Inilah 5 Tips Bisnis dari Wirausahawan Sukses Indonesia

Sebarkan artikel ini

Pengusaha Indonesia tidak kalah keren dari pebisnis luar negeri. Anda bisa belajar berbagai ilmu dari mereka. Tentu akan lebih baik karena mereka menjalankan bisnis sesuai dengan budaya Indonesia. Indonesia adalah negara religius, sehingga bisnis pun dikaitkan dengan agama. Hal ini membuat langkah menjadi lebih mantap dalam melakukannya. Anda merasakan demikian bukan?

Ada berbagai nama besar pengusaha Indonesia. Mereka memiliki nilai dan pengalaman masing-masing yang bisa anda terapkan pada bisnis anda. Tak jarang kegagalan pun menyertai, tetapi nyatanya mereka bisa bertahan hingga sekarang.

Kalau bisa belajar dari pengusaha lokal, mengapa harus jauh-jauh? Nah, dari artikel ini anda akan mendapatkan tips dari berbagai pengusaha di Indonesia sehingga kesuksesan anda bisa menyusul mereka. Siapa yang tidak ingin sukses sih?

Tips dari Pengusaha Indonesia

Indonesia memiliki jutaan pengusaha sukses. Dari mereka anda bisa belajar mengenai bisnis yang diiringi dengan kearifan lokal. Ini akan lebih mengena kepada diri kita karena relate dengan kehidupan kita sehari-hari.
Dari kondisi alam saja sudah sama. Belum lagi kalau suku dan ras kita sama dengan mereka. Pastilah ada beberapa nilai yang sama-sama dijunjung. Lebih mantap bukan?

Selain itu, mereka telah melalui rintangan hidup yang tidak kalah berat dengan tokoh internasional. Mereka ini asli Indonesia. Semoga dengan belajar dari mereka kita akan menambah deret panjang pengusaha sukses di Indonesia.
Penasaran dengan tips bisnis dari pengusaha sukses Indonesia? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Memulai usaha itu tidak pernah mengenal modal. Modal itu urusan ke-5, ke-6, ke-10, dan seterusnya.” (Sandiaga S. Uno)
    Siapa tak mengenal sosok pengusaha muda Sandiaga Uno? Ia mampu sukses di usia muda. Berkat kecerdikan dan kegigihannya kesuksesan telah mampu ia raih dalam usia yang tergolong masih awal.
    Sandi mengungkapkan, bahwa sekarang ini bukan lagi saatnya mempermasalahkan modal. Modal itu urusan ke-sekian dan sekian. Kalau anda memiliki niat kuat, lakukan saja bisnis itu. Perlahan pikiran anda akan dibawa pada jalan yang semestinya. Otomatis begitu. Hingga anda tak sadar bahwa pintu kesuksesan sudah di depan mata.
  2. Ada yang bilang bisnis itu susah? Mulailah dari yang mudah!” (Naomi Susan)
    Memang sebuah kenyataan bahwa orang selalu menganggap bisnis itu susah. Setidaknya lebih susah dibanding mencari pekerjaan. Karena bisnis adalah mencari penghidupan layak dengan cara lebih ekstrem.
    Kalau anda masih berpikiran begitu, hal itu tidaklah seratus persen benar. Kalau bisnis terlalu susah, mulailah dari hal termudah bagi anda. Kalau anda mahir memasak, berarti bagi anda memasak adalah mudah. Lantas buka saja bisnis kuliner. Pilih kekuatan anda sebagai bekal bisnis, pasti semua akan terasa lebih mudah.
  3. Saya mulai bisnis tanpa rencana. Begitu mulai bisnis, merencanakan apa yang dilakukan sehari besok. Cukup sehari ke depan.” (Bob Sadino)
    Anda pasti mengenal pebisnis terkenal Bob Sadino. Beliau memang terkenal nyentrik dan melakukan maneuver unik dalam menjalankan bisnisnya. Termasuk salah satunya ialah tidak banyak membuat rencana.
    Bisnis itu langsung dilakukan. Tanpa perlu terlalu berencana. Terkadang terlalu banyak rencana justru akan menghambat. Buatlah rencana seperlunya lalu segera terapkan. Daripada terlalu banyak rencana tetapi tak segera bergerak.
  4. Tanpa kerja keras kesuksesan itu omong kosong.” (Chairul Tandjung)
    Anda tentu mengenal raksasa bisnis Trans Grup? Nama besar di baliknya adalah Chairul Tandjung si anak singkong. Ia dulu tidak terlahir dari keluarga kaya dan sekarang ia mampu mempekerjakan ribuan orang.
    Satu tips penting dari beliau adalah teruslah bekerja keras. Tetapkan semua strategi ampuh dan kerahkan kemampuan dalam menjalankannya. Karena kesuksesan tanpa kerja keras hanyalah omong kosong. Jadi pastikan untuk bekerja keras.
  5. Menciptakan masa depan itu dengan pola pikir masa depan, bukan dengan pola pikir masa sekarang apalagi masa lalu.” (Purdie E. Chandra)
    Pengusaha itu harus berorientasi pada masa depan. Bukan pada masa sekarang apalagi masa lalu. Nah, anda harus menerapkan hal ini dalam menjalankan bisnis.
    Ketika anda membangun bisnis, pikirkan apakah bisnis ini akan membantu anda menyongsong masa depan. Tinggalkan bisnis yang bersifat sesaat dan fokuskan diri untuk bisnis yang bertahan jangka panjang.

Masa depan hanya anda yang bisa menjamin. Maka bangun bisnis anda untuk menjamin masa depan anda sendiri.
Itulah 5 tips bisnis dari pengusaha Indonesia. Terlihat sederhana tetapi sebenarnya tidak mudah untuk dilakukan. Tapi ada satu tips mudah untuk menaklukkan hal sulit yakni dengan melakukannya.

Lama-lama pasti akan terbiasa dan menjadi kebiasaan. Itulah esensi dari bisnis yang harus anda lakukan. Anda pasti bisa.

Jika Anda masih bingung ingin membuka bisnis? Fastpay menjadi salah satu solusi yang bisa menjadi ladang rezeki dengan penghasilan tambahan belasan juta tiap bulannya, bergabunglah dengan Fastpay. Hanya di Fastpay, yang mempunyai 8 layanan bisnis dalam 1 aplikasi. Yuk, tak perlu ragu lagi, hanya Fastpay solusi bisnis terbaik di tahun 2019.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Inilah 5 Tips Bisnis dari Wirausahawan Sukses Indonesia

Tim SBF