Peluang Usaha Sampingan PNS

Sebarkan artikel ini

Pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) mungkin merupakan pekerjaan impian sebagian besar orang Indonesia. Status pekerjaan yang tetap ditambah sejumlah tunjangan yang cukup menjanjikan menjadikan PNS jadi pekerjaan idaman. Tapi, kenyataan tak selalu berjalan sesuai harapan. Terkadang, gaji sebagai seorang PNS belum mencukupi kebutuhan sehingga butuh usaha sampingan untuk menambah penghasilan.

Meskipun jelas bisa menambah penghasilan, namun banyak PNS yang masih pikir panjang untuk segera memulai usaha sampingan PNS. Berbagai pertimbangan jadi penghambat tindakan. Apakah memang menjalankan bisnis sampingan kantoran sesusah yang dibayangkan?

Hambatan memulai usaha sampingan bagi PNS

Ada banyak hambatan yang mungkin Anda alami sebelum mengambil keputusan. Berikut di antaranya:

  1. Ragu
    Masalah pertama yang dihadapi PNS untuk menjalankan bisnis sampingan kantoran adalah ragu. Penyebab ragu juga banyak ragamnya. PNS umumnya bekerja Senin-Jumat dan memanfaatkan hari Sabtu dan Minggu sebagai waktu istirahat. Namun, jika Anda bertekad menjalani usaha sampingan PNS, terpaksa waktu istirahat tersebut harus direlakan, diganti dengan tetap bekerja menjalani bisnis sampingan.
  2. Modal
    Dalam menjalankan bisnis apa pun itu, modal selalu jadi halangan. Terlebih bagi para PNS yang memiliki gaji pas-pasan. Mungkin meminjam uang bisa dilakukan sebagai modal awal, namun ketakutan rugi dan gagal mau tidak mau harus selalu jadi bahan pertimbangan. Mendapatkan modal pun bukanlah perkara yang mudah. Wajar jika modal selalu jadi masalah.
  3. Waktu
    Terkadang, meskipun sudah punya cukup modal, Anda akan memikirkan soal waktu yang harus Anda sisihkan untuk menjalankan bisnis sampingan. Membagi waktu menjalankan pekerjaan utama dan bisnis sampingan adalah poin terberat yang harus Anda atasi jika benar-benar ingin menjalankan bisnis yang menguntungkan.
  4. Stres
    Anda sangat mungkin merasa stres di tempat kerja utama. Menjalankan bisnis sampingan mungkin terdengar seperti hanya akan menambah beban pikiran. Tak heran jika Anda perlu mempertimbangkan peluang menjalankan bisnis sampingan. Terlebih jika Anda merupakan orang yang mudah tertekan. Bukannya mendapat penghasilan tambahan yang dibutuhkan, bisa-bisa Anda harus mengeluarkan biaya lainnya karena stres akibat pilihan Anda.
  5. Kesehatan
    Menjalankan bisnis sampingan PNS mau tak mau akan menguras waktu dan pikiran. Hal ini sangat mungkin berdampak pada kesehatan. Terlebih jika Anda sering telat makan saking banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Jika selama ini Anda punya riwayat sakit-sakitan, mungkin kesehatan patut jadi kekhawatiran.

Solusi untuk memulai usaha sampingan bagi PNS

Kesulitan dalam menjalankan bisnis sampingan pasti selalu ada dan sudah kewajiban Anda untuk bisa mengatasinya. Khususnya apabila Anda serius dengan keinginan memulai usaha sampingan sebagai penunjang finansial. Faktanya, masih banyak peluang usaha sampingan yang bisa Anda manfaatkan, salah satunya adalah Toko Modern FastPay.

Siapa yang tidak tertarik membuka bisnis sampingan yang mudah dan juga menguntungkan? Itulah yang saat ini ditawarkan oleh FastPay, bisnis terbaik, termudah, dan paling menguntungkan yang bisa Anda manfaatkan. Lengkapnya layanan yang disediakan akan membuka peluang besar-besaran bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah perbulan.

Di FastPay, dalam satu bisnis Anda bisa menyediakan tujuh layanan sekaligus. Berikut daftarnya:

  • Layanan Penjualan Barang
    Menyediakan ratusan ribu macam barang yang sudah siap jual dan tidak perlu distok.
  • Layanan Tiket dan Reservasi
    Berbagai reservasi tiket moda transportasi disediakan di sini, mulai dari pesawat, kereta api, kereta bandara, kapal PELNI, bus, hingga hotel terlengkap di Indonesia.
  • Layanan Tour dan Travel
    Berbagai paket wisata mulai dari paket wisata eksotis hingga ribuan paket wisata domestik dan mancanegara bisa ditemukan di sini.
  • Layanan Pembayaran Tagihan
    Layanan berbagai pembayaran mulai dari tagihan PLN, BPJS, PDAM, telepon dan internet, pulsa dan paket data, voucher game, mulifinance, asuransi, hingga kartu kredit.
  • Layanan Keagenan
    Layanan satu ini menyediakan beragam layanan, mulai dari SMS masking, agen asuransi, agen iklan (baik online maupun offline), agen koran, agen leasing, hingga agen TV berlangganan.
  • Layanan Perbankan
    Berbagai kegiatan perbankan bisa dilakukan di sini dengan mudah, mulai dari pembukaan rekening baru, setor tunai, tarik tunai, hingga pencairan dana.
  • Layanan Ekspedisi
    Outlet FastPay dapat melayani pengiriman barang serta dokumen.

Jangan ragu untuk memulai sekarang juga karena punya usaha sampingan sangat pantas Anda coba. Segera daftarkan diri Anda dan jalankan usaha sampingan PNS yang dijamin menguntungkan. Mendapat penghasilan tambahan yang mencukupi kebutuhan kini tak lagi sekedar impian dan angan-angan. Good luck!

banner Peluang Usaha Sampingan PNS

Tim SBF