Grafik Perjalanan Kereta Api 2021, Jadwal Berubah dan Waktu Tempuh Lebih Cepat

Sebarkan artikel ini
  • Tahun 2019 PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengangkut 429 juta penumpang, naik 4 juta penumpang dari tahun 2018.
  • Jumlah penumpang kereta api selama tahun 2020 mencapai 185 juta penumpang ditengah wabah pandemi Covid-19.

PT Kereta Api Indonesa (PT KAI) mengeluarkan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021 terbaru yang efektif berlaku per 10 Februari 2021 yang mempersingkat waktu tempuh dan perubahan jadwal perjalanan.

Waktu perjalanan kereta api akan semakin singkat dan sebagian kereta api mengalami perubahan jadwal keberangkatan. PT KAI akan memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2021 yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan No KP 1385 Tahun 2020 tentang Penetapan Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021 dan KP 1362 Tahun 2020 tentang Penetapan Lintas Pelayanan Perkeretaapian pada Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021.

Grafik Perjalanan Kereta Api atau Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan pelanggan pada Gapeka 2021 adalah efisiensi waktu perjalanan KA. Terdapat efisiensi waktu perjalanan KA Penumpang sebesar total 5.350 menit dan KA Barang sebesar total 6.321 menit.

Dengan pemberlakuan Gapeka 2021 ini, maka waktu tempuh perjalanan KA penumpang dan barang menjadi lebih singkat. Untuk kemudahan pembelian tiket kereta, bisa melalui Loket Toko Modern Fastpay terdekat atau menggunakan aplikasi Fastpay.

KA Malabar relasi Stasiun Malang – Bandung yang perjalanannya lebih singkat 150 menit, dari sebelumnya 16 jam 16 menit menjadi 13 jam 46 menit.

Kereta relasi Surabaya – Yogyakarta dari sebelumnya rata-rata perjalanan 5 jam 17 menit menjadi rata-rata 4 jam, lebih singkat 1 jam.

Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi perubahan Gapeka dari 2019 ke 2021 antara lain, adanya jalur ganda yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan seperti di lintas Tambak – Kebumen – Butuh dan Jombang – Mojokerto.

Faktor selanjutnya adanya peningkatan angka puncak kecepatan di berbagai lintas seperti lintas Pasuruan – Probolinggo yang mencapai 90 km/jam dimana sebelumnya hanya 60 km/jam.

Faktor ketiga adanya penambahan lintas baru seperti Binjai – Besitang serta stasiun baru seperti Stasiun Pulau Aie.

Faktor keempat, adanya elektrifikasi lintas Solo Balapan – Yogyakarta.

Bagi penumpang kereta yang telah memesan tiket kereta untuk keberangkatan tanggal 10 Februari ke atas, silahkan pastikan kembali jadwal perjalanan kamu karena terdapat perubahan jadwal keberangkatan KA pada Gapeka 2021 agar kamu tidak tertinggal kereta karena sudah diberlakukannya Gapeka 2021.

Misalnya KA Argo Lawu relasi Stasiun Gambir menuju Stasiun Solo Balapan yang semula berangkat dari Gambir pukul 21.00 WIB, mulai 10 Februari berubah keberangkatannya menjadi pukul 20.00 WIB atau lebih awal 60 menit.

Untuk jadwal Gapeka 2021 akan diupdate di informasi Kereta Fastpay selanjutnya.

Baca: Perubahan Jadwal Kereta Api Argo Wilis, Bima, Turangga Sesuai Gapeka 2021 per 10 Februari 2021

Bagi setiap penumpang kereta api juga dihimbau dan wajib mematuhi peraturan naik kereta api jarak jauh.

Baca: Informasi Aturan Baru Naik Kereta Jarak Jauh

Untuk kemudahan pembelian tiket kereta api, bisa melalui Loket Toko Modern Fastpay terdekat atau melalui aplikasi Fastpay.

__________

Toko Modern Fastpay adalah bisnis keagenanan keuangan digital & sistem pembayaran terlengkap yang melayani berbagai macam kebutuhan orang Indonesia seperti layanan perbankan setor tunai, tarik tunai dan transfer uang antar bank murah, daftar merchant QRIS tercepat, layanan ekspedisi kirim dokumen dan barang kemana aja, top up saldo e-money lengkap, layanan tiket pesawat dan kereta, layanan pembayaran tagihan terlengkap, layanan pembelian pulsa, internet dan voucher game lengkap, dengan keuntungan jutaan rupiah tiap bulan dari jasa pembayaran. Tertarik bisnis menguntungkan ini? Daftar sekarang disini

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/