Memulai usaha modal kecil yang menarik untuk dijalani semua kalangan

Sebarkan artikel ini

Apasih alasan Anda ingin membuka usaha sendiri? Karena ingin belajar menjadi pengusaha? Untuk tambahan penghasilan? Atau untuk membantu keluarga kita dirumah? Pastinya setiap individu memiliki alasan masing-masing mengapa ia ingin memulai peluang tersebut. Hal itu dikarenakan kebutuhan yang kian hari makin meningkat dan ia dapat melihat sebuah peluang yang bagus untuk berbisnis. Jika Anda adalah orang yang kreatif, pastinya akan memanfaatkan segala yang sudah ada menjadi hal baru dan menarik. Hal tersebut tak perlu muluk-muluk hingga memerlukan modal yang besar.

Lalu apakah usaha modal kecil harus memiliki skill khusus?

Jika Anda berfikir kesuksesan seseorang tergantung dari latar belakang pendidikan, hal itu tidak sepenuhnya benar. Kunci kesuksesan adalah jeli melihat peluang dan tekun terhadap apa yang kita mulai. Seperti Eka Tjipta Widjaja, beliau merupakan salah satu pengusaha tersukses di Indonesia pemilik dari Sinar Mas. Dengan latar pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) ia mampu menjadi salah satu orang berpengaruh di Indonesia.

Beliaupun mengawali bisnisnya dengan menjual gula dan biskuit yang dibelinya secara grosir. Dari pengalaman-pengalaman usaha yang pernah dijalani beliau banyak belajar mengenai berbisnis, tampa skill khusus dan bermodalkan pengalaman ia memaksimalkan kekurangan menjadi proses pembelajaran.

Apakah menjalankan bisnis seperti itu tidak berisiko di jaman yang serba modern saat ini?

Tidak ada hal yang berisiko untuk semua hal yang sedang di bangun, justru yang tepat adalah bagaimana kita mengsiasati resiko tersebut dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan mengikuti tren konsumtif masa kini. Banyak yang mengira sebagai wiraswata maupun wirausaha hanya memiliki sedikit peluang untuk bersaing dengan pasar.

Maraknya usaha waralaba modal besar seperti minimarket membunuh peluang para pemodal kecil. Padahal, telah ada perusahaan financial technogy (fintech) yang mengembangkan teknologi untuk menunjang persaingan para pemodal kecil.

Bisnis rumahan tidak boleh diremehkan!

Bayangkan jika Anda memiliki sebuah bisnis rumahan seperti toko kelontong mampu bertransformasi selayaknya minimarket. Tak hanya menjual kebutuhan pokok dengan harga terjangkau namun juga difasilitasi oleh banyak pelayanan yang menunjang dengan sistem pembayaran online. Inovasi-inovasi seperti inilah yang dapat menyetarakan keberadaan toko kelontong di jajaran bisnis waralaba modal besar seperti minimarket.

Dengan mengikuti tren pasar saat ini, sebuah bisnis modal kecil sekalipun dapat bersaing menjadi toko serba ada. Beberapa cara agar  bisnis toko kelontong yang menggunakan sistem pembayaran online, antara lain:

  1. Bisnis Jual beli Online

Bisnis jual beli online sangat booming di sepuluh tahun terakhir ini. Tak main-main omset yang diterima pun hingga jutaan rupiah. Tak jarang banyak sekali orang melirik bisnis ini sebagai usaha sampingan, bahkan jika sudah mahir bisa menjadi bisnis utama mereka. Yang menjalankan pun bisa semua kalangan usia hanya perlu mengetahui teknik dasar memanfaatkan media sosial dan aplikasi jual beli. Bisa terbayangkan bagaimana keuntungan yang diterima jika toko kelontong Anda dapat melakukan jual beli online?

  1. Bisnis Pulsa

Bisnis Pulsa merupakan bisnis yang bisa dilakukan dimana saja, baik offline dengan mendirikan sebuah konter Pulsa ataupun mobile hanya dengan bermodalkan handphone saja. Tak jarang seseorang dengan segala profesi dan usia berapapun menmanfaatkan peluang ini sebagai kesempatan yang bagus karena modal yang digunakan tidak banyak dan dapat dilakukan secara fleksibel.

  1. Jasa Ekspedisi

Seiring dengan peningkatan jasa jual beli online, jasa ekspedisi kini juga mendapatkan imbas yang sangat positif. Pengiriman barang dengan menggunakan agen ekspedisi kini menjadi salah satu fungsi utama transaksi online / offline. Dengan kemudahan jasa ekspedisi inilah penjualan dekat maupun jauh hingga lintas pulau semakin mudah dan aman.

  1. Bisnis Travel dan Tiket Perjalanan

Pasti banyak yang tidak bisa mengira bahwa toko kelontong dapat melakukan proses pemesanan travel dan tiket kereta api/pesawat kan? Apa jadinya jika toko Anda dapat melakukan hal ini? Pasti akan sangat menarik bukan? Anda pun tidak perlu khawatir memikirkan masalah lokasi, karena dengan toko kelontong mesanan travel dan tiket perjalanan dapat dilakukan.

  1. Pembayaran Bulanan PPOB (Payment Point Online Bank)

Jika biasanya pembayaran PPOB seperti tagihan listrik. PDAM, BPJS, TV berlangganan, kredit Bank dll dilakukan pada loket resmi instansi, Andapun kini bisa menjadi loket resmi pembayaran bulanan tersebut. Bayangkan kemudahan yang didapat oleh konsumen jika dapat melakukan transaksi tersebut di setiap bulannya.

Bagaimana jika pembayaran itu semua dapat dilakukan oleh sebuah toko kelontong?? Apa jadinya jika toko kelontong Anda menjadi serba ada? Akan menguntungkan bukan? Semua kemudahan tersebut bisa Anda rasakan dengan menjadi Mitra Fastpay! Bermisi untuk mengedepankan binis rumahan agar mampu bersaing dengan bisnis waralaba besar menjadikan Fastpay sebagai aplikasi pembayaran dan jual beli online terpecaya masyarakat. Cukup dengan melakukan banyak transaksi menggunakan Fastpay, Anda pun akan mendapatkan komisi hingga jutaan rupiah!

Tim SBF