Cara Perpanjang SIM Online Termasuk Cara Bayarnya

Sebarkan artikel ini

Cara Perpanjang SIM Online Termasuk Cara Bayarnya – Ini cara lengkapnya untuk memperpanjang SIM via aplikasi. Lebih mudah dan cepat prosesnya.

Memperpanjang SIM untuk izin berkendara rutin dilakukan setiap lima tahun sekali. Tujuannya tentu untuk memastikan pengendara tetap kompeten untuk mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya.
Seiring berjalannya waktu tentu skill dan pengetahuan pengendara tetap harus diuji. Hal tersebut dimaksudkan untuk menekan angka kecelakaan karena tidak mahir dan tidak paham tentang hal-hal seputar berkendara di jalan.

Berikut hal-hal yang perlu diketahui seputar perpanjangan SIM di Indonesia yang ternyata bisa dilakukan secara online:

Tujuan Perpanjangan SIM Bagi Pengendara

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)

Setiap pengendara kendaraan bermotor di Indonesia tentu wajib punya tanda kelayakan untuk mengendarai kendaraan masing-masing. Salah satunya tentu adalah dengan kepemilikan Surat Izin Mengemudi atau SIM.

SIM yang diterbitkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia dimaksudkan untuk jadi tanda bahwa seseorang telah mampu dan cakap dalam berkendara. Jadi pengendara tidak hanya memahami cara mengendarai kendaraan tapi juga pengetahuan seputar lalu lintas hingga pengendalian emosi.

Pembuatan SIM juga dimaksudkan untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas karena kelalaian pengendara. Karena pengendara tidak paham rambu lalu lintas dan lainnya terkadan kecelakaan bisa terjadi.

Ketika SIM telah dikeluarkan, maka masa berlakunya adalah 5 tahun. Jadi setiap 5 tahun sekali SIM pengendara harus melakukan perpanjangan SIM. Berikut beberapa tujuan perpanjangan SIM di Indonesia

  1. Mengukur tingkat pengetahuan pengendara saat berkendara di jalan
  2. Memastikan pengendara masih memiliki skill hingga attitude yang tepat untuk dipakai saat mengendarai kendaraan sehingga tidak menyebabkan kecelakaan lalu lintas baik pribadi maupun melibatkan orang lain
  3. Menyaring pengemudi yang masih layak dan tidak layak berkendara
  4. Mengikuti perkembangan teknologi serta peraturan berkendara sesuai zaman
  5. Memastikan identitas berkendara yang sah sehingga tidak ada pemalsuan

Baca juga : Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan di Fastpay

Cara Perpanjang SIM Online

Cara Daftar Aplikasi Digital Korlantas POLRI

Karena perkembangan zaman yang makin maju, kini SIM dapat diperpanjang secara online. Jadi tidak perlu harus mengantri di SATPAS untuk pembuatan SIM. Sebelum memperpanjang Anda bisa membuat dan memverifikasi akun terlebih dahulu. Berikut tutorialnya:

  1. Instal aplikasi Digital Korlantas di Google Play Store dan App Store
  2. Masukkan nomor telepon dan tunggu kode OTP untuk verifikasi identitas
  3. Masukkan kode OTP yang dikirimkan via SMS
  4. Buat PIN aplikasi dan lakukan konfirmasi PIN
  5. Lengkapi profil dengan mengisi NIK, nama sesuai e-ktp, dan alamat email
  6. Lakukan verifikasi diri dengan foto diri di aplikasi

Cara Perpanjang SIM di Aplikasi Digital Korlantas POLRI

Setelah identitas terverifikasi baru pengajuan perpanjangan SIM bisa dilakukan. Berikut cara perpanjang SIM hingga SIM baru bisa diterbitkan bahkan diantar ke rumah:

  1. Siapkan dokumen seperti foto e-KTP, foto SIM, foto tanda tangan di atas kertas putih, dan pas foto latar belakang biru dengan resolusi 480×640 px tanpa berkacamata dan penutup kepala seperti topi dan peci
  2. Melakukan pengecekan kesehatan jasmani di erikkes.id untuk pengecekan kesehatan dan datang ke klinik yang telah bekerja sama dengan POLRI untuk menerbitkan surat keterangan sehat
  3. Mengerjakan tes psikologi di aplikasi epPSI yang bisa diakses di handphone
  4. Melakukan registrasi identitas mulai dari memilih jenis SIM, memasukkan nomor SIM, hingga melakukan pengunggahan dokumen di poin 1
  5. Mengunggah hasil surat kesehatan dan tes psikologi
  6. Memilih lokasi SATPAS sesuai domisili
  7. Memasukkan rekening pengambilan sesuai bank yang dimiliki
  8. Mengatur pengiriman SIM dengan sistem ambil sendiri atau diantarkan ke rumah. Jika diantarkan maka, akan menggunakan jasa ekspedisi POS Indonesia dan ada biaya ongkos kirim sesuai lokasi rumah
  9. Lakukan konfirmasi data dan tunggu hingga SIM diproses dan selesai cetak untuk bisa diambil atau diantarkan ke rumah

Pengajuan perpanjang SIM bisa dilakukan sejak 90 hari sebelum tanggal masa berlaku SIM berakhir yang tertera di SIM setiap pengendara. Ketika SIM tidak diperpanjang hingga batas akhir, maka pengendara harus mengulang proses pembuatan SIM. Jadi jangan sampai terlupa untuk memperpanjang SIM.

Baca juga : Inilah Biaya Denda Telat Membayar Pajak Motor

Biaya Perpanjang SIM

Untuk biaya perpanjangan SIM bervariasi tergantung dari jenis SIM. Untuk perpanjang SIM A biayanya 80 ribu rupiah. Sedangkan untuk perpanjang SIM C biayanya 75 ribu rupiah. Tentunya itu belum termasuk biaya tes kesehatan dan psikologi.

Tes kesehatan sendiri setiap orang harus mengeluarkan 60 ribu dan dibayarkan di fasilitas kesehatan yang telah dipilih di aplikasi digital korlantas. Sementara untuk tes psikologi di aplikasi sebesar 37.500 rupiah (belum terhitung admin bank).

Jika pengendara ingin SIMnya dikirim ke rumah maka, dapat mengatur di aplikasi dan akan dikirim oleh ekspedisi POS Indonesia. Setidaknya uang yang dikeluarkan kurang lebih 20 ribu tapi bisa juga berbeda tergantung lokasi rumah.

Perpanjang SIM di Indonesia bisa dimanfaatkan sebagai bisnis Anda. Anda bisa mendaftar jadi agen Fastpay dan melayani layanan transfer ke rekening digital korlantas. Hal ini karena saat ini digital korlantas hanya melayani pembayaran via virtual account BNI.

Fastpay melayani transfer ke ratusan bank di Indonesia, termasuk BNI sebagai salah satu bank besar di Indonesia. Tidak hanya layanan transfer bank, tapi juga berbagai layanan PPOB lain seperti pembayaran listrik, telepon, internet, tiket perjalanan, hingga bayar pajak pun ada. Belum lagi kesempatan jadi agen ekspedisi besar seperti JNE, SiCepat, Lion Parcel, dan pos Indonesia.

Jangan sia-siakan kesempatan untuk dapatkan uang dengan mudah hanya modal handphone. Bersama Fastpay, bisnis jadi lebih mudah dan untung pun bisa berlimpah.

Daftar Jadi Mitra Fastpay
Daftar Jadi Mitra Fastpay
Unduh Fastpay di Playstore
Unduh Fastpay di Playstore

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari