4 Tips Cari Tiket Kereta Murah Agar Mudik Lebih Meriah

Sebarkan artikel ini

Berbeda dengan tiket pesawat yang sering dijual dengan harga promo, tiket kereta api justru sangat jarang dijual dengan harga yang lebih murah. Selain itu, tiket kereta api juga sering habis jauh-jauh hari menjelang musim liburan, seperti lebaran nanti. Nah, untuk Anda yang hendak naik kereta api saat pulang ke kampung halaman, inilah tips cari tiket kereta murah yang dapat dicoba. Simak baik-baik, ya!

Pastikan jadwal perjalanan

Langkah awal yang harus dilakukan adalah memastikan jadwal perjalanan mudik Anda terlebih dulu. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menentukan kapan akan berangkat mudik dan kapan akan kembali ke kota. Untuk itu, mulai sekarang atur cuti kantor agar Anda dapat segera membeli tiket kereta api.

Beli jauh hari, mumpung ketersediaan tiket banyak

Saat ini semua tiket kereta api bisa Anda pesan sejak H-90 sebelum waktu keberangkatan, baik kereta kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif. Ada tips cari tiket kereta murah yang dapat membantu Anda saat penjualan tiket kereta api dibuka secara online sejak pukul 00.00 WIB. Pastikan Anda online pada pukul 00.30 WIB sampai 04.00 WIB, bukan online tepat waktu pada pukul 00.00 WIB karena semua orang masuk secara bersamaan sehingga sulit membuka situs.

Untuk kemudahan pembelian tiket kereta api, sebaiknya siapkan lebih dulu nama lengkap, tempat, dan tanggal lahir serta nomor identitas Anda di notepad agar nanti tidak perlu mengetik lagi, cukup copy-paste saja. Usahakan untuk tidak terlalu lama saat memilih tempat duduk. Pasalnya, ketika Anda sibuk memilih tempat duduk, tiket justru sudah habis dipesan orang lain.

Gunakan tiket sambungan

Tenang saja, cara mendapatkan tiket kereta api yang sudah habis masih bisa dilakukan selama  ada calon penumpang yang membatalkan pemesanannya akibat terkendala oleh pembayaran tiket. Jadi, Anda bisa cek lagi beberapa jam setelah pembelian tiket secara online dibuka untuk melihat apakah ada kursi yang dijual lagi.

Selain itu, jangan ragu untuk menggunakan tiket sambungan. Misalnya, kampung halaman Anda berada di kota Yogyakarta, namun ternyata tiket kereta api Jakarta–Yogyakarta sudah habis terjual. Cobalah untuk membeli tiket kereta api dengan tujuan Jakarta–Bandung, lalu dilanjutkan dengan tiket kereta Bandung – Yogyakarta. Menarik untuk dicoba, bukan?

Manfaatkan promo atau moment tertentu

Last but not least, Anda juga bisa memanfaatkan promo yang diberikan oleh PT. KAI pada momen-momen tertentu. Misalnya, promo kursi serba 100 ribu untuk gerbong tambahan kereta api khusus lebaran. Ada juga promo yang diberikan PT. KAI bagi Anda yang akan mudik ke beberapa kota tujuan, seperti Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Surabaya. Untuk mendapatkan tiket promo kereta api ini rajin-rajinlah mengecek halaman website resmi PT. KAI.

Nah, kalau Anda tak punya waktu untuk berburu tiket kereta api murah sendiri di rumah, datang saja ke toko modern Fastpay. Di sana Anda bisa membeli tiket kereta api dengan harga yang murah dan sistem pembayaran yang mudah. Cukup menentukan waktu keberangkatan, destinasi tujuan, identitas penumpang, lalu bayar tiketnya di kasir.

Menariknya, di toko modern Fastpay Anda tak perlu repot mengetik sehingga pembelian tiket kereta api murah lebih cepat. Tanpa mengisi secara manual saat reservasi tiket KAI lebaran, artinya Anda telah menghemat waktu reservasi lebih dari 80% sehingga peluang mendapatkan tiket menjadi lebih besar. Selamat mencoba!

Tim SBF