Yuk! Kenalan dengan Uang Elektronik (e-Money)

Sebarkan artikel ini

Perkembangan teknologi telah mempengaruhi berbagai ide kemajuan ekonomi Indonesia. Kali ini, inovasi pada instrumen pembayaran elektronik dengan menggunakan kartu telah berkembang menjadi bentuk yang lebih praktis. Saat ini di Indonesia sedang berkembang suatu instrumen pembayaran yang dikenal dengan uang elektronik atau e-money. Meskipun memiliki karakteristik yang sedikit berbeda dengan instrumen pembayaran lainnya seperti kartu kredit dan kartu ATM/Debit, namun penggunaan instrumen ini tetap sama, yaitu ditujukan untuk pembayaran.

Bank Indonesia mulai mengkampanyekan tentang penggunaan uang elektronik dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu tujuan utama yang ingin dicapai yaitu ‘kebebasan keuangan’. Artinya, pemerintah berharap akan semakin banyak masyarakat yang dapat mengakses layanan keuangan melalui perbankan. Hal ini dikarenakan bank dibidik untuk dapat meningkatkan kualitas perekonomian Indonesia.

Keberadaan uang elektronik diharapkan akan mendorong terwujudnya cashless society atau masyarakat dapat melakukan beragam transaksi atau pembayaran tanpa harus menggunakan uang fisik atau kontan (baik kertas maupun logam).

Uang elektronik dibedakan menjadi dua jenis menurut sistem pembayarannya, yaitu kartu kredit dan kartu prabayar. Teknologi kartu kredit memungkinkan penggunanya mendapat sejumlah uang dengan cara berhutang pada pihak bank tanpa perlu mengajukan permintaan peminjaman di setiap transaksi. Sedangkan kartu prabayar adalah kartu yang memungkinkan Anda untuk membawa uang dalam bentuk digital yang mana nominalnya telah Anda masukkan terlebih dahulu sebelumnya atau sering juga disebut sistem pulsa. Dengan kata lain, kartu kredit membawa uang yang akan Anda pinjam pada bank, sedangkan kartu prabayar adalah uang yang Anda miliki dalam bentuk digital.

Secara sederhana, uang elektronik didefinisikan sebagai alat pembayaran dalam bentuk elektronik, dimana nilai uangnya disimpan dalam media elektronik tertentu. Penggunanya harus menyetorkan uangnya terlebih dahulu kepada penerbit dan disimpan dalam media elektronik sebelum menggunakannya untuk keperluan bertransaksi. Saat digunakan, nilai uang elektronik yang tersimpan dalam media elektronik akan berkurang secara otomatis sebesar nilai transaksi. Apabila nilai uang sudah mulai habis, pengguna dapat melakukan isi ulang atau top up. Penggunaan uang elektronik ini sebagai alat pembayaran yang inovatif dan praktis ini diharapkan dapat membantu kelancaran pembayaran kegiatan ekonomi yang bersifat massal, cepat, dan mudah namun tetap aman. Sampai saat ini, uang elektronik sudah digunakan untuk kelancaran berbagai fasilitas umum seperti transaksi di jalan tol, kereta api maupun angkutan umum lainnya, atau transaksi di minimarket, food court, tempat parkir, dan masih banyak lagi.

Lalu, apa saja keunggulan uang elektronik ya?

Keunggulan uang elektronik adalah kita tidak perlu repot membawa uang kontan ke mana-mana. Selain itu kita tidak perlu lagi pusing menerima uang kembalian jika pedagang tidak mempunyai uang kembalian bernilai kecil. Bukan hanya itu, menggunakan uang elektronik juga sangat cocok untuk transaksi masal yang nilainya kecil namun frekuensinya tinggi, seperti pembelian pulsa, tol, transportasi, parkir, pemesanan fast food, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu, penggunaan e-money ini juga mulai merambah dunia bisnis. Artinya, siapapun bisa mendapatkan keuntungan berbisnis dalam bentuk uang elektronik. Artinya, untung dari bisnis akan diwujudkan dalam bentuk e-money. Salah satunya dengan Fastpay yang menyediakan 8 layanan dalam 1 aplikasi. Delapan layanan tersebut diantaranya layanan penjualan barang melalui toko modern online to offline, penjualan tiket, keagenan, layanan tour & travel, keagenan, pembayaran tagihan, pengiriman barang (ekspedisi), perbankan. Dengan bergabung bersama Fastpay, Anda bisa memulai delapan layanan bisnis tersebut dengan sangat mudah, biaya terjangkau, transaksi aman, dan pastinya ada komisi menguntungkan di setiap transaksi. Semakin banyak transaksi, semakin besar komisi yang Anda dapat. Komisi yang menggiurkan siap Anda miliki dalam bentuk e-money dan tentunya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan seperti berbelanja, isi ulang pulsa, pembayaran tagihan, dan masih banyak kemudahan lainnya menanti Anda.

Ayo tunggu apa lagi? Raih sukses berbisnis dan dapatkan keuntungan jutaan rupiah setiap bulannya dengan bergabung bersama Fastpay.

Daftarkan diri Anda sekarang juga di sini.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Yuk! Kenalan dengan Uang Elektronik (e-Money)

Tim SBF