7 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet Smartphone

Sebarkan artikel ini

Menghemat kuota internet smartphone merupakan hal yang penting, khususnya bagi Anda yang suka berselancar di dunia maya tanpa ingin mengeluarkan biasa besar hanya untuk membeli kuota. Jika Anda hemat, kuota internet Anda akan lebih lama terpakai dan Anda tidak perlu mengeluarkan bujet berlebihan untuk membeli kuota internet setiap bulannya.

Nah, penasaran bagaimana cara menghemat kuota internet smartphone yang bisa Anda lakukan dengan mudah? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini!

Aktifkan hanya saat diperlukan

Cara menghemat kuota internet smartphone yang pertama adalah mengaktifkan kuota internet hanya saat diperlukan. Usahakan untuk mematikan kuota internet Anda saat sedang tidak menggunakannya, misalnya ketika tidur. Dengan begitu, Anda dapat menghemat kuota internet secara lebih maksimal.

Manfaatkan Wi-Fi

Anda juga dapat memanfaatkan Wi-Fi jika ingin menghemat kuota internet smartphone. Apabila Anda tengah berada di kantor, café, restoran atau di tempat-tempat lainnya yang menyediakan fasilitas Wi-Fi, jangan ragu untuk menggunakannya. WiFi cukup ampuh dalam menghemat pemakaian kuota internet, mengingat Anda bisa mematikan paket data dan berselancar dengan nyaman di dunia maya tanpa perlu khawatir kehabisan kuota.

Rajin cek kuota pemakaian

Sebaiknya usahakan untuk rajin mengecek kuota pemakaian Anda. Cara ini cukup efektif untuk menghemat kuota internet smartphone karena apabila Anda rajin mengecek kuota pemakaian, Anda dapat menyeimbangkan antara kuota internet yang tersisa dengan aktivitas yang Anda lakukan. Cek lah kuota pemakaian dari waktu ke waktu untuk memastikan Anda tidak menggunakan kuota internet secara berlebihan.

Pilih paket sesuai pemakaian

Menghemat kuota internet smartphone juga bisa Anda lakukan dengan memilih paket yang sesuai dengan pamakaian Anda. Semakin besar paket kuota internet yang Anda pilih, semakin besar bujet yang harus Anda siapkan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyesuaikan pemilihan paket internet dengan pemakaian Anda setiap bulannya. Usahakan untuk memilih paket kuota internet dengan besaran yang memang Anda butuhkan.

Perhatikan kondisi sinyal

Jika Anda sering berkunjung di tempat-tempat yang susah sinyal, sebaiknya Anda mematikan paket data apabila ingin menghemat kuota internet smartphone. Cara ini cukup efektif untuk menekan penggunaan kuota secara berlebihan. Berhubung lokasi tersebut susah sinyal, Anda juga tidak perlu menghidupkan paket data, bukan? Kembali aktifkan paket data Anda ketika berada pada tempat dengan sinyal yang stabil, ya.

 

Matikan fitur auto-sync

Mematikan fitur auto-sync (sinkronisasi otomatis) juga dapat berpengaruh pada penggunaan kuota internet smartphone Anda. Banyak akun dengan fitur auto-sync pada smartphone yang membuat kuota internet Anda lebih mudah habis tanpa disadari. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menonaktifkan fitur auto-sync pada beberapa akun yang memang jarang Anda gunakan.

Anda dapat menon-aktifkan fitur auto-sync dengan cara masuk ke menu Settings > Accounts > kemudian pilih akun yang tidak ingin Anda sinkronisasikan. Jika Anda mengandalkan cara ini, Anda akan dapat menghemat kuota data dengan lebih maksimal.

Gunakan dua kartu

Satu lagi cara menghemat kuota internet smartphone yang bisa Anda lakukan dengan mudah, yaitu dengan menggunakan dua kartu. Anda dapat menggunakan dua kartu, masing-masing untuk internet dan telepon agar pemakaian kuota internet Anda dapat diatur dengan lebih baik. Pastikan Anda menyesuaikan provider yang dipilih dengan tarif terhemat untuk masing-masing kebutuhan demi penghematan kuota internet smarphone secara maksimal.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat kuota internet smartphone. Apabila Anda ingin mendapat berbagai pilihan paket data kuota yang hemat, Anda bisa membelinya dengan mudah dan murah di Toko Modern FastPay, lho. Di Toko Modern FastPay, berbagai hal yang Anda butuhkan dapat dipenuhi dengan gampang. Tunggu apa lagi? Segera beli paket data kuota Anda di Toko Modern FastPay, ya!

Tim SBF