Penting! Ini Penyebab Tagihan Listrik Membengkak Padahal Pemakaian Wajar

Sebarkan artikel ini

Listrik telah menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi setiap orang. Tanpa listrik, semua orang pastinya tidak dapat menjalankan aktivitas dengan lancar. Penggunaan listrik tentu bukanlah suatu hal yang gratis karena kita harus membayar tagihan penggunaan listrik secara rutin setiap bulannya.

Tagihan listrik setiap bulan sering membuat jantung berdebar bagi sebagian orang, khawatir jika tagihannya membengkak, padahal sudah berusaha menghemat. Jika sudah membengkak, maka budget atau anggaran keuangan yang harusnya bisa digunakan untuk membeli kebutuhan lain akhirnya terpaksa direlakan untuk membayar tagihan listrik. Pasti sangat disayangkan.

Sesuai Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 28 Tahun 2016 tentang Tarif Tenaga Listrik yang Disediakan oleh PT PLN (Persero), formula penyesuaian tarif pelanggan non listrik hanya memperhitungkan perubahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, harga minyak mentah Indonesia (ICP) dan inflasi. Plus, formula baru yang juga akan mempengaruhi tarif listrik yaitu kenaikan harga batu bara, mengingat sumber energi pembangkit listrik terbesar di Indonesia berasal dari batu bara.

Di sisi lain, terkadang kita sering mengeluh kenapa tagihan listrik makin hari makin mahal padahal tidak ada pengumuman resmi tentang kenaikan tarif dasar listrik dan penggunaan listrik kita masih sama seperti biasanya. Kalaupun menggunakan peralatan listrik baru, biaya tagihannya menjadi berlipat ganda padahal harapannya tidak semahal itu.

Sebenarnya, besarnya tagihan listrik rumah tangga sebenarnya bukan hanya disebabkan Tarif Dasar Listrik (TDL) yang memang hampir tidak pernah turun dari waktu ke waktu. Di luar itu, kita juga harus menyadari adanya berbagai perilaku salah yang mengakibatkan pemborosan listrik. Oleh karena itu, hal pertama dan utama yang harus dilakukan yaitu dengan menghemat listrik. Meskipun sudah merasa menghemat listrik, kenapa tagihannya masih tinggi? Ternyata ada kebiasaan yang sering kita remehkan padahal berpengaruh signifikan terhadap tingginya tagihan listrik lho.

Kira-kira apa saja ya? Berikut ulasannya.

  1. Rutin Cek Meter kWh

Salah satu langkah paling mudah untuk mengetahui alasan pasti pembengkakan tagihan listrik di rumah kita yaitu dengan melakukan pengecekan pada meteran kWh setiap bulan. Kita bisa bandingkan meteran bulan sebelumnya dengan bulan ini. Semakin tinggi angka kWh, maka semakin tinggi pula biaya tagihan yang harus kita bayarkan. Jika terjadi kenaikan tagihan rekening listrik, artinya angka kWh meter atas penggunaan perangkat elektronik kita juga meningkat.

  1. Penggunaan Lampu yang Boros

Penggunaan lampu terkadang tidak kita sadari menjadi penyebab TDL membengkak. Nah, seiring perkembangan teknologi, kini berbagai jenis lampu pun tersedia untuk menerangi rumah kita. Namun sangat disarankan untuk menggunakan lampu LED karena Salah satu keuntungan dari menggunakan lampu LED adalah dari segi konsumsi energi nya yang cenderung lebih rendah sehingga mampu menghemat energi. Jadi jika ingin mengurangi biaya tagihan listrik yang, mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan lampu berjenis LED. Sebab, lampu jenis ini memiliki daya pemakaian listrik yang sangat kecil, dengan Watt-nya yang cenderung rendah, pastinya akan membuat tagihan listrik akan jauh lebih bersahabat disetiap bulannya. Dengan alasan itu, jangan heran jika lampu LED disebut-sebut dapat menghemat pemakaian energi listrik hingga 90 persen loh. Jangan lupa untuk memilih lampu LED yang kredibel dan terpercaya dengan kualitas yang baik, jadi jangan terkecoh dengan lampu LED harga murah tapi kualitasnya murahan juga.

  1. Rice Cooker dan Dispenser yang tak pernah mati

Rice cooker telah menjadi salah satu alat elektronik yang sangat membantu dalam aktivitas sehari-hari karena kita bisa memasak dan menghangatkan nasi dengan lebih mudah dan cepat. Tapi ternyata, rice cooker juga bisa menjadi biang tagihan listrik yang bengkak, lho. Begini perhitungannya:

Bila dalam sehari rice cooker memanaskan nasi selama 10 jam, dan itu terjadi sepanjang hari selama sebulan, maka pemakaian listriknya adalah :77 W x 10 jam/hari x 30 hari/bulan = 23,1 kWh per bulan. Kemudian kita tinggal mengalikan dengan TDL di rumah kita, pasti lumayan biayanya. Ini baru rice cooker saja ternyata sudah memakan banyak energi ya.

Untuk pemakaian rice cooker, sebaiknya memakai termos nasi saja. Bila ingin mengonsumsi nasi hangat, kukus dulu sebentar menjelang waktu makan. Bayangkan saja, hanya untuk sedikit kerepotan tersebut kita bisa menghemat puluhan ribu rupiah kan?

Hal yang sama juga perlu kita lakukan untuk dispenser. Sebaiknya menyambungkan dispenser ke listrik hanya jika kita butuh saja, bukan dicolokkan ke listrik seharian, karena akan sia-sia. Apalagi daya yang listrik yang dibutuhkan untuk alat satu ini yaitu sekitar 80-450 Watt. Jika kita ingin bepergian untuk beberapa jam misalnya, sebaiknya kita pastikan dispenser maupun rice cooker juga dicabut ya.

  1. Setrika Semakin Panas Bikin Kantong Makin Bolong

Untuk merapikan baju yang lusut, tentunya kita memerlukan setrika untuk menghaluskan dan merapikan baju yang akan kita pakai. Suhu setrikaan yang tidak diatur dengan tepat akan menyedot banyak daya. Hal ini berlaku bagi suhu setrikaan yang terlalu tinggi maupun rendah. Tak tanggung-tanggung, setrika listrik pun menyedot sekitar 300 watt. Nah, caranya untuk menghemat penggunaan setrika yaitu dengan mengatur suhu setrika sesuai dengan bahan kain agar lebih efektif menyetrika baju serta menghemat enegrgi listrik.

  1. TV Nonton Kita Tidur

Masih banyak orang yang secara tidak sadar melakukan hal ini. Awalnya semangat nonton, akhirnya tanpa sadar tertidur dan lupa untuk mematikan TV. Jadinya, TV yang menonton kita tidur, dan hal itu bisa saja terjadi pada waktu lama tergantung seberapa lama kita tertidur di depan alat elektronik visual ini. Kebiasaan ini menjadi salah satu pemicu kenaikan TDL rumah kita. Tipsnya yaitu mulailah menonton TV ketika kita benar-benar ingin menonton, kalaupun sudah merasa sangat ngantuk, pastikan matikan TV sesegera mungkin. Tips lainnya yaitu kita bisa juga menggunakan TV LED yang tidak banyak menggunakan energi listrik agar lebih hemat.

  1. Lupa Cabut Colokan Listrik

kebiasaan satu ini juga sering kali terjadi di rumah kita. Saat melakukan charging handphone atau laptop misalnya, kita langsung meninggalkan charger di tempat colokan listrik, entah karena lupa, buru-buru, atau bahkan terkadang sengaja melakukannya agar lebih gampang ketika membutuhkannya. Padahal kebiasaan ini juga berpengaruh pada pemborosan penggunaan daya listrik loh. Bayangkan saja, beragam charger maupun colokan lain masih tertancap ketika tidak kita gunakan, pasti sangat sia-sia kan? Akibatnya tagihan bulanan kita membengkak dan kita harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membayar tagihan. So, cobalah cabut charger atau colokan lainnya yang masih tertempel pada sumber listrik ketika sedang tidak kita gunakan. Selain agar ruangan lebih rapi dan kabel tidak berserakan, biaya tagihan listrik pun bisa dihemat.

  1. Sering Lupa Bayar Tagihan, Kena Denda deh!

Nah, yang satu ini menjadi masalah non-teknis sebenarnya. Banyak orang yang sibuk sehingga lupa untuk membayar tagihan listrik bulanan yang harus dibayarkan tepat waktu. Resikonya yaitu jika terlambat membayar tagihan, maka kita harus membayar denda dengan jumlah yang tidak murah. Semakin sering lupa, semakin tinggi pula denda yang harus dibayarkan. Masalah lain yang membuat kita lupa untuk membayar adalah karena jarak loket pembayaran tagihan listrik yang cukup jauh dari rumah kita, sehingga memakan waktu dan tenaga untuk melunasi tagihan listrik.

Nah, biar tak perlu repot dan pusing untuk membayar tagihan listrik, coba deh untuk membuka bisnis dari kesulitan itu. Caranya dengan menjadi Agen pembayaran listrik untuk siapa saja termasuk saudara, tetangga, kerabat dan sahabat kita. Setiap transaksi kita akan mendapat komisi menarik dan pasti menguntungkan. Jadi, siapapun tak perlu lagi repot lupa bayar listrik atau mengeluh loket listrik yang jauh. Ayo! Ambil kesempatan menggiurkan ini hanya bersama Fastpay. Dengan bergabung bersama Fastpay, kita dapat menikmati beragam manfaat dan fasilitas hanya dalam satu layanan lho. Tunggu apa lagi? Bergabunglah dengan Fastpay sekarang juga di sini!


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Penting! Ini Penyebab Tagihan Listrik Membengkak Padahal Pemakaian Wajar

Tim SBF