4 Ide Wirausaha Online Modal Kecil

Sebarkan artikel ini

Menjadi wirausaha memang memiliki berbagai keuntungan tersendiri yang tidak bisa Anda dapatkan saat bekerja sebagai pegawai kantoran. Fleksibilitas menjadi keunggulan utama yang membuat cukup banyak orang tergiur untuk berprofesi sebagai wirausaha online. Anda bisa bebas mengatur waktu bekerja sehingga dapat lebih diseimbangkan dengan kehidupan personal. Lalu, apabila bisnis berhasil sukses, seorang wirausaha biasanya bisa mendapatkan lebih banyak pemasukan daripada pegawai kantoran. Di sisi lain, keinginan untuk menjadi wirausaha sering kali terhambat karena terbentur oleh masalah modal. Padahal sebetulnya masih ada cukup banyak pilihan ide wirausaha yang membutuhkan modal kecil, yakni dengan menjadi wirausaha online. Beberapa ide wirausaha online tersebut bisa Anda lihat di bawah ini.

Menjadi dropshipper

Tertarik menjual produk tetapi bingung bagaimana mendapatkan modal untuk membeli stok barang? Tak perlu khawatir karena kini Anda bisa menjual barang tanpa perlu memiliki stok. Metode penjualan seperti ini disebut juga dengan istilah dropshipping, sedangkan Anda berperan sebagai dropshipper.

Ketika ada orang yang memesan produk dari Anda, Anda hanya perlu menyampaikan pesanan tersebut kepada pihak ketiga atau supplier. Mereka inilah yang akan langsung mengirimkan pesanan barang kepada pembeli sehingga Anda pun tak perlu menyimpan barangnya. Biasanya, supplier akan mengirimkan produk atas nama mereka, tetapi terkadang ada juga yang lebih memilih untuk mengirimkannya atas nama bisnis Anda.

Penjualan produk affiliate

Ide wirausaha online lain yang juga menarik untuk dicoba adalah affiliate marketing. Konsepnya hampir mirip dengan dropshipping. Hanya saja, dalam affiliate marketing Anda tidak menjual barang, melainkan merekomendasikan atau mempromosikan produk milik orang lain. Saat ada orang yang membeli produk tersebut atas rekomendasi Anda, Anda akan mendapatkan komisi.

Namun, untuk bisa melakukan affiliate marketing, Anda harus memiliki website karena promosi produk biasanya dicantumkan dalam bentuk link. Jadi, ketika pengunjung website Anda meng-klik link tersebut dan membeli produknya, barulah Anda akan mendapat komisi dari penjualan. Oleh sebab itu, untuk menerapkan contoh wirausaha satu ini, pastikan website Anda memiliki traffic tinggi agar peluang mendapatkan komisi dari affiliate marketing bisa lebih menjanjikan.

Buka jasa penulisan atau desain

Bagi yang memiliki kemampuan dalam bidang desain grafis atau penulisan, Anda bisa memanfaatkannya untuk memulai profesi wirausaha online Anda. Jika memiliki website, optimalkan website tersebut sebagai portofolio online untuk mempromosikan keahlian Anda. Di era digital seperti sekarang, kebutuhan akan konten menarik semakin meningkat sehingga Anda bisa memanfaatkan hal ini.

Apabila tidak memiliki website, Anda masih dapat bergabung dengan website yang mampu menghubungkan para freelancer dengan orang-orang yang membutuhkan jasa Anda. Beberapa website yang bisa Anda kunjungi adalah Sribulancer, Kontenesia, 99designs, dan Fiverr.

Toko Modern FastPay

Selain ketiga ide wirausaha online di atas, pertimbangkan pula untuk menggeluti bisnis Payment Point Online Bank (PPOB) yang menyediakan sistem pembayaran online dengan memanfaatkan fasilitas perbankan. Toko Modern FastPay dapat menjadi pilihan PPOB yang tepat karena begitu banyaknya ragam layanan yang bisa Anda sediakan kepada para konsumen, yaitu:

  • Layanan penjualan barang – menyediakan ratusan ribu jenis produk siap jual tanpa Anda harus memiliki stok.
  • Layanan tiket dan reservasi – pusat layanan reservasi tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI, bus, dan hotel.
  • Layanan tur dan travel – menyediakan ribuan paket wisata domestik dan mancanegara dengan komisi relatif besar.
  • Layanan pembayaran tagihan – PLN, PDAM, BPJS, telepon dan internet, pulsa, paket data, kartu kredit, dan sebagainya.
  • Layanan keagenan – SMS masking, agen TV berlangganan, agen koran, agen iklan online/offline, agen leasing, dan agen asuransi.
  • Layanan perbankan – buka rekening baru, tarik tunai, setor tunai, dan pencairan dana secara aman dan cepat.
  • Layanan ekspedisi – bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi terbesar di Indonesia untuk melayani pengiriman barang dan dokumen ke seluruh wilayah Indonesia.

Impian untuk mendirikan bisnis sendiri dan menjadi wirausaha kini tak lagi susah diwujudkan. Keempat ide wirausaha online di atas dapat membantu mewujudkan mimpi Anda tersebut. Jika ingin menyediakan banyak layanan sekaligus, maka bergabung dengan Toko Modern FastPay dapat menjadi opsi yang tepat. Semoga Anda bisa menjadi wirausaha yang sukses!

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF