Kabar Gembira Tes GeNose Tersedia di Bandara Mulai 1 April

Sebarkan artikel ini
  • GeNose, alat deteksi virus Corona buatan UGM telah resmi diizinkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 sebagai syarat perjalanan di kereta api.
  • Syarat perjalanan jarak jauh menggunakan transportasi adalah negatif Covid-19 dari rapid test antigen, PCR test atau swab dan GeNose.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang menyiapkan tes GeNose bisa dilakukan di bandara mulai 1 April 2021, setelah penggunaan tes GeNose untuk penumpang kereta.

GeNose C19 sendiri merupakan singkatan dari Gadjah Mada Electronic Nose. Alat yang dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mampu mendeteksi Covid-19 melalui embusan napas.

Tes GeNose telah digunakan untuk penumpang kereta api di 8 stasiun keberangkatan kereta api, yaitu Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir di Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Cirebon, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Yogyakarta Tugu, dan Stasiun Surabaya Pasar Turi.

Baca: Aturan Baru Naik Kereta Api Jarak Jauh Selama Pandemi

“Beli tiket kereta api dan pesawat bisa di Loket Toko Modern Fastpay atau aplikasi Fastpay dengan mudah dan cepat”

Perluasan penerapan GeNose bagi calon penumpang pesawat dilakukan untuk mengurangi potensi penularan virus di transportasi umum. Penerapan tes GeNose di simpul-simpul transportasi diperlukan agar masyarakat mendapatkan akses terhadap alat pendeteksi (screening) Covid-19 yang lebih terjangkau.

Para penumpang wajib mengikuti syarat perjalanan yang telah Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 1 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kemenhub Nomor 3 Tahun 2021 tentang surat keterangan bebas Covid-19 sesuai dengan tujuan yang berlaku secara nasional.

Baca: Syarat Naik Pesawat Penerbangan Domestik Selama Pandemi Covid-19 Berlaku Semua Maskapai

Cara kerja tes GeNose
Alat pendeteksi GeNose mengidentifikasi virus corona dengan cara mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC). VOC terbentuk karena ada infeksi Covid-19 yang keluar bersama napas. Orang-orang yang akan diperiksa menggunakan GeNose, terlebih dahulu diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

Sebelum melakukan tes GeNose calon penumpang dianjurkan tidak merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum tes untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19.

alat-genose-ugm Kabar Gembira Tes GeNose Tersedia di Bandara Mulai 1 April

Kantong hasil tes akan dimasukkan ke alat pendeteksi GeNose, sensor-sensor dalam tabung akan bekerja mendeteksi VOC, data yang diperoleh akan diolah dengan bantuan kecerdasan buatan hingga memunculkan hasil. Dalam waktu kurang dari 2 menit, GeNose bisa mendeteksi apakah seseorang positif atau negatif Covid-19.

GeNose telah melalui uji profiling dengan menggunakan 600 sampel data valid di Rumah Sakit Bhayangkara dan Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 Bambanglipuro, Yogyakarta. Dari pengujian itu, diketahui tingkat akurasi GeNose mencapai 97%.

Dengan penggunaan GeNose ini diharapkan bisa menekan penyebaran Covid-19 sekaligus kampanye Bangga Buatan Indonesia yang sedang digalakkan pemerintah pada masa pandemi.

Bisnis layanan tiket kereta api dan pesawat
Peluang bisnis penjualan tiket kereta api dan pesawat sangat terbuka dengan keuntungan yang besar. Bergabunglah menjadi outlet Toko Modern Fastpay yang bisa melayani penjualan tiket kereta api dan tiket pesawat serta layanan lain yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.

__________

Toko Modern Fastpay adalah bisnis keagenanan keuangan digital & sistem pembayaran terlengkap yang melayani berbagai macam kebutuhan orang Indonesia seperti layanan perbankan setor tunai, tarik tunai dan transfer uang antar bank murah, daftar merchant QRIS tercepat, layanan ekspedisi kirim dokumen dan barang kemana aja, top up saldo e-money lengkap, layanan tiket pesawat dan kereta, layanan pembayaran tagihan terlengkap, layanan pembelian pulsa, internet dan voucher game lengkap, dengan keuntungan jutaan rupiah tiap bulan dari jasa pembayaran. Tertarik bisnis menguntungkan ini? Daftar sekarang disini

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/