Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan di Fastpay

Sebarkan artikel ini

Pajak kendaraan bermotor tentu salah satu kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan. Cara bayar pajak kendaraan bermotor harus dipahami oleh semua pemilik kendaraan. Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui sebagai para Wajib Pajak.

Komponen Bayar Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor

Untuk membayar pajak tahunan kendaraan bermotor, ada komponen-komponen yang mempengaruhi besarnya pajak tersebut.

Komponen yang mempengaruhi besar pajak kendaraan bermotor antara lain :

  1. Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB),
  2. Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB),
  3. Pengesahan dan penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK),
  4. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)
  5. Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ)
  6. Biaya administrasi

Perbedaan Tarif Pajak di Setiap Daerah

pajak-kendaraan Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan di Fastpay

Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor dikelola secara terpusat oleh SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap). Hal ini karena SAMSAT merupakan lembaga yang bertanggung jawab untuk mengurusi administrasi, legalitas kendaraan, dan kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor sesuai peraturan yang telah ditetapkan.

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 yang mengatur tentang pajak daerah dan retribusi daerah, setiap daerah dalam hal ini provinsi berhak untuk menentukan besaran tarif pajak.

Penghitungan didasarkan pada Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dikali tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) setiap daerah yang berbeda beda. Selain itu, ada karakteristik lain seperti potensi kerusakan jalan dan pencemaran dari penggunaan kendaraan bermotor yang turut mempengaruhi besaran pajak.

Besaran nilai pajak awalnya dihitung dari NJKB dengan tarif sebesar 1,5% dari besaran nilai tersebut. Namun, nilai tersebut akan semakin menyusut seiring menurunnya nilai jual kendaraan. Tentu wajar mengingat umur kendaraan bermotor pasti akan mempengaruhi kualitas pemakaian dan harga jualnya.

Jika Anda punya lebih dari satu kendaraan bermotor pun penghitungannya akan berbeda lagi. Selanjutnya disebut tarif pajak progresif kendaraan yang lebih rendah 2-10% sesuai ketentuan yang berlaku.

Efektifnya Bayar Pajak Kendaraan Bermotor secara Online di Fastpay

Cara cek pajak yang harus dibayarkan adalah Anda bisa mengecek di salah satu sisi dari STNK. Jangan sampai terlewat batas waktunya agar tidak terkena denda administratif.

Baca juga : Inilah Bayar Denda Telat Membayar Pajak Motor

Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan pembayaran, Anda dapat menggunakan Fastpay. Fastpay telah bekerja sama dengan banyak kantor SAMSAT di wilayah Indonesia.

Adapun beberapa kantor SAMSAT yang bekerja sama dengan Fastpay yakni SAMSAT Jawa Timur, SAMSAT Kota Balikpapan, SAMSAT Banten, SAMSAT Sumatera Utara, dan lainnya. Selengkapnya bisa Anda cek di aplikasi Fastpay. Namun, Anda yang mungkin tidak ingin instal aplikasi baru di handphone bisa juga membayar di mitra Fastpay sekitar lingkungan rumah Anda.

Fastpay merupakan pilihan tepat untuk Anda yang ingin memulai bisnis digital. Hal ini karena Fastpay telah memposisikan diri sebagai bisnis PPOB (Payment Point Online Bank) terlengkap, aman, dan terpercaya di Indonesia.

Apabila Anda tertarik untuk memulai bisnis digital, maka Anda bisa mendaftarkan diri sebagai mitra Fastpay. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh jika menjadi mitra Fastpay. Ingin tahu lebih lanjut? Anda bisa kunjungi website official Fastpay atau hubungi customer service di 0813 857 857 99 (call only) dan email resmi Fastpay support@fastpay.co.id,

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Sumber :
Artikel Fortune Indonesia
Rilis Materi Bapenda Jabar

Nita Novita Sari