran full setiap bulannya.

Hal ini dikarenakan jika Anda membayar kurang dari tagihan, maka kekurangan tersebut akan diakumulasi ke bulan berikutnya dan akan menambah bunga. Selain disiplin, Anda juga dituntut teliti dalam menggunakan kartu kredit.

  1. Manfaat Kartu Kredit

Sebenarnya jika Anda bisa bijak dalam memakai kartu kredit maka Anda akan memperoleh manfaat tertentu. Disini manfaat berbeda dengan fungsi. Dengan menggunakan kartu kredit biasanya Anda akan memperoleh diskon saat berbelanja.

Selain itu, Anda juga akan menerima reputasi kredit. Yaitu akan memudahkan Anda ketika ingin melakukan pinjaman dari bank dalam waktu yang tidak direncanakan. Untuk bisa membangun reputasi kredit yang baik, maka Anda harus membayar tagihan tepat waktu dan disiplin.

  1. Memahami Pola Keuangan Anda

Setelah Anda memahami beberapa tips di atas, Anda juga harus paham bagaimana pola keuangan Anda. Bagaimana kebiasaan Anda mengelola uang. Anda tentu lebih paham tentang kebiasaan Anda tersebut jika dibandingkan dengan orang lain, tidak terkecuali pacar Anda.

Anda tentu sudah mengetahui bagaimana nilai dari diri Anda sendiri, apakah termasuk kategori orang yang suka menunda pembayaran hutang ataukah tidak, dan lain sebagainya. karena pada saat Anda memiliki kartu kredit maka Anda dituntut untuk disiplin dan pandai mengelola uang.

Bukan justru ketika menggunakan kartu kredit digunakan seenaknya sendiri, tanpa memikirkan bagaimana cara membayar tagihannya. Hal ini merupakan kesalahan yang fatal. Saat Anda memakai kartu kredit, Anda juga harus siap bagaimana cara membayar tagihannya. Karena kartu kredit ini menjadi salah satu yang kini menjadi tanggung jawab Anda.

Selain itu, Anda juga harus memiliki kebijakan apakah Anda akan rutin memakai kartu kredit dalam setiap transaksi belanja atau  hanya untuk kebutuhan darurat saja. Hal tersebut harus Anda pikirkan sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit agar nantinya Anda bisa lebih bijak dalam menggunakannya.

Nah, sebenarnya saat Anda memakai kartu kredit ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Hidup Anda akan jauh lebih mudah dan simpel. Anda tidak perlu lagi membawa banyak uang cash dalam setiap kali melakukan transaksi. Hanya dengan membawa selembar kartu, Anda bisa membeli apa saja yang Anda inginkan.

Namun yang harus Anda ingat, adalah kartu kredit ini menjadi tanggung jawab baru untuk Anda. Anda harus bisa bertanggung jawab atas seluruh tagihan yang dibebankan. Kunci utama dalam menggunakan kartu kredit adalah harus teliti dan disiplin.

 


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Penting! Baca Tips Berikut Sebelum Memutuskan untuk Menggunakan Kartu Kredit


Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya! 

facebook-sentra-bisnis-fastpay Penting! Baca Tips Berikut Sebelum Memutuskan untuk Menggunakan Kartu Kredit

Tim SBF