Cara Menabung Gaji Kecil yang Mudah dan Menguntungkan

Sebarkan artikel ini

Ingin menabung untuk masa depan namun penghasilan Anda masih terbilang kecil? Jangan menunda menabung hanya karena gaji masih kurang banyak. Agar Anda tetap bisa menabung meski penghasilan pas-pasan, ikuti cara menabung gaji kecil berikut ini. Masa depan makin terjamin dan Anda pun tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Jangan tunda, langsung lakukan ketika mendapat gaji

Ketika Anda sudah mendapat gaji, jangan menunda sedetik pun untuk menabung. Langsung sisihkan minimal 25% dari gaji Anda untuk persiapan masa depan. Cara menabung gaji kecil ini bisa dilakukan oleh Anda dengan penghasilan minim sekali pun. Dengan begitu, Anda akan berusaha untuk menyesuaikan pengeluaran harian sesuai jumlah gaji yang sudah dikurangi untuk tabungan.

Gunakan aplikasi keuangan

Bila Anda merasa tips menabung yang pertama terlalu mengekang, Anda dapat menggunakan tips yang satu ini, yakni dengan memanfaatkan smar phone Anda. Gunakan ponsel pintar tersebut untuk mengunduh aplikasi keuangan yang bisa membantu Anda dengan penghasilan kecil untuk menabung.

Anda bisa memilih banyak jenis aplikasi, sesuaikan dengan keinginan Anda. Mau yang bisa disambungkan dengan kartu debet atau yang lebih tradisional, semuanya ada. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengatur berapa jumlah pengeluaran dan tabungan Anda di awal bulan. Ketika pengeluaran melebihi batas yang seharusnya, Anda bisa melihatnya. Jadi, Anda tak akan pernah kekurangan uang untuk menabung nantinya.

Buka dua rekening bank

Tips menabung berikutnya adalah dengan membuka dua rekening bank. Cara ini tergolong mudah dan lebih aman. Anda bisa menggabungkan cara menabung ini dengan tips pertama. Jadi, ketika Anda sudah mendapatkan gaji, langsung transfer minimal 25% dari gaji tersebut pada rekening bank lain Anda. Sebaiknya Anda tak membawa kartu debet dari tabungan ini ke mana-mana karena godaan untuk menggunakannya pasti ada, apalagi ketika isinya sudah cukup lumayan dan Anda sedang lapar mata di pusat perbelanjaan.

Agar tidak malas untuk setor tabungan, Anda juga bisa menyetornya di Toko Modern FastPay. Gerainya banyak dan Anda jadi tidak perlu lagi pergi ke bank untuk menabung. Bisa langsung setor tunai dan masuk ke rekening Anda tanpa harus menunggu. Jadi, bila kamu malas setor tunai atau masuk ke ATM, setor saja uang Anda ke Toko Modern FastPay.

Tambah pemasukan, kurangi pengeluaran

Cara menabung lainnya adalah dengan menambah pemasukan dan mengurangi pengeluaran. Setelah Anda menyisihkan uang untuk tabungan, tentunya uang untuk kebutuhan harian jadi berkurang. Bila Anda masih bisa meminimalisir segala pengeluaran dan uangnya masih ada sisa, Anda mungkin tak memerlukan tambahan pemasukan. Namun, bila uangnya benar-benar pas, sebaiknya Anda mencari pekerjaan sampingan.

Mulai bisnis

Jika Anda termasuk orang yang tak bisa sama sekali untuk menabung, coba cari penghasilan tambahan yang bisa membuat kehidupan Anda lebih mudah. Salah satu contohnya adalah dengan menjadi anggota dari sentra bisnis FastPay. Ketika Anda bergabung dengan sentra bisnis FastPay, Anda bisa memberikan banyak layanan hanya melalui satu outlet, seperti membayar tagihan bulanan rutin, membayar asuransi BPJS, pembelian pulsa, paket data, voucher game, kebutuhan travel, paket wisata, ekspedisi, periklanan, setor dan tarik tunai uang, dan lain-lain.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menabung meski dengan gaji kecil. Jadi, penghasilan minim bukan alasan untuk menghabiskan uang Anda. Selama Anda bisa segera menyisihkannya pasti tetap akan ada simpanan untuk masa depan yang tak terduga. Bergabung bersama FastPay juga dapat memberikan penghasilan tambahan sekaligus membantu banyak orang memenuhi kebutuhan mereka.

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF