Wow! Gamers Indonesia Tembus 34 Juta Orang. Ternyata Begini Alasannya!

Sebarkan artikel ini

Di era digital ini, permainan modern yang disebut sebagai game semakin meningkat di kalangan masyarakat, terutama bagi kaum milenial. Bahkan, bermain game sudah menjadi hobi bagi banyak orang utnuk mengisi waktu luang. Dengan beragam fitur yang membuat penggunanya keasikan, secara tidak langsung permainan ini juga membuat adiktif atau kecanduan bagi setiap penggunanya. Diiringi dengan perkembangan smartphone yang memiliki beragam keunggulan dengan harga terjangkau, kehadiran game nampaknya sudah menjadi aplikasi yang harus ada di setiap gawai.

hal ini ternyata juga mempengaruhi jumlah pengguna game di Indonesia terutama versi mobile atau yang sering disebut mobile game. Momentum positif bagi pembuktian potensi industri game di Indonesia makin tampak pada selama 2017 lalu. Hal tersebut bisa dilihat dari beragam peristiwa, seperti geliat perhatian investor kepada industri game, prestasi developer lokal di kancah internasional, hingga kolaborasi para pelakunya di bidang penerbitan.

Sebagai salah satu subsektor dalam industri kreatif di tanah air, ranah hiburan interaktif berbasis elektronik ini masih menjanjikan peluang besar, baik bagi para pemain lokal maupun pelaku industri global. Buktinya, jumlah gamer di Indonesia saat ini diprediksi sudah mencapai 34 juta orang. Dari jumlah tersebut, 19,9 juta diantaranya adalah gamer online berbayar dan rata-rata pengeluarannya mencapai $9,12 dolar. Mungkin masih banyak yang penasaran, kenapa dunia game di Indonesia semakin meningkat pesat? Berikut alasannya:

  1. Harga Smartphone yang semakin terjangkau

Tingginya pertumbuhan gamer saat ini tidak lepas dari penetrasi smartphone yang semakin terjangkau. Saat ini platform yang umum digunakan untuk bermain game adalah smartphone. Semakin terjangakau harga smartphone dan dilengkapi dengan fitur andalan yang memuaskan penggunanya, tentu saja hal ini juga dapat mempengaruhi kuantitas gamer di Indonesia. Data Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat, saat ini terdapat 24 perusahaan manufaktur komponen produk ponsel dan tablet di dalam negeri. Sementara itu, berdasarkan laporan e-Marketer, pengguna aktif smartphone di Indonesia akan tumbuh dari 55 juta orang pada tahun 2015 menjadi 100 juta orang tahun 2018. Dengan angka tersebut, Indonesia diprediksi akan menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah China, India, dan Amerika. Data ini juga tentunya akan mempengaruhi jumlah gamers di Indonesia karena dapat dengan dengan mudah dimainkan di smartphone.

  1. Koneksi internet makin lancar

Kecepatan koneksi internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Indonesia terus berupaya memperbaiki kualitas internet dengan melakukan penataan pita frekuensi di beberapa lokasi. Yang belakangan berhasil diselesaikan adalah penataan frekuensi 2,1GHz serta perluasan jaringan 4G hingga 5G. Program tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendukung pembangunan jaringan internet berkecepatan tinggi (mobile broadband) untuk kelancaran komunikasi dan segara aktivitas berbasis internet di Indonesia. Dengan kecepatan internet yang semakin baik, tentu saja aktivitas bermain game terutama game streaming semakin meningkat pula. Tak perlu khawatir koneksi terhambat karena koneksi internet yang baik juga akan mempengaruhi performa penggunaan game.

  1. Melepaskan stres

Banyak orang tidak dapat menghadapi kondisi yang benar-benar menantang dan menyebabkan stres, sehingga mereka cenderung mencari cara termudah yang bisa menghilangkan stres tersebut. Dengan bermain game, seseorang dapat mengurangi stres ataupun melupakannya untuk sejenak. Ketika seseorang sudah terhubung dengan permainan, maka orang itu sudah berada di dunia yang berbeda. Itulah mengapa banyak game dengan unsur hiburan, media komunikasi, pembelajaran, dan masih banyak fitur lain yang membuat gamers semakin betah.

  1. Penggunaan social media

Penggunaan social media ternyata juga bisa berpengaruh terhadap meningkatnya jumlah gamers di Indonesia. Semakin banyak informasi yang dimuat di sosial media, review dan bahasa game yang sering digunakan dalam komunikasi di sosial media, dan aktivitas lainnya ternyata turut berperan mempromosikan game tersebut menjadi semakin populer. Hasilnya, semakin banyak orang yang penasaran dengan permainan yang sedang banyak dibicarakan tersebut dan tak mau ‘kudet’ alias kurang update tentang semua hal yang sedang viral di dunia digital. Sehingga, kondisi ini juga mempengaruhi peningkatan gamers di Indonesia.

  1. Fitur game yang makin berkembang

Beragam fitur game khususnya mobile games yang semakin maju juga mempengaruhi minat masyarakat untuk menggunakannya. Bahkan saat ini, sudah banyak games yang berbasis sosial media, sehingga tidak hanya memainkannya, namun juga dapat berkomunikasi dengan lawan game secara online. Sehingga, selain puas bermain, gamers juga akan mendapat kenalan baru maupun teman ngobrol baru. Kemajuan lainnya yaitu semakin banyak game yang membutuhkan akun premium untuk dapat mengaktifkan fitur-fitur tertentu agar performanya semakin unggul sehingga dapat dengan lebih mudah mengalahkan lawan bermain. Dalam hal ini, gamers perlu untuk membeli voucher game sehingga bisa berselancar dengan performa jauh lebih unggul dibanding pengguna yang tidak menggunakan voucher (gratis). menariknya, pembelian voucher untuk bermain tidak menyurutkan minat penggunanya, justru saat ini semakin banyak orang yang berbondong-bondong membeli voucher untuk kelancaran bermain dan mendapatkan kepuasan saat bermain.

Dari fenomena menarik ini, tentu saja dapat menjadi peluang jika Anda atau keluarga Anda yang lainnya gemar bermain game versi mobile dan sering membeli voucher game. Sudah terbukti bahwa gamers di Indonesia semakin meningkat, dan semakin banyak pula orang yang butuh untuk membeli voucher di berbagai lokasi. Nah, inilah peluang besar bagi Anda untuk meraup untung, yaitu dengan menjual voucher game. Jadi, Anda atau keluarga Anda tidak hanya puas bermain game, namun dari hobi tersebut Anda bisa mendapat penghasilan tambahan. Tentu saja ini merupakan kesempatan emas untuk memperoleh penghasilan tambahan untuk keluarga. Lalu bagaimana caranya???

Cukup satu solusinya, yaitu menggunakan layanan bisnis Fastpay. Dengan menggunakan Fastpay, Anda dapat menjual voucher puluhan games yang sedang banyak diminati di masyarakat. Tidak hanya itu, setiap penjualan voucher, Anda akan mendapatkan komisi yang pasti menguntungkan. Bukan hanya voucher game, namun Anda juga dapat melakukan 8 layanan bisnis lainnya dengan sangat mudah hanya dalam satu aplikasi di handphone Anda. Sangat menarik kan?

Masih penasaran dengan Fastpay? Yuk simak ulasannya di sini dan di sini

Tunggu apa lagi? Raih kesempatan emas ini dan dapatkan penghasilan jutaan rupiah setiap bulannya hanya bersama Fastpay. Daftarkan diri Anda sekarang juga di sini.

 

Untuk update info lainnya, ikuti juga sosial media Fastpay:

Facebook: Sentra Bisnis Fastpay

Instagram: @Fastpay_Official

Blog: https://www.fastpay.co.id/blog/


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Wow! Gamers Indonesia Tembus 34 Juta Orang. Ternyata Begini Alasannya!


Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya! 

facebook-sentra-bisnis-fastpay Wow! Gamers Indonesia Tembus 34 Juta Orang. Ternyata Begini Alasannya!

Tim SBF