Kesempatan Buka Bisnis Tiket Online Perjalanan di Fastpay

Sebarkan artikel ini

Bisnis tiket online untuk melayani penjualan tiket perjalanan bisa jadi kesempatan untuk meningkatkan pemasukan. Simak cara mulai bisnisnya di artikel ini!

Memanfaatkan peluang bisnis di sektor pariwisata, maka bisnis berjualan tiket bisa jadi pilihan tepat. Ada banyak destinasi wisata baik di dalam maupun di luar negeri. Dikutip dari e-Conomy SEA 2023, nilai transaksi online travel di Kawasan Asia Tenggara mencapai US$30 miliar. Angka tersebut tentu tergolong besar untuk industri travel dan pariwisata. Apalagi imbas dari pulih kembali pasca pandemi yang melanda dunia.


Transaksi online travel kawasan Asia Tenggara didominasi oleh transaksi tiket penerbangan yang tentu tiketnya bisa dibeli secara online, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional.
Melihat besarnya peluang bisnis untuk penjualan tiket online di berbagai moda transportasi, maka tentu hal ini harus manfaatkan sebaik mungkin. Apalagi sekarang pembelian tiket perjalanan tidak bisa dibeli langsung di loket melainkan harus sistem online. Hal ini tentu menjadi peluang emas untuk menambah penghasilan dari komisi penjualan tiket.

Keuntungan Memulai Bisnis Tiket Online

Keuntungan-Memulai-Bisnis-Tiket-Online Kesempatan Buka Bisnis Tiket Online Perjalanan di Fastpay

Bisnis tiket online memiliki beberapa keuntungan tersendiri dibandingkan jenis bisnis lainnya. Berikut ulasan singkatnya untuk Anda:

1. Akses yang Fleksibel

Memulai bisnis tiket online dapat memberikan kemudahan untuk aksesnya ke calon pelanggan. Hal ini karena dapat berpeluang untuk menjangkau pelanggan di berbagai wilayah.

Perkembangan teknologi tentu jelas memberikan efek positif pada jalannya bisnis tiket online. Karena keberadaan internet dan media sosial, maka penyedia tiket online bisa mempromosikan tiket yang dijual dengan lebih mudah.

Menjalankan bisnis tiket online juga sangat fleksibel karena hanya membutuhkan perangkat digital yang terkoneksi internet untuk melakukan transaksi pembelian tiket. Jadi bisnis jual beli tiket online pun bisa dikelola kapan saja dan dari mana saja.

Baca juga : Live di Fastpay, Ini Cara Pesan Tiket Kapal DLU dengan Mudah

2. Tren di Dunia Pariwisata

TIdak dapat dipungkiri kegiatan berwisata adalah salah satu hal yang dinantikan oleh siapa saja. Berlibur ke tempat yang diinginkan menjadi tujuan untuk melepas penat dari rutinitas harian. Oleh karena itu, terkadang berlibur di momen-momen tertentu bisa jadi tren tersendiri.

Dari tren yang ada saat liburan dan berwisata itulah momen paling tepat untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Mereka tentu sudah jauh-jauh hari melakukan pemesanan tiket online agar bisa menyesuaikan dengan hari libur bahkan tempat duduk favorit misal di kereta, bus, atau pun bahkan pesawat terbang. Disini pemilik bisnis tiket online harus bisa membaca tren dan kebiasaan target pasarnya untuk gerak cepat mempromosikan tiket yang akan dijualkan.

3. Kemudahan dalam Bertransaksi

Menjadi pemilik bisnis tiket online menjadikan Anda hanya perlu menggunakan akun yang sudah terkoneksi dengan penyedia tiket untuk melakukan pengisian data diri calon penumpang dan pembelian tiket. Anda hanya tinggal menyerahkan bukti transaksi serta tiket online kepada pembeli sebagai bukti yang sah.

Dari transaksi yang terjadi, Anda bisa mendapatkan komisi beberapa persen tergantung dari sistem bagi hasil antara maskapai dan penyedia layanan booking.

Tantangan Bagi Pemilik Bisnis Tiket Online

Memulai sebuah bisnis tentu memiliki tantangan tersendiri. Sebagai pebisnis tentu harus punya mental dan strategi yang tepat untuk mengatasi berbagai tantangan yang muncul. Tantangan di dunia bisnis pun ada yang bisa diprediksi tetapi tidak jarang juga bisa datang secara tiba-tiba.

