Apa itu Face Recognition dan Cara Daftarnya Sebelum Boarding Kereta Api?

Sebarkan artikel ini

Face recognition jadi salah satu teknologi baru PT. Kereta Api Indonesia (KAI) untuk mempermudah proses boarding sebelum masuk ke kereta. Dengan penerapan teknologi tersebut, para penumpang tidak perlu lagi mencetak tiket fisik lagi. Jadi tentunya lebih hemat kertas hingga hemat waktu.

Dengan teknologi face recognition, yang diperlukan adalah pencocokan data penumpang di e-KTP dan wajah penumpang sehingga mencegah penipuan. Sudah sejak lama juga PT. KAI tidak menerapkan pembelian di loket secara offline. Untuk mempersingkat waktu dan mencegah adanya calo tiket, pembelian tiket dilakukan secara online melalui aplikasi pembelian tiket pesawat maupun agen tiket perjalanan.

Berikut pembahasan singkat seputar apa itu face recognition, cara daftar, hingga daftar stasiun dengan sistem face recognition:

Apa itu Face Recognition Saat Boarding di Stasiun

Tentang Fasilitas Face Recognition Boarding Gate
Tentang Fasilitas Face Recognition Boarding Gate

Dikutip dari kai.id, penerapan Face Recognition Boarding Gate adalah fasilitas yang diberikan PT. KAI untuk mengidentifikasi dan memvalidasi identitas penumpang melalui pengenalan wajah. Jadi dengan adanya fasilitas tersebut, wajah penumpang akan berfungsi sebagai alat untuk verifikasi dan validasi dengan identitas pribadi seperti e-KTP hingga status vaksinasinya. Dengan demikian sudah ada teknologi untuk mengintegrasikan data e–KTP dengan wajah penumpang saat di boarding gate.

Dengan diterapkannya face recognition, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas saat pengecekan kelengkapan perjalanan. Jadi, penumpang tidak perlu menunjukkan tiket kertas, KTP, dan lainnya.

Cara Daftarkan Diri untuk Bisa Pakai Fasilitas Face Recognition di Stasiun

Untuk mendaftarkan diri agar bisa memakai fasilitas face recognition, penumpang bisa datang lebih awal dari jam keberangkatan agar tidak terlambat masuk ke kereta. Minimal sediakan waktu sekitar 30 menit sebelum jam keberangkatan.

Registrasi diri untuk face recognition bisa dilakukan di dekat boarding gate. Nantinya akan dibantu oleh para petugas di stasiun yang akan mengarahkan untuk proses pendaftaran wajah dan verifikasi data diri menggunakan e-KTP. Baru setelahnya penumpang bisa masuk ke boarding area dan pindai wajah di mesin yang ada di pintu masuk boarding area.

Penerapan fasilitas Face Recognition Boarding Gate baru bisa diterapkan untuk perjalanan kereta jarak jauh. Jadi jika kamu sebagai penumpang kereta ingin bepergian dengan rute antar kota antar provinsi, jangan lupa daftarkan diri untuk mempermudah kamu saat proses boarding ya!

Pendaftaran untuk fasilitas baru milik KAI ini cukup dilakukan sekali saja untuk selamanya. Jadi tidak perlu registrasi ulang di stasiun lainnya.

Baca juga : Kereta Api New Generation Siap Melayani Penumpang untuk Beri Kenyamanan

Daftar Stasiun dengan Fitur Face Recognition di Indonesia

Ilustrasi Stasiun Kereta Api dengan Fasilitas Face Recognition
Ilustrasi Stasiun Kereta Api dengan Fasilitas Face Recognition

Dikutip dari kompas.com, pihak PT. KAI melalui VC Public Relationsnya mengatakan bahwa saat ini ada total 9 stasiun di Indonesia yang menerapkan fasilitas Face Recognition Boarding Gate yakni:

  1. Stasiun Gambir
  2. Stasiun Bandung
  3. Stasiun Cirebon
  4. Stasiun Semarang Tawang
  5. Stasiun Solo Balapan
  6. Stasiun Yogyakarta
  7. Stasiun Surabaya Gubeng
  8. Stasiun Surabaya Pasar Turi
  9. Stasiun Malang

Mulai Bisnis Jual Beli Tiket Kereta Online Bersama Fastpay

Memanfaatkan peluang tingginya transaksi tiket kereta secara online, Anda bisa membuka bisnis digital. Anda bisa memulainya bersama Fastpay yang membersamai banyak UMKM untuk go digital. Bersama Fastpay, banyak orang bisa mulai bisnis PPOB dengan lebih mudah. Termasuk salah satunya adalah penyedia tiket kereta secara online.

Anda bisa mendapatkan banyak komisi dari penjualan tiket kereta online dari tetangga atau pelanggan Anda nantinya. Tunggu apalagi? pendaftaran jadi agen Fastpay mudah, modal pun rendah tapi untung berlimpah.
Ingat bisnis PPOB, Ingat Fastpay karena Fastpay bukan PPOB Biasa!

Daftar Jadi Mitra Fastpay
Daftar Jadi Mitra Fastpay
Unduh Fastpay di Playstore
Unduh Fastpay di Playstore

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan modal kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari