Kenali Macam-Macam Jenis dan Kelas Bus untuk Perjalanan yang Semakin Nyaman

Sebarkan artikel ini

Bus terbagi dalam beberapa jenis serta kelas-kelas yang tentunya mempengaruhi harga dan kualitas. Di artikel ini, kamu bisa dapatkan semuanya agar bisa memilih armada bus sesuai kebutuhan.

Sebagai salah satu moda transportasi umum, bus tentu punya tempat tersendiri bagi para penggunanya. Bus banyak dimanfaatkan untuk menjangkau berbagai daerah untuk mendukung aktivitas masyarakat. Entah itu untuk pergi bekerja, sekolah, perjalanan dinas, pariwisata, dan lainnya.

Jenis-Jenis Bus dari Trayeknya

Jenis Bus dari Trayeknya
Jenis Bus dari Trayeknya

Bus sebagai Angkutan Lintas Batas Negara

Angkutan Lintas Batas Negara merupakan layanan transportasi yang fokus untuk melayani rute perjalanan yang melintasi negara lain. Walau sebagian besar wilayah Indonesia adalah perairan, tetapi tidak masih banyak daerah yang berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Papua Nugini, dan Timor Leste.

Beberapa Perusahaan Otobus (PO) yang melayani trayek ini antara lain adalah DAMRI, Setia Jiwana Sakti, dan Biaramas. Contoh untuk PO bus DAMRI akan melayani perjalanan dari Pontianak (Kalimantan Barat, Indonesia) hingga Kuching (Malaysia bagian timur) dan Pontianak (Kalimantan Barat, Indonesia) hingga Bandar Seri Begawan (Brunei Darussalam).

Bus sebagai Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP)

Untuk Angkutan Antar Kota Antar Provinsi, artinya moda transportasi akan mengantarkan penumpang melewati kabupaten/kota di lebih dari satu provinsi. Dapat dikatakan ini adalah perjalanan jarak jauh yang ditempuh dengan transportasi darat seperti bus.

Beberapa PO bus yang melayani perjalanan AKAP antara lain Agra Mas, Sempati Star, Gunung Harta, dan Sinar Jaya.

Baca juga : 8 Tips Naik Bus AKAP Buat yang Pertama Kali

Bus sebagai Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi

Sebagai moda transportasi umum, bus bisa menjadi pilihan angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Dengan menggunakan bus, maka penumpang dapat bepergian ke berbagai daerah dalam satu provinsi sesuai dengan jalur trayek setiap bus.

Beberapa PO bus yang melayani perjalanan AKDP antara lain PO AKAS III yang punya armada Anggung Krida dan Kurnia Jaya yang melayani trayek Surabaya-Banyuwangi. Selain itu, juga ada PO Kapuas Raya Express yang melayani rute di pulau Kalimantan seperti Pontianak-Melawi (PP).

Berbagai Kelas Bus berdasarkan Fasilitasnya

Berbagai Kelas Bus
Berbagai Kelas Bus

1. Bus Ekonomi

Kelas bus ekonomi merupakan kelas yang punya harga paling rendah tetapi hal tersebut tidak mengurangi minat penumpang. Tidak ada fasilitas pendingin atau AC dalam kelas bus ini dan untuk kursi penumpangnya punya formasi 3-2.

2. Bus AC Ekonomi

Kelas bus ini merupakan peningkatan dari bus ekonomi. Hal ini karena sudah ada fasilitas pendingin atau AC di dalamnya. Tentunya dari segi harga akan lebih mahal dibandingkan bus ekonomi. Cocok tentunya untuk kamu yang akan melakukan perjalanan jauh baik Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

3. Bus Bisnis RS tanpa AC

Kelas selanjutnya adalah bus bisnis RS yang tidak memiliki pendingin atau AC. RS disini adalah Reclining Seat yang membuat penumpang bisa memaju mundurkan kursi miliknya agar lebih nyaman saat duduk terutama beristirahat.

4. Bus Bisnis RS dengan AC

Peningkatan dari kelas bus bisnis RS tanpa AC, kelas bus ini sudah dilengkapi pendingin sehingga lebih sejuk di perjalanan nantinya. Jadi selain dapat mengatur tempat duduk, kamu juga tidak akan merasa kepanasan.

5. Bus Kelas VIP

Dalam kelas VIP, penumpang akan mendapatkan layanan seperti makan yang sudah disediakan, pendingin atau AC, hingga selimut. Jumlah kursi yang tersedia maksimal hingga 40 kursi.

6. Bus Kelas Eksekutif

Dalam bus kelas eksekutif, kamu bisa menikmati perjalanan dengan nyaman karena kualitas tempat duduk dan kelengkapan fasilitas pendukung. Fasilitas yang akan diterima tentunya akan sebanding dengan harga yang dikeluarkan. Kamu akan lebih nyaman melakukan perjalanan terutama jarak jauh menggunakan bus kelas eksekutif.

7. Bus Kelas Super Eksekutif

Sebagai kelas tertinggi dalam bus, jumlah armadanya tentu tidak sebanyak kelas-kelas sebelumnya. Namun, dari segi fasilitas yang ditawarkan tentu tidak main-main. Hal ini karena penyedia akan memberikan fasilitas berupa tempat duduk yang leluasa untuk beristirahat dengan kualitas premium. Belum lagi fasilitas seperti layanan internet wi-fi, TV, hingga makanan sebagai paket layanan unggulan.

Harga yang ditawarkan pun tentunya akan sebanding dengan kenyamanan yang diberikan. Tujuannya agar selama di perjalanan badan penumpang tidak akan merasa kesakitan. Karena fasilitas pendukung yang maksimal dan lengkap, maka jumlah kursi penumpang dalam bus ini paling sedikit dibanding kelas lain.

Mulai Bisnis Jual Beli Tiket Bus dari Berbagai Jenis dan Kelas

Memulai bisnis jual beli tiket bus dari berbagai jenis dan kelas bisa kamu lakukan setelah jadi mitra Fastpay. Kamu bisa menyediakan layanan pemesanan tiket hanya bermodalkan akses digital di handphone atau perangkat digital lain setelah kamu mendaftar sebagai mitra.

Bersama Fastpay, kamu bisa mulai bisnis berbagai produk digital dan tiket perjalanan bus dan transportasi lainnya. Modal kecil tapi tetap bisa berpeluang menghasilkan income yang menggiurkan. Semua tergantung dari cara kamu mempromosikan bisnis usaha.

Tertarik memulai bisnis? Daftarkan diri kamu di sini. Fastpay tersedia dalam aplikasi mobile di Google Play Store atau website.

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.

– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.

– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari