Kode Nomor Prefix Operator di Indonesia Wajib Tahu

Sebarkan artikel ini

Provider telekomunikasi di Indonesia ada 6 dengan setiap provider memiliki daftar kode nomor prefix operator seluler sendiri. Kode nomor operator bisa terlihat di empat digit awal nomor telepon. Kode tersebut sering disebut sebagai kode prefix yang menunjukkan identitas nomor HP masing-masing provider.

Kode prefix itu terdiri dari 4 digit angka yang unik. Berfungsi untuk mempermudah ketika seseorang ingin mengetahui jenis operator yang dipakai. Apalagi dengan jumlah perangkat seluler di Indonesia pada 2022 mencapai 370,1 juta.

Data dan Fakta

  • Jumlah total ponsel prabayar di Indonesia mencapai 340 juta.
  • Banyak orang memiliki lebih dari satu ponsel dan satu nomor yang digunakan.
  • Telkomsel masih menjadi operator dengan jumlah pengguna nomor prabayar terbesar.

Dengan jumlah 340 juta ponsel menggunakan nomor prabayar, mengetahui kode nomor prefix operator adalah hal wajib bagi para agen pulsa atau counter pulsa untuk mengisikan pulsa atau paket data.

Kenapa Nomor Awal Berbeda-beda?

Peranyaan yang sering diajukan, kenapa nomor awal berbeda-beda? Bahkan provider yang sama bisa punya banyak nomor. Kode prefix dijadikan sebagai identitas kamu ketika menggunakan suatu provider dan kartu yang digunakan.

Selain itu, provider juga mengelompokan beberapa jenis layanannya sesuai jenis kartu, prabayar atau pascabayar. Sehingga setiap jenis layanannya tersebut mempunyai kode prefix yang berbeda-beda.

Lebih jelasnya kode nomor prefix apa saja yang ada sekarang ada di bawah sesuai nama operator.

1. Kode Prefix Telkomsel

Telkomsel bisa dibilang provider dengan pengguna paling banyak di Indonesia. Ada sekitar 165 juta pelanggan prabayar Telkomsel. Telkomsel mampu menjangkau jaringan yang luas, baik daerah kota sampai ke pelosok. Selain itu sinyal dari provider ini juga sangat stabil.

Bagi kamu yang belum tahu semua nomor awalan produk Telkomsel hingga muncul pertanyaaan “0852 nomor apa?”, “0811 nomor apa?” atau “0822 kartu apa sih?”

FYI, Telkomsel punya beberapa produk prabayar dan pascabayar, yaitu Kartu AS, Simpati, Loop, Halo, dan By.u. Masing-masing produk perdana Telkomsel punya nomor prefix sendiri.

Selengkapnya kode prefix Telkomsel bisa dilihat di bawah.

KODEJENIS KARTUKETERANGAN
0852Kartu AS12 digit angka
0853Kartu AS12 digit angka
0811Kartu Halo10 sampai 11 digit angka
0812Kartu Simpati atau Halo11 sampai 12 digit angka
0813Kartu Simpati12 digit angka
0821Kartu Simpati12 digit angka
0822Kartu Loop12 digit angka
0823Kartu AS12 digit angka
0851Kartu AS atau By.uPengganti provider Flexi yang sudah diakusisi

2. Kode Prefix Indosat Ooredoo

Indosat mempunyai sekitar 60,4 juta pelanggan prabayar (belum ditambah 3 merger dengan Indosat).

Indosat Ooredoo terkenal dengan harga paket internet murah, sehingga jangkauan kartu perdana ini kebanyakan adalah anak muda. Indosat punya empat produk kartu prabayar dan pasca bayar yaitu Mentari, IM3, IM2 dan Matrix.

KODEJENIS KARTUKETERANGAN
0855Matrix10 digit angka
0856IM310 digit angka (limited edition). 11 - 12 digit angka
0857IM312 digit angka
0858Mentari12 digit angka
0814Indosat M212 digit angka
0815Matrix atau Mentari11 - 12 digit angka
0816Matrix atau Mentari11 - 12 digit angka

3. Kode Prefix XL Axiata

Pengguna XL secara total mencapai 57,9 juta dengan rincian 55,54 juta pelanggan prabayar dan 1,7 juta pelanggan pascabayar.

Provider XL Axiata mempunyai pengguna terutama di daerah perkotaan, karena punya tingkat stabilan yang cukup tinggi dan stabil. Selain itu harganya pun cukup terjangkau dengan berbagai banyak paket internet yang bisa menjadi pilihan.

Kode nomor prefix operator XL Axiata sebagai berikut:

KODEJENIS KARTUKETERANGAN
0817Prabayar dan Explor10 - 12 digit angka
0818Prabayar dan Explor10 - 12 digit angka
0819Prabayar dan Explor10 - 12 digit angka
0859Prabayar dan Explor12 digit angka
0877Prabayar dan Explor12 digit angka
0878Prabayar dan Explor12 digit angka

4. Kode Prefix AXIS

AXIS dan XL saling bekerjasama untuk mengembangkan produknya supaya lebih bermanfaat bagi para penggunanya. AXIS dengan jumlah pelanggan mencapai 15 juta merger dengan XL Axiata dengan layanan produk yang sama.

Pasca merger, kode prefix dari kartu AXIS dan XL tetap berbeda. Hal ini disebabkan karena AXIS masih menggunakan kode prefix dari perusahaan awalnya.

KODEJENIS KARTUKETERANGAN
0813Pascabayar atau Prabayar10 - 12 digit angka
0832Pascabayar atau Prabayar10 - 12 digit angka
0833Pascabayar atau Prabayar10 - 12 digit angka
0838Pascabayar atau Prabayar12 digit angka

5. Kode Prefix Three (3)

Three (3) mempunyai pelanggan prabayar mencapai 29 juta dengan paket datanya yang murah. Kualitas internet dari provider ini tidak bisa diragukan dari segi kecepatannya, terutama didaerah perkotaan.

Pasca merger Three (3) dengan Indosat, nomor prefix Three (3) tidak berubah dengan kode prefix seperti sebelumnya.

Kode nomor prefix operator Three sebagai berikut:

KODEJENIS KARTUKETERANGAN
0895Pascabayar atau Prabayar12 - 13 digit angka
0896Pascabayar atau Prabayar11 - 12 digit angka
0897Pascabayar atau Prabayar11 - 12 digit angka
0898Pascabayar atau Prabayar11 - 12 digit angka
0899Pascabayar atau Prabayar11 - 12 digit angka

6. Kode Prefix Smartfren

Smartfren dikenal dengan kecepatan internet downloadnya. Selain itu, provider Smartfren unggul dalam jaringan 4Gnya. Dengan jumlah pelanggan mencapai 27.7 juta menargetkan segmen anak muda dan milenial.

Kode nomor prefix operator Smartfren sebagai berikut:

KODEJENIS KARTUKETERANGAN
0881Pascabayar atau Prabayar11 - 12 digit angka
0882Pascabayar atau Prabayar11 - 12 digit angka
0883Pascabayar atau Prabayar11 - 12 digit angka
0884Pascabayar atau Prabayar11 - 12 digit angka
0885Pascabayar atau Prabayar11 - 12 digit angka
0886Pascabayar atau Prabayar11 - 12 digit angka
0887Pascabayar atau Prabayar11 - 12 digit angka
0888Pascabayar atau Prabayar11 - 12 digit angka
0889Pascabayar atau Prabayar11 - 12 digit angka

Informasi tentang kode nomor prefix operator di atas semoga bisa membantu kamu mengenali nomor-nomor provider yang ada di Indonesia. Terlebih juga untuk para agen pulsa dan Loket Fastpay dalam mengetahui produk pulsa dan paket data dari kode nomor prefix operator yang berbeda-beda. Semoga bermanfaat. (tgh)

Peluang Bisnis Pulsa dan Internet

Pulsa dan internet telah menjadi kebutuhan utama masyarakat pengguna smartphone. Bahkan kebutuhan internet semakin meningkat di masa pandemi. Hal ini membuat bisnis pulsa dan paket data internet semakin menjanjikan.

