Cara Membayar Cicilan Kendaraan Tepat Waktu

Sebarkan artikel ini

Membayar cicilan kendaraan tepat waktu tentu dapat mencegah munculnya biaya tambahan berupa denda yang harus Anda bayarkan kepada pihak leasing. Akan tetapi, banyaknya tagihan setiap bulan yang datang ke rumah justru membuat Anda terlambat membayar cicilan kendaraan karena lupa tanggal jatuh tempo. Baik cicilan motor atau mobil memiliki peraturan tanggal pembayaran yang harus dipenuhi kalau tidak ingin kendaraan tersebut ditarik oleh pihak leasing.

Beruntung saat ini Anda tak perlu jauh-jauh pergi ke kantor leasing untuk membayar cicilan, sebab beberapa perusahaan sudah bekerjasama dengan bank dan juga layanan pembayaran tagihan online lainnya. Jadi, bagaimana cara membayar cicilan kendaraan tepat waktu dan bebas denda keterlambatan?

Buat reminder di smartphone

Seiring perkembangan teknologi, smartphone yang beredar saat ini sudah dilengkapi dengan pengaturan kalender yang sangat canggih. Anda bisa menambahkan catatan pengingat di tanggal jatuh tempo pembayaran cicilan kendaraan. Dengan demikian, alarm reminder yang sudah Anda atur akan berbunyi tepat di tanggal jatuh tempo untuk mengingatkan Anda bahwa hari itu adalah waktunya membayar cicilan kendaraan.

Terima tagihan lewat email

Selain membuat catatan pengingat di smartphone, Anda juga bisa meminta perusahaan leasing untuk mengirim tagihan cicilan kendaraan melalui alamat email yang aktif Anda gunakan. Cara ini cukup praktis, sebab secara otomatis sistem komputer yang dimiliki pihak leasing akan mengirimkan tagihan ke alamat email Anda sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran cicilan. Jadi, Anda akan dapat double reminder baik dari pengingat yang dibuat sendiri maupun tagihan email.

Mengurangi pengeluaran Tersier

Memutuskan untuk membeli kendaraan secara kredit, mau tidak mau mengharuskan Anda untuk semakin pandai dalam mengatur keuangan. Ada baiknya jika Anda bersikap bijaksana dalam mengurangi pengeluaran untuk kebutuhan tersier yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Misalnya, beristirahat di rumah saat akhir pekan daripada jalan-jalan ke mal yang justru membuat Anda tertarik untuk berbelanja barang-barang yang kurang penting.

Jadikan prioritas

Terlambat membayar cicilan kendaraan tentu bukan tanpa konsekuensi. Anda harus membayar denda keterlambatan yang nominalnya terkadang sama besar dengan jumlah cicilan yang harus dibayarkan. Untuk itu, jadikan kewajiban membayar cicilan kendaraan tepat waktu sesuai tanggal jatuh tempo sebagai pengeluaran prioritas Anda setiap bulannya.

Biasakan bayar sebelum tanggal jatuh tempo

Saat mengambil kredit kendaraan, sebaiknya Anda tidak tergiur dengan penawaran DP yang rendah. Pasalnya, dengan uang muka yang rendah, cicilan bulanan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya semakin tinggi. Apalagi jika Anda mengambil masa kredit pendek, otomatis cicilan bisa membengkak. Perhatikan lagi, apabila tanggal jatuh tempo pembayaran adalah di tanggal 10 setiap bulannya, maka biasakan bayar sebelum tanggal itu untuk mencegah denda.

Membayar cicilan di atas biaya minimum

Pada dasarnya, tidak banyak orang yang bersedia untuk membayar cicilan di atas biaya minimum yang ditagihkan pihak leasing. Padahal umumnya perusahaan penyedia kredit kendaraan akan menerapkan batas minimum cicilan kendaraan setiap bulan sebesar 10% dari total tagihan. Nah, untuk mencegah keterlambatan pelunasan, tidak ada salahnya Anda membayar cicilan di atas biaya minimum yang telah ditetapkan sebelumnya.

Gunakan fitur auto-debet

Apabila pihak leasing bekerjasama dengan bank tempat gaji Anda ditransfer, jangan ragu untuk memanfaatkan fitur auto-debet yang disediakan oleh pihak bank. Proses pembayaran ini sangat diminati oleh karyawan yang memiliki penghasilan tetap, sebab setiap tanggal jatuh tempo maka gaji mereka akan secara otomatis dipotong untuk membayar cicilan kendaran. Tentu saja, ini akan mencegah keterlambatan pembayaran.

Mencari tempat bayar cicilan paling mudah

Seperti yang sudah diterangkan di awal tulisan ini, bahwa Anda tak perlu pergi ke kantor leasing ataupun bank untuk membayar cicilan kendaraan. Cukup membayar cicilan Anda di toko modern FastPay, maka kewajiban kredit Anda sudah bisa dipenuhi. Terdapat lebih dari 100 ribu toko modern Fastpay di seluruh Indonesia, dengan sistem online yang stabil, membayar cicilan kendaraan kini jauh lebih mudah.

Masih takut membeli kendaraan secara kredit karena ada denda dalam jumlah yang cukup besar sebagai konsekuensi keterlambatan pembayaran? Dengan FastPay, semua kebutuhan pembayaran Anda dapat dilakukan dengan cepat, tepat, dan anti telat. Tidak hanya cicilan kendaraan, tetapi juga tagihan lain seperti PLN, PDAM, dan BPJS. Selamat mencoba!

banner Cara Membayar Cicilan Kendaraan Tepat Waktu

 

Tim SBF