Cara Mudah Cek Tagihan Listrik PLN Online

Sebarkan artikel ini

Listrik telah menjadi salah satu kebutuhan utama manusia. Agar kebutuhan listrik bisa terus terpenuhi, kita diwajibkan untuk membayar tagihan listrik PLN setiap bulannya. Penting bagi kita untuk cek tagihan listrik sebelum jatuh tempo pembayaran agar kita bisa menyiapkan biayanya sejak jauh-jauh hari. Masalahnya, kini PLN tak lagi memiliki fitur cek tagihan listrik pada website resmi mereka di www.pln.co.id. Namun, Anda tak perlu khawatir karena masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek tagihan listrik PLN dengan mudah melalui ranah online. Simak cara mudah cek tagihan listrik PLN online!

Layanan email PLN

Sebetulnya PLN menyediakan layanan pemberitahuan tagihan listrik melalui email. Namun, Anda harus terlebih dulu terdaftar di e-billing PLN. Dulu, hal tersebut bisa dilakukan melalui website resmi mereka, tetapi sejak adanya perombakan website, fitur tersebut sepertinya dihilangkan. Tenang saja, Anda masih bisa menanyakan tentang e-billing kepada PLN melalui email, yakni dengan mengirimkannya ke alamat pln123@pln.co.id. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menanyakannya melalui akun media sosial resmi PLN di @pln_123 (Twitter) atau PLN 123 (Facebook).

Menggunakan aplikasi PLN pada smartphone

Selain website dan media sosial, PLN juga memiliki layanan online lain dalam bentuk aplikasi bernama PLN Mobile. Melalui aplikasi inilah Anda bisa cek tagihan listrik, bahkan juga bisa digunakan untuk cek riwayat pemakaian kwh listrik, info status listrik, transaksi token listrik, info lokasi pembayaran melalui banking, hingga berfungsi sebagai sarana pengaduan keluhan pelanggan.

Aplikasi cek tagihan listrik PLN Mobile ini bisa di-download pada perangkat smartphone berbasis iOS dan Android. Untuk cek tagihan listrik melalui PLN Mobile, Anda bisa mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini:

  • Pilih menu “Informasi” pada tab menu
  • Pilih menu “Informasi” Tagihan dan Token Listrik
  • Masukkan ID pelanggan atau nomor meteran listrik
  • Klik “Cari”

Akan muncul status tagihan listrik Anda dan nominal yang harus dibayar

Melalui website

Meski website resmi PLN sudah tidak memiliki fitur untuk cek tagihan listrik online, Anda masih bisa menggunakan website lain di alamat www.cekbill.com. Caranya sangat mudah. Pertama, pilih navigasi “Cek Tagihan Listrik PLN” pada bagian kiri halaman utama. Lalu, masukkan ID pelanggan PLN dan kode captcha untuk verifikasi. Setelah itu, klik “Cek Tagihan” dan informasi mengenai tagihan listrik Anda akan segera muncul pada layar.

Melalui aplikasi FastPay

Bukan PLN saja yang memiliki aplikasi cek tagihan listrik. Anda juga bisa menggunakan aplikasi FastPay yang sangat mudah digunakan untuk mengecek tagihan PLN secara online. Langkah-langkahnya seperti ini:

  • Anda cukup pilih menu “PLN” pada halaman utama aplikasi FastPay
  • Pilih jenis tagihan yang akan dibayar, apakah itu listrik pasca bayar, listrik prabayar (token), atau non tagihan listrik (registrasi)
  • Masukkan ID pelanggan pada kolom yang tersedia, lalu klik “CEK”
  • Informasi tagihan listrik Anda akan langsung ditampilkan.

Tak hanya itu, aplikasi FastPay bahkan juga melayani bayar PLN online. Perlu diketahui bahwa tagihan listrik atau PLN biasanya dikenakan biaya admin bank atau loket, yang jumlahnya bisa berbeda-beda. Aplikasi FastPay menetapkan biaya standar yang diterapkan oleh sebagian besar bank, yakni Rp3.000. Jadi, jika misalnya Anda punya tunggakan tagihan, jumlahnya akan langsung diakumulasikan dengan denda sehingga Anda bisa mempersiapkan uang dalam jumlah pas.

Demi membantu memenuhi kebutuhan banyak orang dalam cek tagihan listrik dan bayar PLN online, saatnya memanfaatkan kesempatan ini untuk bergabung dengan Sentra Bisnis Fastpay dan raih berbagai keuntungannya sekarang juga!

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF