Begini Cara Move On dari Kegagalan Berbisnis

Sebarkan artikel ini

Sukses berbisnis menjadi salah satu tujuan hidup bagi banyak orang, karena mencapai sukses membutuhkan kerja keras dan ketekunan hingga mencapai apa yang ditargetkan. Dengan kesuksesan berbisnis tersebut pula, akan semakin banyak orang yang merasakan manfaat dari kesuksesan tersebut, karena tentu saja berbisnis tidak dapat dilakukan sepenuhnya seorang diri. Kerja keras dan keyakinan yang terpompa akan menggiring semangat untuk mencapai sukses. Namun di sisi lain, hasil yang didapat terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi. Satu hal yang tak bisa dihindari dan harus dihadapi dalam berbisnis, yaitu kegagalan, akan selalu ada mengiringi jalan mencapai tujuan.

Kegagalan dalam usaha bisa dialami oleh siapa saja, tidak peduli itu pengusaha pemula ataupun yang sudah berpengalaman. Perbedaannya yaitu jika pengusaha pemula biasanya lebih banyak melakukan kegagalan dalam usaha, sedangkan pengusaha yang sudah berpengalaman akan lebih sedikit melakukan kegagalan karena memiliki beragam pengalaman dalam menghadapi kegagalan. Namun, kegagalan bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, justru kegagalan akan menjadi satu langkah menuju keberhasilan. Di balik kegagalan tersebut, selalu ada nilai positif yang bisa dipelajari yaitu pengalaman serta mental yang menjadi lebih kuat untuk menghadapi tantangan kedepannya. Sehingga, kegagalan lain yang akan datang tidak lagi menjadi sebuah hal yang perlu ditakutkan, bahkan bisa meminimalisir kegagalan lainnya.

Namun, untuk mendapatkan dan mempelajari nilai positif tersebut tidaklah mudah, karena kita tidak boleh menyerah dan segera bangkit dari kegagalan, serta segera memperbaiki kesalahan tersebut. Maka dari itu sangat penting memiliki mental yang kuat untuk bangkit dari kegagalan dalam usaha. Banyak orang yang akhirnya stres, depresi, dan mengisolasi diri akibat dari ketidaksiapan menghadapi kegagalan.

Berbagai cara dilakukan untuk persiapan mental dan langkah tepat menghadapi momen yang tak diinginkan ini. Lewat motivasi-motivasi usaha yang bisa membangkitkan semangat untuk cepat bangkit dari kegagalan sangat dibutuhkan. Setidaknya dengan adanya motivasi usaha, kita bisa menjadi lebih semangat dan giat lagi untuk memulai usaha yang baru. Tidak cukup dengan motivasi yang datang dari pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, maupun sumber yang lainnya. Sebagai wujud sikap pantang menyerah, Anda perlu untuk menerapkan strategi paling tepat untuk meniti kesuksesan. Berikut beragam cara agar cepat move on dari kegagalan berbisnis dan bahkan bisa menjadi kekuatan dan semangat baru untuk meraih keberhasilan yang perlu Anda ketahui. Berikut daftarnya:

  1. Perbaiki Pola Pikir atau Mindset

Semua orang pasti merasakan kegagalan. Ketika Anda gagal dalam usaha, tetaplah tenang dan jangan menyalahkan orang lain di sekitar Anda serta mengubah pola pikir atau mindset Anda. Anggaplah kegagalan ini menjadi pelajaran agar Anda kedepannya bisa lebih sukses. Percayalah bahwa perusahaan yang besar sekelas Microsoft saja atau perusahaan raksasa lainnya juga pasti pernah mengalami kegagalan, kalau tidak gagal tidak mungkin bisa sebesar sekarang. Perbaiki mindset Anda bahwa kegagalan bisa menimpa siapa saja dan kegagalan adalah awal dari keberhasilan. Kegagalan mendidik Anda menjadi sosok yang lebih kuat, berani, teliti, dan pantang menyerah. Ingatlah, kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

  1. Evaluasi Diri

Gagal bukan berarti selamanya akan gagal. Jernihkan pikiran Anda saat menghadapi masa sulit ini. Setelah pikiran Anda jernih, mulailah melakukan evaluasi diri penyebab kegagalan usaha, pikirkan hal terkecil sekalipun dan jangan dengan mudah menyalahkan pihak lain. Fokuslah untuk evaluasi diri sendiri. Mungkin lemah pada manajemen waktu, manajemen keuangan, sistem yang kurang terbangun, produk kurang inovatif, ketekunan, komunikasi dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa membuka diri agar orang lain memberikan masukan atau saran kepada usaha Anda, catatlah semua masukan yang dibicarakan orang tersebut kemudian lakukan evaluasi pada diri Anda. Setelah melakukan evaluasi diri, jangan lupa untuk menganalisis dan membuat plan matang tentang langkah selanjutnya yang akan diambil untuk bangkit dari kegagalan.

  1. Belajar dari Orang Lain

Ibarat jika kita berkawan penjual parfum maka akan tertular wangi, makanya Anda harus belajar dengan orang-orang yang sudah sukses agar Anda mengalami hal yang sama. Karena dengan Anda belajar dari orang sukses dalam bisnis, Anda akan mendapatkan pengetahuan baru dari orang yang sudah sukses terlebih dulu. Temukan orang yang menginspirasi Anda dalam berbisnis, dan mulailah kepoin atau stalking segala tips sukses kepadanya. Biasanya orang yang sukses tidak segan berbagi ilmu yang dia miliki untuk bisa sukses dalam menjalankan usahanya. Tentu saja Anda akan belajar banyak hal dari kisah sukses orang tersebut yang dapat diterapkan dalam langkah bisnis Anda. Jika perlu, Anda bisa meminta untuk melakukan pendampingan dalam berusaha agar bisa lebih maksimal.

  1. Berfikir Kreatif

Kreativitas sangat diperlukan untuk menjalankan bisnis yang terus berkembang, apalagi kualitas dan kuantitas kompetitor yang semakin meningkat memicu kreativitas kita untuk tetap berinovasi. Bisa dikatakan, produk atau pemasaran atau aspek lain yang kurang menarik juga bisa menjadi salah satu faktor kegagalan dalam usaha. Jadi, sebagai pengusaha cobalah mengamati produk, metode promosi, manajemen keuangan, pelayanan dan aspek menarik dari kompetitor Anda, kemudian pelajari tentang bisnis yang dijalankan kenapa bisa lebih unggul. Setelah Anda mengetahui jawabannya, Anda hanya perlu berpikir kreatif untuk memodifikasi apa yang dilakukan pesaing dengan ide-ide kreatif baru. Hal ini bisa menjadi inovasi usaha baru, sehingga menjadikan Anda lebih maju dan semakin percaya diri move on dari kegagalan.

  1. Tingkatkan Rasa Penasaran

Memiliki rasa penasaran tinggi atau istilah gaulnya kepo dan selalu mencari tahu akan hal baru akan berguna bagi para pengusaha. Dari rasa ingin tahu yang tinggi  inilah Anda akan mendapatkan pengetahuan baru dan ilmu baru yang bisa Anda jadikan bekal untuk menjalankan usaha Anda. Semakin kepo, maka semakin banyak hal yang bisa dipelajari. Semakin banyak yang dipelajari, semakin tahu dan lengkap bekal Anda untuk bangkit menghadapi kegagalan. Dengan pengetahuan dan ilmu yang banyak pastinya Anda akan lebih terhindarkan dari kegagalan dalam usaha.

  1. Tingkatkan Kepercayaan Diri

Bukan hanya mental yang kuat yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha, tetapi rasa percaya diri yang tinggi juga wajib dimiliki oleh seorang pengusaha. Tapi tentu bukan over confident atau kepedean. Anda harus selalu merasa yakin terhadap apa yang Anda kerjakan, bahwa suatu saat nanti yang Anda kerjakan tersebut akan mengantarkan Anda menuju kesuksesan. Apa yang Anda pikirkan itulah yang Anda alami. Percaya pada diri sendiri, maka Anda mampu mengontrol diri menghadapi kegagalan dan menggapai keberhasilan.

  1. Terus Mencoba

Semakin banyak mencoba, semakin besar pula peluang untuk berhasil. Thomas Alfa Edison saja pernah melakukan percobaan sebanyak 9.999, kemudian percobaan ke 10.000, ia baru bisa berhasil menemukan lampu pijar. Coba bayangkan bagaimana jadinya jika Thomas Edison berhenti pada percobaan ke 9.999? Pasti keberhasilan tidak akan datang menghampirinya. Jadi Anda jangan patah semangat, setiap orang memiliki jatah gagal masing-masing, teruslah mencoba hingga Anda berhasil.

Jangan pernah berhenti untuk terus mencoba bangkit dari kegagalan berbisnis dan terus mencari solusi agar dapat sukses berbisnis. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan Fastpay! Apa itu Fastpay? Baca di sini dan di sini. Tak perlu gundah ketika gagal berbisnis, saatnya move on ke Fastpay dan nikmati 8 layanan bisnis yang mudah penuh untung hanya dalam satu aplikasi di handphone. Bergabunglah dengan Fastpay sekarang juga di sini.

 


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Begini Cara Move On dari Kegagalan Berbisnis


Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya! 

facebook-sentra-bisnis-fastpay Begini Cara Move On dari Kegagalan Berbisnis

Tim SBF