Hari Gini Jadi Pengangguran? Cobalah Usaha Ekspedisi Kecil-Kecilan Ini

Sebarkan artikel ini

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat pengangguran tinggi. Hal ini disebabkan karena kurangnya lapangan pekerjaan bagi sebagian orang. Terutama penduduk yang berada di pulau jawa. Nah, untuk mengurangi pengangguran tersebut Anda bisa membuka lapangan pekerjaan baru.

Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk mengurangi tingkat pengangguran adalah membuka usaha ekspedisi kecil-kecilan. Meski awalnya perusahaan yang dibuat masih dibilang sederhana dan kecil. Namun, usaha seperti ini bisa cepat berkembang dan cepat kembali modal.

Sebab, pada era globalisasi saat ini banyak sekali toko online yang membutuhkan jasa ekspedisi. Oleh karena itu, Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan konsumen. Selain itu, Anda juga tidak perlu modal yang banyak saat membuka perusahaan ini. Hanya saja Anda harus menyiapkan beberapa hal seperti tempat, alat, pegawai dan lain-lain.

Mudah bukan mendirikan perusahaan sendiri? Namun demikian, Anda tetap harus  menjalankan perusahaan tersebut sesuai dengan prosedur. Nah, untuk Anda yang ingin membuka usaha ekspedisi kecil-kecilan. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Memulai Bisnis Ekspedisi

1. Menentukan Produk

Untuk memulai bisnis ekspedisi hal terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti tempat, alat atau produk dan lain-lain. Nah, dalam menyiapkan alat untuk memicu kelancaran bisnis ekspedisi diharapkan agar selalu teliti.

Sediakan semua alat yang memang dibutuhkan seperti PC, printer, solasi, kertas dan lain-lain. Serta untuk keperluan pengiriman barang Anda harus menyediakan kendaraan bermotor. Jika produk yang disiapkan sudah lengkap kemudian Anda bisa melakukan langkah selanjutnya yaitu membagi modal. Menyiapkan Modal

Hal yang paling utama dalam memulai suatu bisnis adalah modal yang cukup. Namun, untuk membuka bisnis ekspedisi in Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Gunakanlah modal yang Anda miliki dengan bijak. Belilah semua alat yang memang diperlukan.

Bila perlu, catatlah apa saja yang akan dibeli. Hal ini ditujukan agar pengeluaran modal tidak membengkak. Selain itu, dalam memulai bisnis ekspedisi ini sangatlah simpel dan semua orang pasti bisa melakukannya. Hanya saja perlu semangat dan daya juang yang tinggi agar bisa mengembangkan usaha tersebut.

2. Menyiapkan SDM

Jika semua komponen seperti modal dan produk sudah siap selanjutnya, Anda perlu merekrut karyawan untuk membantu melancarkan usaha yang akan dijalankan. Carilah pegawai yang ahli dalam bidangnya. Seperti misalnya, saat akan memilih kurir carilah orang yang memang sudah berpengalaman.

Bila perlu, catatlah apa saja yang akan dibeli. Hal ini ditujukan agar pengeluaran modal tidak membengkak. Selain itu, dalam memulai bisnis ekspedisi ini sangatlah simpel dan semua orang pasti bisa melakukannya. Hanya saja perlu semangat dan daya juang yang tinggi agar bisa mengembangkan usaha tersebut.

3. Menyiapkan SDM

Jika semua komponen seperti modal dan produk sudah siap selanjutnya, Anda perlu merekrut karyawan untuk membantu melancarkan usaha yang akan dijalankan. Carilah pegawai yang ahli dalam bidangnya. Seperti misalnya, saat akan memilih kurir carilah orang yang memang sudah berpengalaman.

Tips Memulai Usaha Ekspedisi Kecil-Kecilan

1. Layanan Ramah dan Informatif

Biasakan bersikap ramah dan informatif terhadap semua pelanggan. Latihlah semua pegawai agar bisa bersikap sopan dan bisa memberikan informasi dengan jelas kepada pelanggan yang memiliki masalah pengiriman.

Selain itu, Anda juga harus membiasakan para pegawai agar selalu tahu tentang informasi pengiriman barang terkini. Dengan demikian apabila terjadi komplain, para pegawai Anda bisa menjelaskan dengan baik dan tenang.

2. Administrasi Rapi dan Mudah Diakses

Khusus yang bekerja pada bagian administrasi diperlukan ketelitian lebih. Sebab, sesuai data pelanggan akan tercatat pada bagian ini. Nah, sistem administrasi yang rapi sangat diperlukan oleh sebuah perusahan ekspedisi. Hal ini dikarenakan jika terdapat komplain dari pelanggan Anda bisa mencari informasinya lebih mudah.

Selain itu, dengan sistem administrasi yang rapi dan mudah diakses bisa membuat para pelanggan puas. Dengan kepuasan pelanggan tersebut bisa membuat perusahaan Anda lebih berkembang.

3. Cekatan Saat Menghitung dan Meletakkan Barang

Semua orang memiliki sifat yang berbeda-beda. Begitu juga para pelanggan yang akan mengirimkan barang. Usahakan semua pegawai selalu cekatan dalam mengurus barang yang akan dikirim, seperti dalam menghitung barang atau meletakkan barang.

Jika hal ini sudah dikuasai maka peluang perusahaan mencapai tingkat kesuksesan akan lebih mudah. Para pelanggan yang melihat kecepatan pegawai dalam melakukan pekerjaannya akan salut dan puas.

Oleh karenanya pelanggan tersebut akan terus kembali dan selalu menggunakan jasa ekspedisi yang Anda dirikan tersebut. Bukan hanya itu saja, dengan baiknya sistem yang diterapkan dalam perusahaan para pelanggan akan membicarakannya ke luar atau pada teman-temannya.

Dengan demikian perusahaan Anda pun akan memiliki lebih banyak pelanggan baru. Jika hal tersebut terjadi secara terus menerus maka, perusahaan yang Anda pegang akan mudah berkembang menjadi lebih baik lagi.

4. Melakukan Evaluasi

Jika usaha yang Anda bangun sudah berjalan, selalu lakukan evaluasi. Carilah semua kekurangan yang terdapat pada ekspedisi Anda. Kemudian, lakukan perubahan yang bisa memuaskan para pelanggan.

Bila perlu ubahlah kekurangan tersebut menjadi kelebihan. Apabila usaha yang dijalankan selalu terpantau dan selalu dievaluasi maka kemungkinan bangkrut akan tipis. Sehingga, untuk Anda yang baru menjalankan usaha menjadi agen ekspedisi lakukanlah evaluasi secara rutin.

5. Inovasi Baru

Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan saat memulai usaha menjadi agen ekspedisi adalah dengan membuat inovasi baru. Hal ini bisa membuat daya tarik tersendiri bagi para pelanggan yang berkunjung. Lakukan beberapa inovasi baru seperti merubah suasana kantor dan lain-lain.

Keuntungan Usaha Ekspedisi

1. Kirim Barang Tanpa Batas

Dengan menggunakan jasa ekspedisi ini, siapa pun bisa mengirimkan berbagai macam barang dengan jumlah yang banyak. Selain itu, harga yang dibayarkan untuk mengirim barang dalam jumlah yang banyak juga akan lebih hemat.

2. Barang Cepat Sampai ke Tujuan

Dengan menggunakan jasa ekspedisi ini, semua barang yang dikirimkan akan cepat sampai. Apabila terjadi keterlambatan, biasanya pihak ekspedisi akan memberitahukan pada pelanggan yang bersangkutan. Jadi, Anda yang akan mengirimkan barang apapun bisa dilakukan dengan cepat dan tepat melalui jasa ekspedisi.

3. Menjadi Ladang Bisnis

Selain memiliki peluang yang besar, dalam menjalankan usaha ekspedisi ini juga bisa menjadikannya sebagai ladang bisnis. Banyaknya jual beli online yang saat ini dilakukan membuat jasa ekspedisi ini semakin banyak dibutuhkan.

Oleh karena itu, Anda yang sudah membuka jasa ekspedisi jangan pernah takut tidak mendapatkan pelanggan. Sebab, saat ini banyak sekali para penjual online yang pasti akan datang untuk mengirimkan barang.

4. Cepat Kembali Modal

Dengan melakukan bisnis ekspedisi ini banyak keuntungan yang akan Anda dapat. Keuntungan utama yang bisa diraih adalah modal yang cepat kembali. Hal ini dikarenakan bisnis ekspedisi yang semakin dibutuhkan oleh banyak orang membuat perusahaan bisa mendapat keuntungan yang besar.

Jika keuntungan yang didapat selalu stabil bahkan selalu meningkat. Maka, modal yang dikeluarkan di awal akan cepat kembali. biasanya modal tersebut bisa kembali setelah 3 bulan menjalankan bisnis.

Nah, seperti itulah penjelasan mengenai cara membuka usaha ekspedisi kecil-kecilan. Selain memiliki keuntungan yang besar, cepat kembali modal dan tidak perlu ribet dalam menjalankannya. Anda juga bisa mengembangkan usaha tersebut menjadi lebih besar lagi. Semoga informasi ini berguna untuk Anda yang akan membuka perusahaan ekspedisi rumahan.

Anda miliki sejuta kesempatan agar bisnis Ekspedisi sukses dengan mempelajari cara berbisnis Ekspedisi Lion parcel di aplikasi Fastpay. Di Toko Modern Fastpay, apa aja ada!


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI


Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya! 

facebook-sentra-bisnis-fastpay Hari Gini Jadi Pengangguran? Cobalah Usaha Ekspedisi Kecil-Kecilan Ini

aditiya1920