10 Game Terlaris Indonesia 2021 sebagai Referensi Dimainkan Selama Pandemi (2)

Masih banyak game terlaris dan terpopuler di Indonesia yang bisa kamu mainkan selama pandemi ini, berikut daftar game kedua yang bisa kamu jadikan referensi.

Game menjadi salah satu kegiatan yang banyak dimainkan di Indonesia selama pandemi. Jumlah gamer di Indonesia meningkat terus dengan jumlah lebih dari 44 juta.

Pada tulisan pertama silahkan disimak 10 Game Terlaris yang berlanjut pada tulisan kedua berikut. Ada banyak game menarik dan populer yang bisa kamu mainkan ditengah pandemi ini.

10 Deretan Game Terlaris dan Populer di Indonesia (bagian kedua)

11. State of Survival: The Walking Dead Collaboration

State of Survival adalah game bertema pasca apokalips telah mencapai lebih dari 60 juta download. Game ini mengusung tema strategi yang mengharuskan pemain untuk bekerja sama dan berpikir strategis untuk membantu karakter mereka bertahan di dunia pascaapokolips yang dibanjiri zombie.

Game State Of Survival dengan karakter Walking Dead

State of Survival mengambil langkah strategis kerja sama dengan The Walking Dead, yaitu penambahan karakter serta gameplay baru. Karakter baru tersebut adalah Daryl Dixon yang merupakan karakter dari serial The Walking Dead. Sejauh ini sudah ada 5 juta pemain aktif yang mendapatkan karakter baru ini secara gratis.

Mulai tanggal 15 April sampai Oktober 2021, Daryl Dixon akan menjadi karakter hero yang dapat dimainkan dengan alur cerita yang telah disesuaikan ke dalam State of Survival universe. Disini Daryl juga akan ditemani oleh anjing pendampingnya, selaras dengan serial televisinya, bersama melawan zombie.

Suara dari karakter Daryl Dixon ini juga turut diisi oleh pemeran aslinya di The Walking Dead yaitu Norman Reedus. Jadi, feel dari sang karakter akan terasa sama seperti yang ada di serial televisi.

Kamu sebagai pemain akan melawan zombie dengan penuh strategi demi menjaga kelangsungan hidup diri sendiri dan penyintas yang lain. Meskipun bertema zombie, game ini bisa dimainkan oleh semua orang karena tidak menakutkan.

12. League of Legends: Wild Rift

Game League of Legends: Wild Rift

LoL Wild Rift dibuat oleh Riot Games bergenre MOBA 5v5 dimana kamu bisa memilih lebih dari 40 champion yang diinginkan yang diadaptasi dari League of Legends versi PC yang sangat populer. Bahkan diklaim Lol Wild Rift lebih baik daripada Mobile Legends: Bang Bang besutan Moonton.

Pada ukuran skala pemain, baik Wild Rift dan Mobile Legends sama-sama mengadu dua tim yang masing-masing berisi lima pemain dalam sebuah arena. Wild Rift juga memiliki Champion yang sama dengan penyebutan Hero di Mobile Legends.

Gameplay League of Legends: Wild Rift

Role dari karakter Champion di Wild Rift yang digunakan untuk bermain juga mirip, yakni lima tipe yang terdiri dari Fighter, Assassin, Tank, Mage, Support, dan Marksman. Terdapat juga perlengkapan atau item seperti senjata dan armor tersedia untuk meningkatkan kemampuan bertarung.

Baca juga: League Of Legends: Wild Rift, Wajib Main!

13. Ragnarok X: Next Generation

Versi terbaru game Ragnarok Mobile 3D yang sangat asyik untuk dimainkan bagi kamu yang belum pernah memainkan seri Ragnarok maupun yang sudah menjadi fans setia MMORPG classic.

Ragnarok X: Next Generation

Ragnarok X: Next Generation berpetualang di Benua Midgard yang open world, menceritakan tentang kisah setelah setelah Ragnarok, dimana pemain sebagai garis keturunan Odin harus mengumpulkan seluruh Fragment of Ymir’s Heart agar tidak jatuh ke tangan yang salah.

Pemain bisa merasakan ketegangan alur cerita yang terus berkembang, mencari fragment bersama teman sepetualang dan menemukan berbagai keajaiban lainnya dalam dunia Ragnarok.

Kamu dapat memilih 6 jobs klasik seperti Swordsman, Acolyte, Mage, Archer, Thief atau Merchant yang memiliki keunikan masing–masing. Nantinya, job tersebut akan membuka 2 pilihan cabang job lanjutan, serta adanya fitur trascendent yang membuat karakter yang kamu mainkan mendapatkan versi lebih kuat dari job yang tersedia.

Semua job yang ada memiliki keunikan masing–masing. Swordsman merupakan job yang balance dari segi Offensive dan Defensive. Acolyte berfokus kepada Healing dan Buff. Mage dapat memberikan Area of Effect(AoE) Damage. Thief berfokus untuk pemain yang senang melakukan Player versus Player(PvP). Dan tentunya Merchant adalah job yang berfokus pada fitur Crafting.

Karakter dan job Ragnarok X: Next Generation

Pada Ragnarok X: Next Generation, kita dapat menambah stats karakter kita. Stats tersebut adalah Strength(STR), Agility(AGI), Vitality(VIT), Intelligence(INT), Dexterity(DEX), dan Luck.

Ragnarok X: Next Generation menggunakan mata uang diamond untuk membeli didalam game. Kamu bisa membeli di Loket Fastpay untuk voucher Google Play, saldo Gopay atau pulsa untuk membeli diamond di Ragnarok X: Next Generation.

14. Lords Mobile: Kingdom Wars

Lords Mobile merupakan game berjenis strategi, dirilis pada 2013. Meskipun termasuk game lama, namun populer dimainkan dengan total 100 juta download oleh pengguna ponsel Android dan bisa diakses pula oleh pengguna iOS dan Amazon.

Dalam permainan ini kamu akan ditugasi untuk membangun kerajaan, memperkuat pasukan, dan menyerang kerajaan lainnya. Main game Lords Mobile ibarat masakan pengalaman menjadi raja di kerajaanmu sendiri.

15. Rise of Kingdoms: Lost Crusade

Rise of Kingdoms

Rise of Kingdoms: Lost Crusade adalah permainan strategi dan menara pertahanan yang populer dikembangkan oleh Lilith Games. Game ini mirip dengan Clash of Clans dan Clash Royale, dengan 12 peradaban dan 68 hero di pertempuran nyata membuat game Lost Crusade menjadi game yang sangat populer.

Dalam istilah yang paling sederhana, kamu adalah gubernur yang bertanggung jawab untuk membangun kota yang hebat. Tujuan ini dicapai dengan mengumpulkan berbagai sumber daya dan membangun/meningkatkan bangunanmu. Pasukan juga memainkan peran vital dalam game ini dan digunakan untuk menyerang kota atau kerajaan lain, mempertahankan kotamu dan/atau mengumpulkan berbagai item dari peta.

Kamu dapat membuat sejarah peradaban yang kamu inginkan, bangun peradabaan dan hancurkan peradaban pemain lain diseluruh dunia.

16. Rules of Survival

Rules of Survival

Rules of Survival mmirip dengan PUBG Mobile bergenre battle royale. Game ini berawal dari 120 orang pemain yang diterjunkan disebuah pulau dan dapat mencoba berbagai macam senjata di pulau ini mulai dari common weapon sampai rare weapon.

Bertahan adalah tujuan dari game ini. Kamu harus menulusuri rumah, gedung, bahkan markas militer untuk mendapatkan equipment yang membantu untuk bertahan. Setelah itu kamu harus berada di dalam lingkaran yang bergaris putih yang ada dimap.

Jika kamu berada di luar area lingkaran putih dalam waktu batas yang ditentukan, kamu akan menerima DPS yang semakin lama semakin sakit tergantung dari besar kecilnya lingkaran. Setiap beberapa menit akan ada box supply yang di-drop oleh pesawat, nah di dalam box ini terdapat equipment rare.

Di game ini kamu bisa bermain solo, duo atau squad (4 orang). Jika bermain sebagai tim, maka fokuslah bekerja sama.

Taktik tentunya dibutuhkan untuk menang, mengingat zona aman juga akan semakin mengecil. Bertahan atau menyerang, itu pilihanmu atau tim. Rules of Survival bukan hanya sekedar permainan. Ini adalah tentang pertempuran hidup dan mati.

17. Ragnarok M: Eternal Love

Game ini merupakan rilisan ulang untuk versi mobile dari game versi PC sebelumnya. Bisa dikatakan nostalgia kembali bagi penggemar Ragnarok, dengan nama Ragnarok M: Eternal Love.

Ragnarok M: Eternal Love

Game ini mendapatkan peningkatan visual yang cukup signifikan. Gambar 3D pada versi ponsel terlihat jauh lebih bagus dan lebih hidup. Dua hal diatas menjadikan seluruh permainan menjadi lebih baik dibandingkan versi lamanya.

Kamu bisa memilih job yang beraneka-ragam. Selain job, kamu juga bisa mengatur skill yang bisa dibangun, menjadikan karaktermu terfokus pada satu job tertentu. Tidak mau ketinggalan, tampilan status keseluruhan yang memperlihatkan seberapa kuat dan pintar karaktermu, atau seberapa besar HP yang dimilikinya.

Fitur auto-battle yang terdapat pada versi ponsel mempermudah aktivitas ini. Grinding yang menjadi aktivitas utamamu saat bermain menjadi sedikit lebih mudah untuk dilakukan karena kamu tidak lagi harus melakukannya secara manual, namun game bisa melakukannya secara otomatis.

18. Candy Crush Saga

Game Candy Crush Saga adalah game dengan genre match-three puzzle yang telah didownload hingga 2.7 milyar selama 5 tahun perilisan di mobile. Candy Crush Saga termasuk game dengan penghasilan tertinggi dan game dengan banyak dimainkan di mobile.

Candy Crush Saga

Game match-three dengan objek permen ini menyediakan lebih dari 5000 level dan akan ditambahkan terus setiap hari Rabu oleh developernya King. Rata-rata jumlah pemain per hari mencapai 7 juta orang.

Game dengan tema permen ini sangat sederhana sekali cara mainnya. Kamu cukup mencocokan minimal 3 permen yang sama atau lebih untuk mendapatkan poin sehingga bisa naik level berikutnya.

Game ini sangat mudah dan tidak perlu kecerdasan khusus untuk memainkannya. Kemampuan bermain dan pengalaman tidak berlaku di game ini. Faktor keberuntungan menjadi kunci utama untuk dapat menyelesaikan setiap levelnya. Tingkat kesulitan sesungguhnya ada di komposisi permen yang tersusun di papan permainan secara acak.

Gameplay Candy Crush Saga

Kalau kamu beruntung, game ini sangat mudah dimainkan. Sebaliknya jika kamu sedang sial, kamu justru akan terjebak di satu level sampai keberuntungan itu datang.

Hati-hati memainkan game ini, karena Candy Crush Saga sangat addictive alias membuat kecanduan. Game manis ini secara diam-diam membuatmu kecanduan untuk terus bermain. Setiap level tampak sederhana dan membuatmu merasa mampu menyelesaikannya. Bahkan saat kamu kalah, kamu akan semakin percaya diri untuk menang. Pada tahap ini kamu sudah berubah menjadi seorang pecandu Candy Crush Saga, tetapi mungkin kamu belum menyadarinya.

Game ini juga mendukung pembelian di dalam game, kamu bisa menggunakan voucher Google Play, saldo Gopay atau pulsa sebagai alat pembayaran. Voucher Google Play, saldo Gopay dan pulsa bisa kamu beli di Loket Fastpay.

19. Hago

Hago

Hago merupakan salah satu aplikasi social gaming yang di dalamnya terdiri dari banyak mini games yang bisa dimainkan secara bersama antara pengguna. Jumlah mini game di Hago mencapai lebih dari 80, game ini dirilis oleh developer Neotasks Inc pada 23 Maret 2018, punya lebih dari 30 juta pemain di Indonesia dan lebih dari 100 juga pemain diseluruh dunia.

Hago banyak dimainkan karena banyak memuat game unik dan sederhana. Selain itu kamu bisa memainkannya sendiri, berduel atau beramai-ramai.
Cara memainkannya cukup simpel tapi sangat mengandalkan kecepatan dan strategi. Durasi sekali game bisa dibilang tak lama, hanya sekitar 1-10 menit saja. Tapi membuat pemain ingin memainkannya berulang kali.

Semua mini games di Hago bisa dimainkan dengan one versus squad, one by one, squad by squad.

Hago mempunyai fitur ruang obrolan. Di dalam ruang obrolan, setiap orang bisa membuat room sendiri sesuai dengan tema yang mereka suka sesuai dengan keinginan pembuat room.

Hago bisa mendapatkan uang dari main mini game

Cara main game Hago juga cukup mudah dan santai untuk dimainkan, namun ada game khusus yang menghasilkan uang. Game-game khusus ini tidak hanya satu namun ada beberapa yang bisa ditarik menjadi uang digital, namun pada Hago diubah menjadi pulsa.

Voucher Hago bisa kamu dapatkan di Loket Fastpay terdekat atau melalui aplikasi Fastpay.

20. Subway Surfer

Subway Surfer merupakan game favorit kebanyakan orang karena gamenya simple. Pemain hanya perlu menggunakan gerakan slide melompat untuk menghindari rintangan dan mengumpulkan koin yang ada di dalam game tersebut. Tak hanya itu, pemain bisa meningkatkan kemampuan karakter dalam game seperti melompat dan berlari lebih cepat.

Nah, game-game di atas bisa kamu mainkan dimasa pandemi sebagai hiburan.

Butuh Voucher Game? Beli di Loket Fastpay Saja

Kebutuhan berbagai jenis voucher game bisa kamu dapatkan di Loket Fastpay terdekat dengan mudah dan murah. Ada banyak jenis voucher game, seperti diamond FF, diamond Mobile Legends, voucher Garena, PUBG, UniPin, Google Play, dll.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/