7 Manfaat Jamu Beras Kencur

Sebarkan artikel ini

7 Manfaat Jamu Beras Kencur — Jamu beras kencur merupakan salah satu jamu yang dapat diracik di rumah. Jamu beras kencur sendiri memiliki berbagai macam manfaat khususnya pada kesehatan seperti meredakan batuk ataupun meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan nutrisi dalam jamu beras kencur memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Seperti magnesium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Adapun flavanoid yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Dikutip beberapa sumber seperti Alodokter dan Merdeka.com, berikut 7 Manfaat Jamu Beras Kencur yang dapat anda rasakan saat mengonsumsi beras kencur.

1.  Manfaat Jamu Beras Kencur sebagai Antikanker

Kandungan etil p-metoksisiamat dari jamu beras kencur dapat menghambat pertumbuhan berbagai sel kanker, seperti kanker lambung, kanker usus besar, dan kanker mulut. Apabila diminum sedini mungkin, sel kanker dapat ditangkal lebih cepat.

2. Manfaat Jamu Beras Kencur sebagai Antioksidan

Jamu beras kencur mengandung flavanoid, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh anda yang dapat memicu berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan kardiovaskular.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Untuk anda yang sedang kesulitan menambah nafsu makan anak, mengonsumi jamu beras kencur dapat membantu memecahkan masalah anda. Dengan mengonsumsi beras kencur, nafsu makan anak anda akan meningkat.

4. Antidiabetes

Pada penelitian yang dilakukan oleh Program Studi Farmasi, Universitas Tanjung Pura menunjukkan efek beras kencur pada tikus ditandai dengan penurunan pada glukosa darah, pengontrolan berat badan, serta mengurangi kerusakan pada pulau Langerhans pankreas.

Baca lebih lanjut: Operasi Katarak BPJS, Berikut Alur dan Syaratnya

5. Jaga stamina

Mengonsumsi jamu beras kencur dapat menjaga stamina dan kesuburan bagi pria. Untuk mendapatkan efek maksimal, anda dapat mengonsumsi jamu beras kencur sebelum beristirahat. Apabila anda ingin menghilangkan rasa pahit dari beras kencur, anda dapat mendapatkan madu agar lebih nikmat.

6. Anti Keram Perut

Apabila anda perempuan yang sedang menstruasi atau merasakan keram perut, anda dapat mengonsumsi jamu beras kencur untuk mengurangi sakit perut yang tak tertahankan tersebut. Jamu beras kencur dapat meredakan keram perut karena memiliki serat yang dapat membantu mengurangi masalah pencernaan.

7. Cegah Gigi Berlubang

Beras kencur yang memiliki sifat antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri Lactobacillus acidophilus dalam tubuh. Dengan demikian, dapat mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut dan gigi. Jika gigi berlubang terus dibiarkan, maka akan menyebabkan sakit gigi dan infeksi.

Membuat Jamu Beras Kencur

Membuat jamu beras kencur sangat mudah dan bisa anda lakukan di rumah. Berikut bahan dan cara membuat jamu beras kencur sebagai berikut.

Bahan

  • 50 gram kencur, kupas
  • 100 gram beras
  • 3 lembar daun pandan
  • 2,3 liter air
  • Gula aren secukupnya

Cara membuat

  • Sangrai beras hingga kekuningan
  • Haluskan beras, kencur, dan gula
  • Masukkan campuran tersebut dan daun pandan ke dalam air
  • Rebus hingga mendidih
  • Saring
  • Jamu beras kencur sudah dapat dikonsumsi.

Anda dapat mengonsumsi jamu beras kencur sebanyak 2 kali dalam sehari. Namun anda dapat mempertimbangkan dengan dokter anda terkait konsumsi jamu beras kencur anda dalam satu harinya.

Cukup informasi terkait jamu beras kencur yang dapat anda buat dan konsumsi di rumah. Selamat mencoba!

Meidira