Rata-rata kebutuhan orang untuk paket data 15GB hingga 20GB perbulan bahkan lebih dengan semakin meningkatnya aktifitas pengguna internet Indonesia secara mobile.

Peluang usaha bisnis pulsa dan paket data internet mungkin agak diremehkan bagi sebagian orang. Karena margin keuntungannya yang kecil. Namun siapa sangka bisnis jual pulsa dan paket internet online mampu memberikan pemasukan yang menggiurkan bagi masyarakat. Bisnis pulsa dan paket internet sangat menjanjikan, lho.

Kamu bisa menjalankan bisnis agen pulsa dan internet untuk melayani kebutuhan pulsa dan internet tetangga dan masyarakat sekitar. Dengan bergabung menjadi Agen Fastpay selain menjual pulsa dan paket internet, kamu juga bisa melayani banyak layanan yang dibutuhkan masyarakat sekitar.

Produk dan Layanan di Fastpay Terlengkap untuk Melayani Masyarakat

Fastpay mempunya beragam jenis layanan dan produk yang bisa kamu jalankan untuk melayani kebutuhan masyarakat. Dijamin kamu mendapatkan keuntungan besar dari bisnis Fastpay ini serta penghasilan secara mandiri.

Berikut jenis layanan dan produk-produk di Fastpay yang bisa kamu jalankan.

  1. Layanan pembayaran berbagai jenis tagihan bulanan, seperti PLN, PDAM, BPJS, multifinance, asuransi, kartu kredit, tv berlangganan, langganan Netflix, Disney+ hotstar, langganan Mola TV, tagihan HP pascabayar, telepon, IndiHome, gas negara dll.
  2. Layanan perbankan digital, seperti setor tunai, tarik tunai dan transfer ke semua bank.
  3. Layanan penjualan pulsa dan internet all operator seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL, AXIS, Smartfren, Tri.
  4. Layanan penjualan tiket transportasi, seperti pesawat terbang domestik, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP.
  5. Layanan penjualan berbagai macam voucher game seperti Apex Legends Mobile, Diamond Free Fire, Diamond Mobile Legends, PUBG, Valoran, Genshin Impact, Call Of Duty, voucher Garena, voucher Google Play, UniPin, Arena Of Valor, Point Blank, Ragnarok, Hago, Marvel Super War, LifeAfter, Ride Out Heroes, Lord Mobile, Dragon Nest, Higss Domino, dll.
  6. Layanan top up emoney, seperti Gopay, DANA, OVO, SpeedCash, ShopeePay, etol Mandiri, e-mOney Mandiri, BRIZZI, BNI TapCash, tiket bioskop TIX ID, MTIX, dll.
  7. Layanan pengiriman barang dan dokumen (ekspedisi) Agen SiCepat Point.
  8. Layanan pajak kendaraan bermotor (PKB) dan PBB, seperti PKB Kaltimtara, PKB Jawa Timur, PBB Kaltimtara, PBB Jawa Tengah, dll.

Produk dan layanan di Fastpay dibutuhkan masyarakat Indonesia sampai kapanpun. Disini kamu akan mendapatkan keuntungan dari transaksi pelanggan baik berupa komisi atau cashback atau laba langsung.

Peluang bisnis PPOB dan agen pulsa bersama Fastpay harus kamu ambil sekarang dan dapatkan penghasilan mandiri yang tidak terbatas dari bisnis ini, karena sampai kapanpun ribuan jenis produk di Fastpay dibutuhkan oleh orang Indonesia.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/