Kiat Membuat Caption Menarik untuk Iklan Usaha di Sosial Media

Sebarkan artikel ini

Semenjak sosial media marak, mempromosikan bisnis menjadi lebih mudah. Kita tidak lagi harus memasang iklan di baliho agar bisnis dikenal. Kini dengan sosial media semua bisa mempromosikan dengan lebih murah. Dan bahkan lebih luas jangkauannya.

Kalau iklan baliho hanya mencakup satu daerah, maka iklan di sosial media bisa dijangkau satu negara. Bahkan hingga luar negeri. Lebih menarik bukan. Karena semua serba tulisan, kamu harus mengolah caption dengan baik.
Gambar bagus bila tanpa disertai caption pun akan kurang bermakna. Maka perpaduan gambar dan caption sangat menentukan untuk melancarkan promosimu. Oleh karena itu, sepakat untuk belajar membuat caption terlebih dahulu ya.

Nah, dari artikel ini nanti akan dijelaskan cara membuat caption yang ampuh. Semakin ampuh caption yang dibuat maka semakin banyak orang tertarik untuk membeli produk anda.

Cara Membuat Caption Menarik

Kalau kamu sudah paham caranya, membuat caption promosi itu tidak sulit lo! Selama ini orang salah kaprah dalam membuat caption sehingga tak banyak closing dihasilkan. Mulai sekarang kita harus berubah, karena penjualan lewat media online itu kekuatannya terletak pada caption.

Caption bagus dan menarik hati akan lebih disukai. Imbasnya akan ada banyak like dan repost. Kemudian makin meningkat pula followers kamu karena merasa mendapat manfaat dari caption yang kamu tulis. Menyenangkan bukan?

Pada dasarnya orang tidak mau kalau disuguhi iklan setiap hari. Siapa juga yang senang bila dikejar iklan terus-menerus? Kamu misalnya setiap hari didatangi sales pasti merasa tidak nyaman bukan?

Oleh karena itu, berjualan di era sekarang harus lebih kreatif. Terlebih dengan memanfaatkan caption untuk menarik pelanggan. Semakin bagus caption akan semakin baik untuk penjualan.

Penasaran bagaimana cara untuk membuat caption menarik? Simak ulasan di bawah ini.

  1. Share Tulisan Menarik
    Selain berjualan produk di facebook/instagram, kamu harus menyelipkan tulisan menarik pula. Jangan lupa disertai gambar bagus pula agar membuat orang terhenti dan mau membaca.
    Kamu bisa menuliskan tentang hal-hal menarik seperti berita viral atau tips sehari-hari. Tulisan ini harus disesuaikan dengan target pasarmu sehingga mereka akan mendapat banyak manfaat dari caption itu.
    Misalnya kamu berjualan sepatu wanita, maka buatlah caption mengenai cara merawat sepatu atau cara memadukan sepatu dengan baju agar matching. Caption-caption seperti ini akan meningkatkan rasa trust customer kepada produk kamu. Cobalah sendiri pasti akan memberi efek!
  2. Caption Stories of Product
    Ketika kamu melaunching produk baru, jangan sekadar memposting dan memberi pengumuman. Kamu harus menambah kesan lebih dengan menceritakan behind the story dari produk yang baru kamu buat. Mengapa cara ini terbilang ampuh?
    Orang cenderung suka untuk membaca sebuah cerita. Apalagi bila cerita itu mengundang sisi humanis. Mereka akan lebih suka lagi. Oleh karena itu, kamu harus mencatat betul bagaimana sebuah produk tercipta dan apa makna dari nama produk tersebut. Kemudian orang akan tertarik untuk membeli karena sudah mengetahui makna dari produk yang ia beli.
  3. Pasangkan Call to Action (CAT)
    Poin ini juga sangat penting ketika kamu membuat caption. Setelah menulis sebuah caption menarik dan mengundang banyak orang untuk membaca hingga selesai, jangan cukupkan pada hal itu saja.
    Pastikan orang meninggalkan interaksi pada captionmu. Kamu bisa menuliskan kalimat seperti ‘double tap jika tulisan ini bermanfaat’ atau jangan di share kecuali tulisan ini bermanfaat.
    Kemudian orang mulai melakukan tindakan yang kamu perintah. Semakin tinggi like, comment, dan share maka orang makin yakin dengan produkmu. Kemudian mereka tanpa ragu akan membeli dari toko onlinemu. Menarik sekali bukan?
  4. Caption Berisi Doa
    Ada satu cara unik lagi untuk mengundang interaksi orang terhadap caption yang kamu buat. Yakni dengan menuliskan doa dan meminta orang untuk mengucap amin. Ini perpaduan antara tulisan dan Call to Action.
    Misalnya, ketika followers dan target pasarmu adalah wanita muda dan single, buatlah doa agar tahun ini tak lagi sendiri. Kemudian tambahkan tulisan ‘double tap dan komen amin di kolom komentar’.
  5. Give Away!
    Ini caption paling disukai oleh pengguna sosial media. Yakni give away. Namun, jangan lakukan give away secara cuma-cuma. Berikan beberapa syarat yang akan menguntungkan dirimu juga. Kemudian akan tercapai win-win solution.

Orang akan mendapatkan barang pemberianmu dan kamu akan mendapatkan tambahan followers. Istilahnya orang akan membantumu untuk promosi produk.  Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat caption promosi produk di Facebook atau Instagram. Cara-cara itu terbukti ampuh dan sudah sering dipraktikkan oleh banyak orang. Sehingga kamu harus melakukan hal sama.

Masih ingin mencari inspirasi untuk membuat caption tetapi kuotamu habis, pastikan untuk mengisi pulsa atau paket kuota di Outlet Toko Modern Fastpay terdekat! Dijamin murah dan pelayanannya cepat.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF