Ini Cara Cabut Gigi Bungsu dengan BPJS Gratis

Sebarkan artikel ini

Cabut gigi bungsu merupakan salah satu prosedur yang dapat ditanggung dengan BPJS, selama kondisi gigi memenuhi syarat asuransi BPJS.

Inilah cara mencabut gigi bungsu dengan BPJS 

Mengenal Gigi Bungsu

Gigi bungsu merupakan gigi yang muncul di usia 17-25 tahun. Gigi bungsu perlu dicabut apabila tumbuh dalam posisi miring karena dapat mengganggu aktivitas sehari-sehari, seperti merusak gusi ataupun makanan menjadi mudah terselip. Apabila tidak ditindaklanjuti, maka akan muncul gejala sebagai berikut:

  1. Nyeri di area gigi bungsu;
  2. Infeksi gusi;
  3. Gigi geraham bungsu berlubang hingga membusuk;
  4. Gusi di area sekitar geraham mudah berdarah;
  5. Timbulnya kista.

Pasien dapat melakukan cabut gigi bungsu dengan syarat sudah memenuhi indikasi medis dari dokter gigi tingkat pertama (puskesmas).

Perawatan Gigi dan Mulut Yang Ditanggung BPJS

Dilansir CNN Indonesia, BPJS Kesehatan menerima sejumlah perawatan gigi dan mulut. Hal ini tertera dalam peraturan BPJS Kesehatan No 1 Tahun 2014 Pasal 52 ayat 1 yang diantaranya adalah;

  1. Biaya pendaftaran pasien
  2. Biaya administrasi lain yang terjadi selama proses pelayanan dan perawatan kesehatan pasien
  3. Pemeriksaan kesehatan gigi
  4. Pengobatan kesehatan gigi
  5. Konsultasi kesehatan gigi
  6. Pemberian obat-obatan yang dilakukan sebelum pembiusan selama operasi
  7. Kegawatdaruratan oro-dental
  8. Pencabutan gigi sulung dengan anestesi
  9. Pencabutan gigi tanpa penyulit
  10. Obat-obatan pasca-penyabutan gigi
  11. Penambalan dengan bahan komposit
  12. Pembersihan gigi satu tahun sekali

Sehingga operasi gigi bungsu dengan BPJS dapat dilakukan, namun pastikan untuk mengikuti prosedurnya dengan tepat. Berikut prosedur operasi mencabut gigi bungsu dengan BPJS.

1. Datang ke faskes tingkat pertama (FTKP)

Terlebih dahulu peserta BPJS Kesehatan mendatangi faskes tingkat pertama sesuai yang terdaftar di kartu BPJS. Faskes pertama terdiri dari puskesmas atau setara, praktik dokter, klinik pertama atau yang setara, dan rumah sakit D atau yang setara.

Pastikan untuk membawa berkas-berkas terkait seperti fotokopi KTP dan Kartu Keluarga untuk mempermudah proses administrasi.

2. Konsultasi di Faskes Pertama

Apabila anda mendatangi salah satu fasilitas faskes pertama, maka anda dapat mendaftar ke bagian poli gigi. 

Gigi anda akan diperiksa oleh dokter gigi untuk menentukan langkah selanjutnya terhadap kondisi gigi bungsu anda. Apabila gigi anda perlu penanganan lebih lanjut, biasanya anda akan diarahkan ke faskes kedua.

3. Penanganan Cabut Gigi Bungsu di BPJS

Apabila anda sudah dirujuk ke faskes kedua, anda akan dilayani oleh dokter spesialis gigi dan dapat melakukan tindakan penanganan cabut gigi bungsu. Penanganan cabut gigi bungsu sendiri di tanggung oleh BPJS.

Cek selalu status kepersertaan BPJS anda aktif dengan membayar iuran dan bebas tunggakan agar dapat memanfaatkan berbagai fasilitas lain yang tersedia oleh BPJS Kesehatan.

Anda dapat membayar iuran BPJS Kesehatan melalui loket Fastpay terdekat.

Peluang Bisnis Fastpay Modal Kecil Menguntungkan

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa melayani pembayaran tagihan bulanan terlengkap, menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan hanya modal kecil saja untuk bisnis PPOB Fastpay. Menjadi Agen Fastpay atau Mitra Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB terlengkap; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, bus AKAP, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; layanan transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Bisnis Fastpay itu produk dan layanannya dibutuhkan masyarakat Indonesia sampai kapanpun untuk bayar tagihan, beli pulsa, internet, tiket perjalanan, kirim barang, dll. Semua kebutuhan itu bisa dilakukan di Agen Fastpay.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Bisa transaksi dan transfer uang menggunakan EDC Fastpay.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.
ic_daftarfastpay Ini Cara Cabut Gigi Bungsu dengan BPJS Gratis ic_temukan-di-googleplay Ini Cara Cabut Gigi Bungsu dengan BPJS Gratis
asset-bisnis-ppob-terlengkap Ini Cara Cabut Gigi Bungsu dengan BPJS Gratis

Meidira