Contoh tantangan yang tiba-tiba hadir adalah dengan datangnya pandemi. Tentu semua tidak bisa menebak bahwa ternyata akan datang pandemi yang mampu melumpuhkan sektor pariwisata yang tentu berdampak signifikan pada penjualan tiket perjalanan secara online. Oleh karena itu, harus ada berbagai rencana yang harus disiapkan untuk menghadapi situasi-situasi penuh tantangan tidak terduga.

Belum lagi keberadaan kompetitor yang sama-sama menjual tiket. Layanan Online Travel Agent (OTA) tentu berlomba-lomba untuk merebut market share penjualan tiket perjalanan. Oleh karena itu, jika Anda ingin bergelut di bisnis penjualan tiket harus pandai dalam memilih penyedia tiket serta mampu juga untuk mengatur promosi.

Hal lain yang menjadi tantangan adalah terkait kendala teknis seperti sistem error saat pemesanan yang tentu akan sangat merugikan Anda sebagai pemilik bisnis. Hal ini karena akan menurunkan kepercayaan pelanggan. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka sebisa mungkin Anda harus terus berkoordinasi dengan penyedia layanan tiket agar tidak terjadi kendala teknis saat transaksi. Jadi transaksi pun bisa selesai dalam waktu singkat dan Anda bisa menyerahkan tiket pemesanan pada pelanggan.

Tips jadi Pebisnis Tiket Online

Tips-jadi-Agen-Pemesan-Tiket-Online Kesempatan Buka Bisnis Tiket Online Perjalanan di Fastpay

Berikut tips yang bisa Anda lakukan jika Anda ingin memulai bisnis tiket online dengan jadi agen yang responsif untuk calon pelanggan :

1. Lakukan Riset Pasar

Petakan dulu target pasar yang ingin Anda tuju untuk memasarkan tiket secara online. Dengan melakukan riset pasar, Anda bisa memetakan berbagai aspek yang bisa mempengaruhi pembelian tiket. Mulai dari aspek demografis (usia, jenis kelamin, dan lainnya), geografis (lokasi atau wilayah tinggal), hingga psikologis (kebiasaan dan keinginan)

2. Pilih Niche atau Fokus Transaksi

Lebih mudah jika transaksi tiket di loket Anda sudah terfokuskan pada niche atau kelompok yang spesifik. Misalnya untuk transaksi tiket pesawat, kereta api, kapal laut, dan bus harus bisa Anda petakan agar bisa menjangkau konsumen dengan lebih mudah.

Niche yang terfokus juga akan membantu Anda untuk membuat konten promosi di media sosial. Dengan niche yang terfokus Anda bisa memilih rute-rute yang potensial untuk menarik perhatian calon konsumen agar bisa bertransaksi

3. Pilih Platform dan Sistem yang Telah Terpercaya

Platform penyedia tiket online tentu banyak di luar sana. Tentunya sebagai calon pemilik bisnis, Anda harus memilih dengan hati-hati penyedia tiket didukung dengan sistem transaksi yang terpercaya serta aman bertransaksi.

Anda ingin mencari platform yang terpercaya dalam menyediakan tiket online untuk berbagai moda transportasi? Tentu Fastpay jawabannya.

Di Fastpay, Anda bisa menjadi penyedia tiket online bagi calon pelanggan. Tiket yang tersedia di Fastpay pun lengkap meliputi tiket bus, tiket kapal, tiket kereta api, dan tiket pesawat. Tentunya jangkauannya pun luas ke berbagai wilayah di Indonesia bahkan mancanegara pun Anda.

Dalam setiap transaksi yang Anda lakukan, maka Anda bisa mendapatkan komisi terhitung dari harga tiketnya. Data-data pelanggan pun dijamin aman dan sudah terintegrasi dengan pihak penyedia tiket pusat misal KAI hingga maskapai penerbangan.

Jangan ragu untuk memulai bisnis karena Anda pun bisa mulai bisnis dengan mudah bersama Fastpay. Buktikan sekarang dengan jadi Juragan Fastpay dan unduh aplikasinya di Google Play Store!

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari