4 Etos Kerja Orang Arab yang Bisa Anda Tiru, Yuk Simak!

Sebarkan artikel ini

Suku Arab terkenal akan budaya berdagangnya. Tidak jauh berbeda dengan etnis Tionghoa. Ada banyak saudagar Arab bertebaran di seluruh Indonesia. Mereka fokus melebarkan bisnis sehingga sering dianggap kaya sejak lahir.
Ada yang mengatakan, orang Arab itu lahir dengan dua takdir. Kalau tidak kaya ya sangat kaya. Nah, bagaimana etos kerja mereka sehingga bisa terus melestarikan kekayaan? Hal itu bisa anda simak dari artikel ini.

Meskipun kita orang asli Indonesia, tetapi belajar kehidupan dari orang Arab tidak masalah bukan. Yang baik bisa kita ambil sedangkan yang tidak baik tidak usah ditiru. Ketika mampu menghasilkan hal baik tentulah akan bermanfaat untuk kita sendiri.

Etos Kerja Orang Arab
Saudagar Arab memang banyak tersebar. Mereka membangun rumah megah dan saling berjejeran di satu kompleks. Lantas bagaimana etos kerja mereka dalam mengurusi urusan bisnis? Mengapa bisnis mereka tampak selalu mocer dan terus lestari kekayaannya? Mari simak hal itu di bawah ini.

1. Keras dan Tegas

Orang Arab sebagian besar memiliki suara keras. Keras ini bukan berarti menunjukkan watak keras pula, melainkan lebih kepada ketegasan. Ketika satu keputusan sudah diambil, maka itu pilihan tegas yang ditunjukkan.

Hal apapun dihadapi dengan tegas. Tidak mudah kompromi dan konsisten dengan pemikiran awal. Ini bukan berarti mereka antikritik, melainkan tegas kepada prinsip. Lagipula sebelum mengambil keputusan pun hal itu sudah dipikirkan dengan matang, sehingga mereka tidak akan mudah goyah.

2. Senang Sedekah

Kalau orang berlomba ingin mendapatkan segala hal berbau gratis, maka orang Arab malah berlomba untuk menyediakan makanan gratis. Mereka senang bersedekah. Ini akan kentara terlihat ketika anda mendatangi kota suci. Di sana banyak orang berbondong-bondong mempersiapkan makanan untuk Jemaah haji.

Bahkan penerima makanan yang justru dikejar, bukan yang memberikan makanan. Nah, sedekah itu membuat harta mereka subur. Meski secara kasat mata harta itu berkurang, tetapi sejatinya malah bertambah. Bertambah berkah lalu bertambah pula jumlahnya. Oleh karena itu, orang Arab konsisten kaya. Kemiskinan seakan menghindari mereka karena budaya sedekah yang selalu dipelihara.

3. Laki-Laki Bertanggung Jawab Besar

Perempuan Arab fokus menggunakan uang sedangkan lelaki fokus mencari uang. Barangkali orang menganggap bahwa perempuan Arab itu enak. Tapi bukan itu poin pentingnya. Laki-laki Arab merasa bahwa tanggung jawabnya begitu besar. Mereka harus bekerja keras demi menghidupi anak istrinya. Alhasil semangat kerja semakin tinggi.

Perempuan adalah kehormatan bagi seorang lelaki Arab. Ketika perempuan semakin terpelihara, makin terhormatlah suaminya. Itulah yang membuat laki-laki giat bekerja dan selalu bekerja keras demi keluarga.

4. Fokus Menggarap Bisnis

Meski seorang lelaki Arab menempuh pendidikan tinggi untuk pengetahuannya, tetapi fokus mereka tetap pada bisnis. Mereka menempuh pendidikan demi memajukan bisnis. Alhasil apapun yang dilakukan, bisnis tetaplah prioritas.

Sebagian besar orang Arab menjalankan bisnis sendiri. Seperti menjual aneka pakaian, daster, mukena, jasa rias pengantin, salon, dan berbagai lini bisnis lain. Bisnis menjadi komitmen besar sehingga orang Arab selalu melakukan hal terbaik demi kemajuan bisnis.

Itulah beberapa etos kerja orang Arab yang bisa anda tiru. Tidak semua bisa anda tiru, anda cukup memilih mana yang baik untuk anda saja. Karena beda budaya pastilah beda pemikiran. Dan siapa pun tidak bisa dipaksakan untuk mengikuti hal sama. Paling tidak, anda harus mengikuti semangat mereka dalam membangun bisnis dan bekerja keras. Tanpa kerja keras dan kerja cerdas, maka semua akan sia-sia belaka.

Anda mau memulai bisnis? Banyak sekali pilihan bisnis yang bisa Anda pilih sesuai dengan keahlian dan kemauan Anda. Jangan sampai Anda memilih dan menjalankan bisnis namun tidak menyukai dan menguasai bidang tersebut karena semua hal yang dilakukan dengan terpaksa maka hasilnya tidak akan baik.

Atau anda bisa memulai usaha PPOB bersama fastpay. Anda tidak perlu ragu jika ingin memulai bisnis PPOB sekarang juga, karena hanya keuntungan yang akan Anda dapatkan. Segera daftarkan diri Anda ke Sentra Bisnis Fastpay untuk menjalankan bisnis menarik dengan keuntungan besar yang satu ini. Semoga bermanfaat!


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF