7 Brand Kecantikan Lokal yang Berkualitas, Ada yang Disangka Brand Luar Negeri

Sebarkan artikel ini

Industri kecantikan merupakan salah satu industri yang menarik untuk diikuti. Hal ini karena ada banyak sekali brand kecantikan yang bersaing untuk mendapatkan konsumen. Persaingan market share pun tentu tidak terelakkan.

Kualitas Brand Kecantikan Lokal

oktober-week-1-artikel-4-pic-1 7 Brand Kecantikan Lokal yang Berkualitas, Ada yang Disangka Brand Luar Negeri
Brand Kecantikan Lokal

Kualitas brand kecantikan lokal seringkali mencerminkan dedikasi yang tinggi terhadap produk-produk yang dibuat dengan penuh cinta dan perhatian. Brand-brand kecantikan lokal sering menggabungkan bahan-bahan alami, berdasarkan pengetahuan tradisional yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Mereka menekankan pada inovasi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, menciptakan produk yang tidak hanya mempercantik tetapi juga peduli terhadap kesehatan kulit dan lingkungan.

Selain itu, brand kecantikan lokal juga sering memiliki koneksi yang erat dengan komunitas lokal mereka, mendukung pengusaha kecil dan memberikan dampak positif pada ekonomi lokal. Contohnya saja penyerapan tenaga kerja produktif.

Dengan kualitas yang tidak kalah dengan brand internasional, brand kecantikan lokal menjadi semakin populer tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di seluruh dunia. Mereka adalah simbol kebanggaan dan inovasi dalam industri kecantikan.

Demi mendapatkan kepercayaan dari target pasarnya, tentu brand kecantikan lokal asli Indonesia tidak akan sembarangan dalam formulasi produknya. Sesuai dengan ketetapan yang berlaku, maka tentu brand lokal harus mendaftarkan produk-produknya ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Tentu tidak ingin terjadi hal seperti penarikan produk di pasaran karena adanya kandungan berbahaya dalam produk kecantikan baik skincare dan make up.

Baca juga : Apa itu Project S TikTok? Benarkah Ancam UMKM Lokal?

7 Brand Kecantikan Lokal dengan Kualitas yang Terjamin

1. Make Over

Make Over merupakan brand kecantikan lokal milik PT. Paragon Technology & Innovation yang mungkin sering dikira brand luar negeri. Produk-produk Make Over bahkan sering dipakai oleh para Make Up Artist karena kualitasnya.

Make Over sendiri disesuaikan untuk kulit masyarakat Asia yang tentunya punya beragam shade warnanya. Belum lagi ketahanan Make Over setelah dipakai semakin menjadikan brand ini jadi salah satu brand papan atas di industri kecantikan lokal.

2. Studio Tropik

Brand Studio Tropik merupakan brand lokal milik PT. Magna Labo Industri. Tentunya produk ini sudah terdaftar di BPM karena semua keterangan produk sudah bisa diakses di Website Cek Produk BPOM.

Studio Tropik sendiri memposisikan diri sebagai brand kecantikan yang menciptakan produk inovatif menggunakan bahan-bahan alami yang didukung dengan pemanfaatan teknologi. Produk-produk Studio Tropik bisa dibeli secara online di berbagai e-commerce.

3. Azarine

Azarine ternyata juga merupakan brand kecantikan lokal. Salah satu hal yang diingat tentang brand ini adalah menjadikan bintang Hallyu sebagai brand ambassador. Setidaknya ada dua bintang yang menjadi brand ambassador dari produk Azarine yakni Lee Min Ho dan Red Velvet.

Produk-produk Azarine sendiri beragam mulai dari facial wash, sunscreen, liptint, dan lainnya. Produk-produk Azarine telah terdaftar di BPOM dengan pendaftarnya adalah PT. Wahana Kosmetika Indonesia.

4. Somethinc

Sebagai salah satu brand lokal, Somethinc berusaha untuk mengambil porsi di market share industri kecantikan Indonesia. Brand ini telah banyak berkolaborasi dengan artis Indonesia dan mancanegara. Contohnya saja Vidi Aldiano dan NCT Dream.

Tentunya Somethinc telah terdaftar di BPOM dengan nama pendaftar adalah PT. Royal Pesona Indonesia. Untuk produknya diproduksi oleh PT. Cosmax Indonesia.

5. Avoskin

Brand Avoskin tumbuh dan berkembang sejak 2014 di Yogyakarta. Brand ini fokus untuk memproduksi produk skincare dan kosmetik yang menjaga kesehatan kulit wajah. Bahkan beberapa produknya pun aman untuk ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui.

Brand ini merupakan brand yang didaftarkan oleh PT. Avo Innovation Technology yang ada di Sleman, Yogyakarta. Untuk produsennya sendiri diproduksi oleh PT. Meiyume Manufacturing Indonesia.

6. Rose All Day

Walau menggunakan bahasa Inggris tapi brand Rose All Day merupakan brand lokal asli Indonesia. Brand ini berdiri sejak Agustus 2017. Pendirinya sendiri adalah 3 orang entrepreneur yakni TIffany Danielle, Samantha Wijaya, dan Cindy Gunawan.

Fokus Brand Rose All Day adalah untuk menghadirkan produk make up tapi saat dipakai oleh konsumen seolah seperti tidak memakai make up (no make up look). Brand ini telah terdaftar di BPOM dan didaftarkan oleh PT Rose Cosmetic Internasional yang ada di Jakarta.

7. MOP Beauty

MOP Beauty adalah brand milik beauty influencer, Tasya Farasya. Brand ini resmi berdiri sejak 2018 dan punya fokus untuk menghadirkan produk kosmetik kualitas tinggi. Karena Tasya Farasya adalah seorang beauty influencer, maka tentu Ia sangat memperhatikan setiap komposisi dari produknya. MOP Beauty telah terdaftar di BPOM, punya sertifikasi halal, dan bahkan vegan friendly.

Perang Menghadapi Brand Kecantikan Luar Negeri Terutama di E-Commerce

oktober-week-1-artikel-4-pic-2 7 Brand Kecantikan Lokal yang Berkualitas, Ada yang Disangka Brand Luar Negeri
Strategi Brand Lokal Menghadapi Brand Luar Negeri

Isu perang dagang tentu tidak bisa terelakkan. Apalagi produk-produk luar negeri tidak jarang ada yang memberikan diskon besar-besaran. Tentu jika diskon terus diberikan maka, konsumen akan tertarik mencoba dan ini akan dapat berpengaruh pada market share produk.

Kunci menghadapi perang dagang ini tentunya selain menetapkan strategi pemasaran yang tepat adalah menjaga kualitas produk. Konsumen tentu akan lebih memilih produk berkualitas dengan kandungan yang jelas dibanding hanya sekadar banjir promo.

Baca juga : Tiktok Shop Resmi Dilarang Jualan, Cuma Boleh jadi Tempat Promosi

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari