Kereta Api Berhenti di Stasiun Cikarang

Sebarkan artikel ini

Stasiun Cikarang yang berada di Purwakarta kini melayani penumpang kereta api jarak jauh. Ada sejumlah kereta berhenti di Stasiun Cikarang untuk mobilitas warga Cikarang dan sekitarnya.

Langkah ini merupakan rencana dari PT KAI untuk memberikan alternatif layanan transportasi darat khususnya kereta api jarak jauh (KAJJ) untuk mobilitas masyarakat Cikarang dan sekitarnya.

Stasiun Cikarang yang masuk wilayah Daop 1 menyediakan fasilitas penunjang untuk perjalanan kereta api jarak jauh, seperti ruang loket go show, layanan pelanggan, pintu boarding, ruang tunggu dan fasilitas lainnya.

Tersedia pula layanan untuk tes rapid antigen bagi calon penumpang kereta api jarak jauh di Stasiun Cikarang yang beroperasi mulai pukul 09.30 sampai 17.30 WIB.

Beli tiket kereta api dari atau menuju Stasiun Cikarang bisa melalui Agen-agen Fastpay yang ada di wilayah Purwakarta, Cikarang dan sekitarnya.

Kereta mana saja yang berhenti dan berangkat di Stasiun Cikarang?

Daftar Kereta yang Berhenti di Stasiun Cikarang

Ada 10 kereta api yang berhenti dan berangkat dari Stasiun Cikarang, antara lain:

  • KA 104 Gaya Baru Malam Selatan dari Stasiun Pasarsenen tujuan Surabaya Gubeng, jam kedatangan pukul 11.37 WIB, keberangkatan kembali pukul 11.39 WIB.
  • KA 152 Argo Parahyangan Tambahan dari Stasiun Gambir tujuan Bandung, jam kedatangan pukul 14.03 WIB, keberangkatan kembali pukul 14.05 WIB.
  • KA 110A Brantas dari Stasiun Pasarsenen tujuan Blitar, jam kedatangan pukul 14.10 WIB, keberangkatan kembali pukul 14.12 WIB.
  • KA 128 Gumarang dari Stasiun Pasarsenen tujuan Surabaya Pasarturi, jam kedatangan pukul 16.31 WIB, keberangkatan kembali pukul 16.33 WIB.
  • KA 7008 Sembrani Tambahan dari Stasiun Gambir tujuan Surabaya Pasarturi, jam kedatangan pukul 22.00 WIB, keberangkatan kembali pukul 22.09 WIB (jalan setiap Kamis sampai Minggu).
  • KA 103 Gaya Baru Malam Selatan keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng tujuan Pasarsenen, jam kedatangan pukul 00.46 WIB, keberangkatan kembali pukul 00.48 WIB.
  • KA 127 Gumarang dari Stasiun Surabaya Pasarturi tujuan Pasarsenen, jam kedatangan pukul 01.55 WIB, keberangkatan kembali pukul 01.57 WIB.
  • KA 109A Brantas dari Stasiun Blitar tujuan Pasarsenen, jam kedatangan pukul 00.58 WIB, keberangkatan kembali pukul 01.00 WIB.
  • KA 7007 Sembrani Tambahan dari Stasiun Surabaya Pasarturi tujuan Gambir, jam kedatangan pukul 05.02 WIB, keberangkatan kembali pukul 05.04 WIB (jalan setiap Kamis sampai Minggu).
  • KA 53F Argo Parahyangan Tambahan dari Stasiun Bandung tujuan Gambir, jam kedatangan pukul 21.23 WIB, keberangkatan kembali pukul 21.25 WIB.

Lebih mudahnya bisa juga dilihat dalam tabel di bawah.

NO KANAMA KADATANGBRKTSTASIUN TUJUAN
104Gaya Baru Malam Selatan11.3711.39Surabaya Gubeng
52Argo Parahyangan Tambahan14.0314.05Bandung
110ABrantas14.1014.12Blitar
128Gumarang16.3116.33Surabaya Pasarturi
7008Sembrani Tambahan22.0022.09Surabaya Pasarturi
103Gaya Baru Malam Selatan00.4600.48Pasarsenen
127Gumarang01.5501.57Pasarsenen
109ABrantas00.5801.00Pasarsenen
7007Sembrani Tambahan05.0205.04Gambir
53FArgo Parahyangan Tambahan21.2321.25Gambir

Syarat Perjalanan Kereta Api Terbaru Sesuai SE Kemenhub No. 97 Tahun 2021

  • Wajib menunjukan hasil negatif antigen (1×24 jam).
  • Wajib vaksin minimal dosis pertama dengan menunjukan aplikasi PeduliLindungi atau kartu vaksin kecuali pelaku perjalanan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbit dan anak-anak di bawah 12 tahun.
  • Anak-anak usia di bawah 12 tahun wajib menunjukkan hasil negatif antigen & di dampingi orang tua.
  • Pelaku perjalanan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbit menunjukan surat keterangan dokter specialis untuk pengganti vaksin.
  • Suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.
  • Penumpang wajib menggunakan masker kain 3 (tiga) lapis atau masker medis.
  • Penggunaan masker wajib dilakukan dengan benar menutupi hidung dan mulut.
  • Wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan menghindari makan bersama serta menggunakan hand sanitizer (6M).
  • Dilarang untuk berbicara satu arah maupun dua arah melaui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan.
  • Dilarang untuk makan dan minum sepanjang perjalanan bagi perjalanan yang kurang dari dua jam, terkecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat dalam rangka pengobatan yang tidak ada dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.

Alternatif Perjalanan Menggunakan Bus AKAP

Untuk perjalanan antar kota antar provinsi, kamu bisa menggunakan sarana bus AKAP sebagai alternatif perjalanan. Dengan adanya tol Trans Jawa membuat waktu tempuh perjalanan menjadi lebih cepat.

Selain itu, pilihan bus AKAP juga sangat banyak dengan berbagai jenis bus dan fasilitas yang diberikan demi kenyamanan selama perjalanan. Bus AKAP sekarang menjadi transportasi publik yang semakin digemari masyarakat untuk mobilitas karena berbagai kelebihan yang tidak ada di kereta api.

Baca juga: Naik Bus AKAP, Apa Enaknya Sih? Inilah 7 Alasan dan Kelebihan Naik Bus AKAP

Dalam kenyataannya, naik bus AKAP juga tidak seribet naik kereta api. Naik bus AKAP tidak menggunakan tes rapid antigen atau PCR sebagai syarat perjalanan. Khusus di Terminal Pulo Gebang Jakarta, untuk naik bus AKAP syarat utamanya cukup vaksin dua dosis yang discan melalui aplikasi PeduliLindungi ketika akan masuk terminal.

Namun, menjaga protokol kesehatan adalah yang utama dengan menggunakan masker selama didalam bus AKAP.

Terbuka Peluang Bisnis Agen Tiket dan PPOB

Bisnis tiket dan agen PPOB menjadi bisnis yang menguntungkan. Meski di masa pandemi, namun kebutuhan digital masyarakat Indonesia menjadi hal yang utama, seperti bayar tagihan, beli pulsa data internet, voucher game, top up saldo emoney atau kebutuhan beli tiket pesawat, kereta, bus AKAP, atau pengiriman barang.

Semua bisa dilakukan di Loket Fastpay sebagai bisnis PPOB yang menjanjikan. Bisnis Fastpay bisa dikelola oleh siapa saja dengan modal kecil. Kesempatan masih terbuka lebar untuk membuka bisnis PPON dan agen tiket bersama Fastpay.

__________

Tentang Bisnis PPOB dan Tiket Fastpay

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan modal kecil untuk bisnis PPOB dan bisnis pulsa Fastpay. Menjadi Loket Toko Modern Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB dan Agen Tiket Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/